Logo Ruang Menyal
Bg Block

Intip Rincian Biaya Pernikahan Sederhana Budget 30 juta Ini!

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 27 April 2023 | 6814 dilihat

Article Detail

Berniat melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat? Pastikan kalau kamu sudah menyiapkan biaya khusus untuk acara sakral ini. Tidak harus mewah dan dengan budget besar, kamu bisa mengadakan acara yang sederhana namun tetap bisa merayakan momen bahagia. Agar lebih jelas, Ruang meNyala telah menyiapkan daftar rincian biaya pernikahan sederhana yang bisa kamu jadikan panduan. 

 

Siapa yang Menanggung Biaya Pernikahan?

Menikah tidak akan cukup jika hanya bermodal niat. Perlu adanya usaha nyata untuk mewujudkannya, seperti kesiapan mental dan keyakinan pasangan, memperoleh restu kedua orang tua, merancang konsep pernikahan, hingga menyiapkan dana yang tentunya enggak sedikit. 

Ngomong-ngomong soal dana persiapan menikah, mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya siapa yang menanggung biaya pernikahan seharusnya? Pada dasarnya, pernikahan merupakan pesta calon pengantin, dimana tamu yang berdatangan pun tak hanya teman atau kolega pasangan, namun juga rekan dari orang tua. 

Sehingga, akan lebih baik bila total biaya pernikahan tersebut didiskusikan bersama keluarga inti. Mengingat pesta tersebut bukan hanya dirayakan oleh kedua mempelai, keluarga pun disarankan untuk bisa ikut serta memenuhi kebutuhan. Namun, tentu saja pembagian tersebut wajib dibicarakan baik-baik dan menyesuaikan kondisi keuangan masing-masing.

Baca juga: 3 Langkah Persiapan Keuangan Childfree Ini Perlu Dipahami

 

Rincian Biaya Pernikahan Sederhana

Mempersiapkan dana untuk pernikahan bukanlah hal yang dapat dilakukan tanpa perhitungan matang. Kamu pastinya perlu membuat rincian rata-rata biaya pernikahan sederhana yang akan diwujudkan, mulai dari mahar, catering, MUA, dana sewa gedung, dan masih banyak lagi. 

Supaya enggak pusing-pusing banget, kamu dan pasangan bisa mengikuti contoh rincian anggaran biaya pernikahan sederhana di bawah ini.

 

1. Biaya Administrasi KUA

Rincian biaya pernikahan sederhana yang paling utama ialah administrasi KUA. Yup, kamu tentunya memerlukan kehadiran penghulu atau perwakilan dari KUA untuk menikah, bukan? Sebenarnya, menikah di KUA itu gratis selama dilaksanakan pada hari dan jam kerja. Sementara bila di luar jam kerja atau hari libur, umumnya pengantin perlu memberikan sejumlah uang sebagai ucapan terima kasih.

 

2. Cincin dan Mahar

Cincin dan mahar adalah salah satu yang enggak boleh terlewat dari total biaya pernikahan. Biasanya, mahar diberikan oleh keluarga mempelai laki-laki kepada keluarga perempuan, entah itu berupa perhiasan, perlengkapan ibadah, dana, dan sebagainya. Sedangkan, untuk cincin kawin, cobalah untuk mendiskusikannya bersama pasangan agar dapat menemukan yang sesuai keinginan.

 

3. Pakaian

Sebagai seorang pengantin, mengenakan baju yang indah layaknya raja dan ratu merupakan hal paling ditunggu-tunggu. Adapun rata-rata biaya pernikahan sederhana untuk yang satu ini biasanya akan lebih murah jika menggunakan paket sewa dari salon.

 

4. MUA

Selain pakaian, menyewa jasa rias atau MUA juga tak mungkin dilupakan agar pengantin dapat tampil memukau dalam prosesi pernikahan. Ada begitu banyak jasa tata rias yang biasanya juga menyewakan baju pengantin, lho. Kamu tinggal menyesuaikan budget dan memastikan telah membuat janji dengan MUA pilihan dari jauh-jauh hari.

 

5. Sewa Gedung

Mencari gedung pernikahan yang cocok dan sesuai budget tentu memerlukan upaya ekstra. Kamu dan pasangan setidaknya harus booking lokasi sekitar 6 bulan sebelum hari-H. Harga sewa gedung pun sangat beragam tergantung kapasitasnya. Adapun rata-rata biaya pernikahan sederhana yang perlu kamu siapkan untuk hal ini yaitu mulai dari 5 sampai 30 juta. 

 

6. Dekorasi

Setelah menentukan gedung, hal yang perlu kamu pikirkan berikutnya adalah dekorasi. Ini termasuk kebutuhan untuk menyewa meja, kursi, tempat foto, tanaman, serta dekorasi lainnya guna memperindah pesta pernikahanmu.

 

7. Catering

Rincian biaya pernikahan sederhana yang enggak kalah penting ialah katering. Mengingat budget masakan katering tidaklah murah, kamu perlu menghitungnya dengan teliti. Apalagi jika memilih sajian prasmanan, jangan sampai menu yang dihidangkan malah kurang karena tak sesuai dengan jumlah tamu undangan.

 

8. Undangan

Ada begitu banyak vendor yang menawarkan jasa desain dan cetak undangan nikah dengan bentuk unik dan kreatif. Selain meminta rekomendasi dari teman atau kerabat, kamu juga bisa melakukan survei online untuk mencari vendor yang cocok. Sebelum itu, bacalah berbagai reviewnya dan pastikan vendor tersebut terpercaya.

 

9. Souvenir

Nah biasanya, jasa cetak undangan juga menyediakan pembuatan souvenir. Kamu tinggal menghitung jumlah souvenir berdasarkan tamu undangan. Jangan khawatir dana membengkak, sebab ada banyak pilihan souvenir yang harganya cukup terjangkau.

 

10. Biaya Hiburan

Pastinya akan terasa kurang seru kalau pesta pernikahan diselenggarakan tanpa adanya hiburan. Oleh karena itu, bila memang memungkinkan, kamu dapat menyewa penyanyi atau band untuk memeriahkan acara. 

 

11. Dokumentasi

Setiap pengantin pasti ingin mengabadikan momen bahagia pernikahan yang hanya terjadi satu kali seumur hidup. Maka dari itu, jasa dokumentasi tentu enggak pernah luput dari rincian biaya pernikahan. Dari sekian banyak pilihan, lakukanlah perbandingan harga untuk memilih jasa fotographer ataupun videographer terbaik pada prosesi pernikahanmu nanti.

 

12. Dana Cadangan

Last but not least, pastikan kamu telah menyiapkan dana tambahan. Sebab, dari berbagai contoh rincian anggaran biaya pernikahan sederhana di atas, dana cadangan sering kali diabaikan. Padahal, bisa saja kamu dan pasangan memerlukan pengeluaran tak terduga lain, seperti untuk seragam keluarga atau dan bridesmaid/groomsmen, mobil, dan sebagainya.

Baca juga: 10 Pos Keuangan Rumah Tangga, Pasangan Muda Wajib Tahu!

 

Tips Menyiapkan Biaya Pernikahan

Agar pesta pernikahan dapat diselenggarakan dengan sukses dan lancar, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips menyiapkan biaya pernikahan berikut ini.

 

1. Kelola Pengeluaran Sesuai Prioritas

Sebenarnya, kamu enggak harus kok mengeluarkan seluruh biaya persiapan sekaligus dalam satu waktu. Ada baiknya jika kamu mengurutkannya berdasarkan prioritas. Misalkan, mulai dari pendaftaran KUA, gedung, atau uang muka katering. Ini akan memudahkanmu dalam mengatur keuangan.

 

2. Hemat

Nggak ada salahnya untuk mulai berhemat dengan mengurangi biaya berkencan maupun berjalan-jalan. Selain itu, hindari juga pengeluaran yang tak begitu penting. Meski terlihat sepele, namun jika kamu dan pasangan menerapkannya, ini bisa membantu kalian untuk menabung dan mengatur pengeluaran sebagai dana tambahan. 

 

3. Mencari Paket Pernikahan

Tips terakhir, cobalah cari tawaran paket pernikahan lengkap yang telah mencakup segala kebutuhan. Selain dapat menekan biaya, paket pesta pernikahan bisa sekaligus menghemat waktumu.

Meski terlihat begitu banyak, akan tetapi dengan perencanaan yang matang dan bijak, kamu dan pasangan pasti bisa mewujudkan pesta pernikahan yang sesuai keinginan. Jangan lupa untuk selalu mendiskusikannya bersama keluarga dan mempertimbangkan setiap pilihan dengan sungguh-sungguh. Semoga lancar, ya!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya