Logo Ruang Menyal
Bg Block

10 Tips Menabung untuk Beli Rumah agar Cepat Tercapai

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 27 Juni 2022 | 1046 dilihat

Article Detail

Sebagian besar milenial saat ini memiliki impian mempunyai rumah di umur muda, terlebih jika sudah saatnya berumah tangga. Bukan hanya memikirkan biaya menikah, namun tentunya, sebagai milenial, kamu juga perlu mengetahui bagaimana tips menabung untuk beli rumah.

Nah, agar impianmu memiliki rumah segera terwujud, tidak ada salahnya untuk memulai nabung dari sekarang. Bagi kamu yang masih pelajar juga bisa lho! Yuk simak tipsnya di bawah ini.

10 Tips Menabung untuk Beli Rumah dengan Cepat

Seperti yang umum diketahui, selama ini harga rumah dari tahun ke tahun selalu naik melebihi inflasi konsumen. Padahal, kenaikan harga rumah tidak seiring dengan peningkatan gaji per bulan. 

Nah jika kamu sekarang sedang bingung bagaimana tips menabung untuk beli rumah dengan cepat, sebaiknya jangan terlalu berkecil hati terlebih dahulu. Kamu tetap bisa kok memiliki hunian pribadi dengan menerapkan beberapa cara nabung buat rumah, seperti:

1. Pasang Target Sejak Awal

Ketika berniat membeli rumah, sebagian besar orang sering melupakan hal utama yang harus dilakukan. Sebagai catatan, tips menabung untuk beli rumah pertama yang bisa kamu terapkan adalah pastikan untuk memasang target sejak awal. Mengapa demikian?

Sebab dengan adanya target tersebut, perjalananmu dalam mencapai tujuan membeli rumah akan lebih mudah terwujud lho! 

Terlebih lagi, setiap orang memiliki target membeli rumah yang berbeda-beda. Jadi, tidak mungkin bukan apabila setiap orang memiliki tujuan membeli rumah dengan target yang sama?

2. Tentukan Budget Pembelian Rumah

Kemudian jika kamu sudah memasang target sejak awal, maka langkah selanjutnya adalah menentukan budget pembelian rumah. Penentuan budget ini merupakan tips menabung untuk beli rumah yang sangat penting untuk memudahkan kamu dalam menyisihkan uang nantinya.

Perlu diketahui, harga rumah di setiap daerah sangat variatif. Di samping itu, kebutuhan luas rumah yang diinginkan oleh setiap orang pun juga berbeda-beda. Oleh karena itu, penentuan budget ini bersifat pribadi dan tidak bisa disamaratakan di setiap orang.

Jadi, pastikan untuk menyusun budget-mu sendiri mulai sekarang, ya! Kalau hal ini sudah beres, maka langkah-langkah kedepannya akan jadi jauh lebih mudah dijalankan.

 

3. Menyisihkan Setiap Pendapatan

Apabila urusan soal penentuan target dan budget telah usai, maka inilah saatnya untuk mulai menyisihkan agar bisa ditabungkan atau diinvestasikan guna membeli rumah. Namun, bagaimana caranya?

Tips menabung untuk beli rumah ini dapat kamu terapkan dengan menyisihkan setidaknya sekitar 20% dari pendapatan untuk diinvestasikan. Nah kalau kamu bisa menyisihkan lebih dari 20% pendapatan, maka tentu akan lebih baik. Mudah, bukan?

4. Memulai Hidup Hemat

Tips menabung untuk beli rumah pasti mau tak mau akan memaksamu agar mampu hidup hemat. Hal ini tentu tak bisa ditawar, sebab dengan membeli rumah, maka kamu harus mulai mengurangi pengeluaran wants atau keinginan yang tentunya tidak sepenting kebutuhan.

Perlu diingat, membeli rumah merupakan suatu hal yang membutuhkan dana cukup besar. Oleh karena itu, supaya kamu bisa berinvestasi dan mencapai tujuan keuangan tepat waktu, maka pastikan untuk memulai hidup hemat sedini mungkin.

Mulailah dengan mengurangi pengeluaran sehari-hari. Selain itu, milikilah sebuah substitusi untuk pengeluaran yang bisa bikin kamu lebih hemat. Misalnya, apabila kamu sering jajan kopi, maka cobalah substitusi dengan membuatnya sendiri di rumah.

Kemudian jika kamu yang sering makan di luar, mulai sekarang, tak ada salahnya lho untuk membawa bekal sendiri dari rumah. 

5. Melunasi Sekaligus Hindari Hutang

Selanjutnya apabila kamu sudah membulatkan tekad untuk membeli rumah, maka cobalah untuk membereskan utang-utang yang selama ini dimiliki.

Jarang disadari, tips menabung untuk beli rumah yang satu ini sebenarnya perlu dilakukan sebagai persiapan jika kamu akan menambah utang KPR. Sebab apabila masih terlilit utang, maka kamu akan kesulitan mengelola keuangan di kemudian hari nanti.

Kemudian usahakan juga untuk tidak menambah utang ketika kamu sudah fokus ingin membeli rumah pertama. Pasalnya, utang ini bisa menghambat kamu untuk menabung ataupun berinvestasi.

6. Mencari Pekerjaan Sampingan

Nah agar penerapan cara nabung buat rumah yang kamu lakukan lebih efektif, maka cobalah untuk mulai mencari pekerjaan sampingan. Apalagi di zaman sekarang, sudah banyak lho pekerjaan sampingan yang bisa dicari hanya dengan bermodalkan internet.

Kamu bisa menjadi pekerja lepas, seperti penulis, desain grafis, atau bahkan data analyst. Dengan mencari pekerjaan sampingan maka pemasukanmu pun akan bertambah sehingga dapat membantumu untuk membeli rumah secara lebih cepat.

7. Buka Rekening Khusus Tabungan

Sebagian besar orang biasanya akan kesulitan menerapkan tips menabung untuk beli rumah karena adanya berbagai distraksi. Nah untuk meminimalisir hal tersebut, kamu dapat mengatasinya dengan membuka rekening khusus tabungan membeli rumah.

Dengan memiliki satu akun rekening khusus membeli rumah, tentu kamu akan lebih udah dalam mencapai tujuan keuangan, baik jangka pendek ataupun panjang. Selain itu, kamu pun tidak akan mudah terdistraksi dari pengeluaran-pengeluaran lainnya.

8. Memulai Investasi

Di samping menerapkan cara nabung buat rumah, cobalah untuk mulai berinvestasi juga. Investasi ini diperlukan agar keuanganmu tidak tergerus oleh inflasi. Apalagi zaman sekarang, investasi tidak perlu dengan nominal yang besar dan dapat dimulai dengan modal berapapun.

Sebagai pemula, tips menabung untuk beli rumah yang satu ini dapat kamu mulai dengan berinvestasi reksa dana hanya bermodal Rp20.000 di ONE Mobile lho!

Wah ternyata, investasi sekarang sudah sangat mudah, ya. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini dan segera mulai dari sekarang, yuk!

9. Cari Tahu Tentang KPR

Ada banyak opsi yang dapat kamu pilih untuk bisa membeli rumah, salah satunya yaitu KPR. Dengan program KPR, kamu akan lebih mudah dalam memiliki hunian pribadi melalui skema cicilan setiap bulannya.

Nah jika tertarik, segera cari tahu segala hal yang perlu kamu ketahui tentang KPR. Hal ini bertujuan agar kamu pun paham apa saja rincian biaya yang perlu disiapkan.

Selain itu, kamu juga jadi tahu berapa besar dana yang sebaiknya dipersiapkan untuk cicilan KPR. Di sini kamu juga bisa memeriksa apakah keuanganmu sudah cukup sehat untuk bisa mengambil cicilan KPR atau tidak.

Tips menabung untuk beli rumah satu ini juga dapat membantumu dalam memperkirakan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk melunasi utang KPR ke depannya.

10. Cari Rumah Subsidi

Tips menabung untuk beli rumah terakhir terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari rumah subsidi. Dengan mencari rumah subsidi, kamu bisa menghemat budget harga hunian yang telah ditargetkan.

Uang yang bisa dihemat tersebut selanjutnya dapat kamu gunakan untuk keperluan biaya-biaya lain ketika kamu membeli rumah, misalnya saja seperti perabotan. Jadi, ketika ingin membeli rumah, pastikan kamu sudah survey sebaik mungkin, ya.


Itulah beberapa tips menabung untuk beli rumah yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Kunci utama dalam suksesnya menabung adalah komitmen dan konsistensi. Selain itu, akan lebih baik kamu juga memastikan kesehatan finansial dengan melakukan Financial Fitness Check Up dari Ruang meNYALA. Yuk coba sekarang juga!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya