Logo Ruang Menyal
Bg Block

8 Tips Menabung Mudah dan Cepat, Makin Cuan di Masa Depan

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 15 September 2021 | 926 dilihat

Article Detail

Menabung adalah hal yang penting untuk dilakukan sedini mungkin untuk mempersiapkan masa depan. Namun, pasti akan banyak godaan untuk membelanjakan uang yang kamu miliki sehingga kamu tidak rutin menabung. Eits, kamu bisa mencoba beberapa tips menabung cepat agar tetap konsisten dari Ruang meNyala loh. 

 

Selain untuk pekerja, ada juga tips menabung untuk pelajar & mahasiswa yang mulai melek finansial. Apa saja trik yang dapat kamu ikuti? 

Tips menabung harian

Kamu pasti pernah merasa kesulitan dalam mengatur keuangan, sampai-sampai kamu sering kali kehabisan uang saat menuju akhir bulan. Tabungan pun selalu habis terpakai percuma. Nah, berikut ini ada beberapa tips menabung harian yang bisa kamu coba.

1. Tentukan Tujuan

Tips yang pertama ialah menentukan tujuan. Saat mulai menabung, kamu perlu menentukan untuk apa tabungan tersebut nantinya akan digunakan, apakah bersifat jangka panjang atau pendek.

Maka dari itu, cobalah tulis impian-impian yang ingin kamu capai dengan tabungan tersebut, mulai dari membeli sebuah handphone baru, laptop, atau hanya sekedar liburan akhir pekan keluar kota.

2. Buat Target Nominal

Di samping menentukan tujuan, kamu juga perlu membuat sebuah target. Maksudnya, kamu perlu mengira-ngira berapa jumlah tabungan yang ingin kamu kumpulkan dalam jangka waktu tertentu.

Misalnya, kamu menargetkan untuk menabung 5 juta dalam waktu 6 bulan. Melalui cara ini, diharapkan kamu bisa membuat plan tabungan yang lebih terencana. Dengan begitu, kamu akan terus termotivasi untuk menabung.

3. Membuat Prioritas

Tips menabung di rumah yang mudah dan cepat berikutnya adalah membuat skala prioritas. Misalkan ketika terdapat beberapa list kebutuhan, maka kamu perlu menentukan mana hal yang paling mendesak. Kemudian urutkan daftar kebutuhan dan keinginan tersebut dari hal terpenting urgent hingga yang dibeli untuk menyenangkan diri.  Dengan begitu, kamu bisa lebih bijak menggunakan uang tabungan dan tidak menghabiskannya untuk hal-hal yang kurang penting. 

4.  Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Selanjutnya, coba catat berbagai pemasukan dan pengeluaran rutin kamu setiap bulan. Tuliskan setiap gaji, komisi penjualan, fee, ataupun uang saku yang kamu peroleh. Kemudian catat juga  setiap pengeluaran serinci mungkin.

Ini berguna untuk memudahkanmu dalam mengetahui rekam jejak pemasukan maupun pengeluaran setiap waktunya. Sehingga kamu bisa membuat rincian anggaran yang tepat untuk menabung.

5. Batasi Belanja

Tips menabung cepat satu ini dijamin efektif untuk kamu yang hobi berbelanja. Walau promo atau diskon sangat menggoda, kamu wajib membatasi kebiasaan konsumtif yang selama ini kamu lakukan. Hindarilah membeli sesuatu yang sebenarnya kurang mendesak atau tidak dibutuhkan. Dengan lebih selektif dalam berbelanja seperti ini, kamu mungkin bisa menjadi jauh lebih hemat, lho.

Tips menabung untuk pelajar & mahasiswa

Bagi seorang pelajar atau mahasiswa, menabung dengan hanya bermodal uang saku yang didapatkan setiap harinya tentu terasa agak sulit. Namun bukan berarti tidak mungkin. Kamu bisa mencoba beberapa tips menabung untuk pelajar dan mahasiswa di bawah ini.

1. Mulai dengan nominal kecil

Tips menabung untuk pelajar dan mahasiswa yang bisa dicoba ialah memulai dengan nomimal yang kecil. Sebagai langkah awal, kamu bisa mulai dengan menyisihkan Rp10.000 atau semampunya saja. Meski sedikit, namun jika kamu melakukannya dengan rutin, lama-lama pasti akan terkumpul dengan jumlah yang besar.

2. Tentukan pengeluaran maksimal

Tips menabung di rumah selanjutnya adalah menentukan pengeluaran maksimal. Kamu bisa membatasi berapa banyak uang yang boleh kamu gunakan setiap harinya. Apalagi jika kamu mendapatkan uang saku mingguan atau bulanan, cobalah sisihkan terlebih dahulu untuk ditabung dan gunakan sisanya.

3. Bergaul dengan teman yang memiliki kesamaan mindset

Terakhir, sebaiknya kamu bergaul dengan teman yang memiliki mindset seperti dirimu. Ini merupakan tips menabung untuk pelajar dan mahasiswa yang cukup efektif, lho. Sebab, mempunyai teman dengan lifestyle yang sama akan memudahkanmu dalam mengatur keuangan. Jangan sampai kamu malah ikut-ikutan bergaya hidup mewah hanya karena gengsi, ya.

 

Beberapa tips menabung harian di atas pasti akan terasa lebih mudah diterapkan jika kamu bersungguh-sungguh. Lama-kelamaan, kamu pasti akan terbiasa dan tidak mudah tergoda berbagai promo dan diskon yang ditawarkan. Semoga berhasil, ya!

 

undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya