24 Juni 2022

4.NABUNG RUTIN

8 Cara Nabung Umroh agar Impian Kamu Cepat Terwujud

Sebagai umat muslim, beribadah ke tanah suci sudah menjadi impian setidaknya sekali seumur hidup. Namun, biaya yang dibutuhkan memang tidak sedikit. Karenanya, jika kamu memiliki niat tersebut, tidak ada salahnya mulai menerapkan cara nabung umroh dari sekarang.

So, bagaimana cara nabung umroh dengan tepat agar kamu bisa cepat mewujudkan impian pergi ke tanah suci? Tenang saja, yuk mulai terapkan beberapa tips nabung untuk umroh dari Ruang meNYALA di bawah ini. Check it out!

8 Cara Nabung Umroh yang Mudah Diterapkan

Nabung umroh memang menjadi salah satu tujuan keuangan yang sering ingin dicapai, terutama bila kamu merupakan umat muslim. 

Meskipun demikian, menabung untuk umroh maupun haji tentu membutuhkan uang yang tidak sedikit. Bahkan jika salah-salah perencanaan, bisa jadi ketika menunaikan ibadah, kamu malah akan menjadi tidak fokus karena memikirkan kondisi keuangan.

Nah jika tidak ingin bingung memikirkan bagaimana cara nabung umroh yang mudah dan membuatmu fokus beribadah nantinya, yuk ikuti beberapa tips seperti:

1. Menyisihkan Sebagian Pendapatan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulai program nabung umroh adalah dengan menyisihkan sebagian pendapatan guna ditabungkan. Mulailah dengan menyisihkan 20% dari pendapatan untuk disisihkan setiap bulannya sebagai tabungan umroh kamu.

2. Buat Rekening Khusus untuk Tabungan Haji atau Umroh

Program tabungan umroh mungkin akan sulit bila dilakukan sendiri. Namun sebaiknya, kamu tidak perlu berkecil hati dulu. Sebab kini, kamu sudah bisa nabung umroh di bank yang menyelenggarakannya.

Nah pastikan juga, tabungan yang kamu gunakan telah memiliki konsep syariah. Kamu juga bisa membuat rekening khusus untuk tabungan haji dan umroh melalui OCBC NISP Syariah.

Dengan membuka rekening khusus haji ataupun umroh, kamu juga akan menjadi disiplin dalam menabung dan fokus dalam beribadah tanpa perlu memikirkan bagaimana kondisi keuangan.

3. Menabung di Perusahaan Travel Umroh

Selain nabung umroh di bank, ternyata kamu juga bisa menggunakan program yang disediakan oleh perusahaan travel, lho! Program tabungan umroh ini cocok untuk kamu yang ingin lebih disiplin menyisihkan uang setiap bulannya. Bagaimana, tertarik mencoba?

4. Batasi Pengeluaran Bulanan

Ketika sudah membulatkan niat untuk pergi umroh, maka ada baiknya juga jika kamu mulai membatasi pengeluaran bulanan. Cara mudahnya, mulailah dengan membuat budgeting bulanan di setiap hari pertama kamu gajian.

Selain itu, kamu juga harus rutin membuat catatan keuangan harian, dengan tujuan untuk mengetahui kemana saja pengeluaranmu per harinya.

Proses pencatatan ini juga akan memudahkanmu untuk mencari kebocoran-kebocoran halus. Alhasil, kamu pun bisa mengurangi sisi boros yang mungkin selama ini tidak disadari.

Baca juga: 18 Cara Menghemat Uang yang Mudah, Simpel, dan Efektif!

5. Pilih Paket Umroh Sesuai Kemampuan dan Kebutuhan

Dalam memulai program nabung umroh, beberapa orang seringkali kurang memerhatikan poin yang satu ini. Padahal mencari paket umroh yang sesuai kemampuan dan kebutuhan akan sangat membantumu untuk menentukan tujuan tabungan.

Maka dari itu, carilah paket umroh yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kamu. Jangan sampai hanya karena gengsi, kamu jadi tidak melihat kemampuan dan kebutuhan keuangan yang akhirnya membuat kondisi finansialmu akan terganggu ke depannya.

6. Manfaatkan Jika Ada Promo Khusus

Saat sudah fokus untuk memulai program nabung umroh di bank, lembaga lain, ataupun pribadi, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai macam promo khusus yang harganya tentu lebih kompetitif.

Perlu diingat, adanya promo ini tidak berarti kamu menjadi hambur. Malah sebaliknya, gunakanlah promo ini agar kamu bisa berhemat lebih banyak. Jadi, pastikan bahwa promo ini bisa mendukung program tabungan umroh kamu ke depannya, ya.

7. Usahakan Jangan Ada Hutang

Selanjutnya ketika sudah memiliki niat yang kuat untuk nabung umroh, kamu juga harus memastikan agar tidak ada pikiran yang akan mengganggu kekhusyuanmu dalam menjalankan ibadah nantinya.

Dalam hal ini, salah satu hal yang harus dihindari adalah jangan sampai kamu menambah hutang hanya demi agar bisa beribadah umroh.

Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa kondisi keuangan kamu sudah sehat terlebih dahulu untuk menabung umroh. Kamu bisa cek kesehatan keuangan kamu Financial Fitness Check Up sekarang juga. Coba, yuk! 

8. Memiliki komitmen yang kuat

Selama proses nabung umroh ataupun dalam mencapai tujuan-tujuan keuangan lainnya, tentu kamu harus memiliki komitmen yang kuat untuk mencapai tujuan keuangan kamu. Sebab tanpa komitmen yang kuat, akan semakin sulit untuk mencapai tujuan keuangan kamu.

Sebagai catatan, kunci dari kesuksesan sebuah tujuan keuangan adalah disiplin dalam menabung dan berinvestasi. Di samping itu, milikilah komitmen yang kuat untuk menyelesaikan rencana pergi umroh kamu, ya.

Baca juga: 10 Cara Mengelola Keuangan dengan Baik agar Finansial Sehat

Nah, itu dia beberapa tips dan cara nabung umroh yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Tidak ada yang mustahil jika kamu memiliki niat yang kuat dan selalu konsisten. Yuk semangat menabung!

Sembari menabung, agar tetap memiliki keuangan yang sehat dan stabil, kamu bisa berkonsultasi terkait financial fitness melalui One-on-One Consultation bersama Ruang meNYALA. Tunggu apa lagi? Yuk coba sekarang juga.

0 comments

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!