Logo Ruang Menyal
Bg Block

Yuk Menuju Halal, Ini Cara Nabung Buat Nikah Paling Efektif!

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 29 Januari 2024 | 11932 dilihat

Article Detail

Siapa yang tidak ingin menggelar acara pernikahan dengan meriah dan menyenangkan? Tentu saja ini menjadi impian setiap orang untuk mengenang momen bahagia sekali seumur hidup. Namun, rupanya biaya pernikahan memang tidak sedikit, karena itu untuk mewujudkannya kamu perlu tahu cara nabung buat nikah paling efektif.

Agar impianmu segera terlaksana, tekadkan niat untuk menabung dari sekarang, ya. Meski tidak murah, namun ada beberapa cara nabung buat nikah yang bisa kamu terapkan. Apa saja? Yuk simak pembahasan lengkapnya.

 

10 Cara Nabung Buat Nikah Paling Efektif

Menikah di zaman sekarang ternyata harus sudah mulai direncanakan, karena menikah membutuhkan modal yang tidak sedikit. Buat kamu yang ingin tahu bagaimana cara nabung buat nikah paling efektif, Ruang meNYALA akan membahasnya berikut.

 

1. Buka Tabungan Khusus untuk Biaya Nikah

Jika kamu termasuk orang yang sulit menabung, maka cara nabung buat nikah yang efektif pertama adalah membuka tabungan khusus yang diperuntukkan untuk biaya nikah. Lebih baik kamu tidak menggabungkan uang operasional dan tabungan biaya nikah, melainkan memisahkannya, supaya uang kamu tidak tercampur.

Kamu dapat menggunakan Nyala sebagai solusi cara nabung buat nikah yang efektif, loh. Kamu bisa langsung download One Mobile dan buka rekening Nyala, karena kamu akan dengan mudah memisahkan mana uang untuk operasional dan mana uang untuk tabungan biaya nikah.

Baca juga: 10 Ide Kado Valentine Murah Tapi Berkesan, Romantis Banget!

 

2. Sisihkan Sebagian Gaji Bulanan Kamu

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah menyisakan uang di akhir bulan untuk ditabung. Jika kamu masih melakukan hal ini, kamu bisa jadi tidak menikah di tahun ini, karena kebiasaan tersebut malah membuat kamu tidak pernah menabung sesuai target. Pasalnya di akhir bulan, uang kamu sudah tidak bersisa.

Oleh sebab itu, cara nabung buat nikah yang efektif adalah dengan menyisihkan sebagian gaji bulanan kamu di awal. Kamu bisa menggunakan fasilitas autodebet untuk langsung memisahkan uang kebutuhan sehari-hari dengan tabungan untuk biaya nikah kamu. 

 

3. Jangan Terlalu Sering Keluar Rumah

Ketika kamu sudah memiliki tujuan untuk menikah di tahun depan, maka cara nabung untuk nikah adalah kamu bisa mulai mengurangi acara di luar rumah. Karena jika kamu sering bepergian, kamu cenderung akan mengeluarkan uang baik untuk makan, transportasi atau sekedar membeli barang yang kamu inginkan.

Ada baiknya ketika kamu ingin tahu tips nabung buat nikah, kamu sering mengikuti kelas-kelas keuangan dibandingkan menggunakan waktumu hanya untuk bermain keluar rumah. Atau, kamu juga bisa loh menonton kembali kelas keuangan untuk pasangan yang ada di Ruang meNYALA!

 

4. Berhemat dengan Membawa Bekal ke Kantor

Cara nabung buat nikah yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah mulai lebih berhemat dengan membawa bekal ke kantor. Hal ini terbukti menjadi salah satu langkah penghematan yang berarti.

Bayangkan saja, misal setiap hari kamu harus mengeluarkan Rp 50.000 untuk makan siang. Jika setiap hari kamu bisa berhemat Rp 50.000 dan kamu menginvestasikannya ke reksa dana, kamu akan mendapatkan Rp 5.069.945 dalam 1 tahun.

 

5. Terapkan Gaya Hemat dalam Berkencan

Tips nabung untuk nikah selanjutnya adalah mulai terapkan gaya hemat dalam berkencan. Kamu tidak usah merasa “kalah” dengan teman-teman kamu yang update ketika pacaran sedang fine dining atau bahkan membelikan pasangannya barang mewah.

Karena jika kita terus berfokus pada apa yang orang lain lakukan, tentu akan membuat kita sulit bersyukur dengan keadaan yang kita miliki saat ini. Terlebih, jika kamu ingin memiliki masa depan yang lebih baik dengan pasangan kamu dan mulai memiliki beberapa tujuan keuangan.

Maka, sebaiknya kamu mulai menerapkan gaya hemat dalam berkencan. Pisahkan mana keinginan serta kebutuhan kamu dan juga pasangan.

Baca juga: Tips dan Rekomendasi Bank untuk Menabung Mudah, Pasti Aman!

 

6. Hindari Membeli Hadiah Mahal

Ketika kamu sudah memiliki tujuan ingin menikah, maka cara nabung buat nikah yang bisa kamu lakukan adalah mulai menghindari membeli hadiah mahal ke pasangan, apalagi jika hadiah tersebut hanya sesuatu yang diinginkan, bukan dibutuhkan oleh pasangan kamu.

Kunci dari nabung buat nikah adalah kamu dan pasangan sudah bisa memisahkan mana kebutuhan dan keinginan. Selain itu, kamu dan pasangan juga harus sudah tahu tujuan dari hubungan yang kalian bina.

 

7. Meminimalisir Biaya Pre Wedding

Untuk meringankan biaya nikah, kamu bisa meminimalisir biaya pre wedding. Kamu bisa melakukan semuanya sendiri, mulai dari pemilihan venue hingga fotografer. Atau kamu bisa mengumpulkan foto-foto kamu dan pasangan mulai dari jaman pacaran hingga kamu akan menikah dan menjadikannya foto pre wedding. Tentu ini akan jauh lebih terjangkau, bukan?

 

8. Susun Anggaran Pernikahan

Kebiasaan orang-orang yang akan melangsungkan pernikahan adalah mereka tidak mengetahui berapa sih uang yang harus mereka kumpulkan untuk menikah. Maka, cara nabung buat nikah selanjutnya yaitu kamu harus menyusun anggaran pernikahan dulu.

Buatlah hal apa saja yang kamu butuhkan saat akan menikah, mulai dari biaya dekorasi, venue, catering, make up dan kostum, souvenir, wedding organizer, dan biaya lainnya.

Kamu juga harus mencatat berapa harga dari setiap hal yang kamu butuhkan untuk biaya menikah. Ketika kamu sudah tahu biaya “nyata” pernikahan kamu, kamu juga jadi semakin mudah untuk merencanakan biayanya.

 

9. Catat Arus Pengeluaran dan Pemasukan

Ketika mulai merencanakan keuangan, terutama biaya pernikahan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran baik keuangan kamu dan pasangan.

Pencatatan arus pengeluaran ini juga sebenarnya memudahkan kamu untuk merencanakan nabung buat nikah. Kamu menjadi tahu kemampuan keuangan kamu dan juga kamu bisa merefleksikan keuangan kamu ketika sudah menikah nanti.

 

10. Buat Komitmen dengan Pasangan

Ketika kamu sudah memiliki tujuan untuk menikah dengan pasangan, kamu juga sebaiknya mulai membuat komitmen dengan pasangan mengenai hal apa saja yang ingin kamu dan pasangan raih bersama.

Dengan membuat komitmen dengan pasangan, akan memudahkan kamu merencanakan masa depan bersamanya. Dan kalian juga memiliki hal yang ingin kalian capai bersama. Ini sering dilakukan oleh pasangan yang sudah berada dalam jenjang serius. Selain itu, dengan membuat komitmen, kamu dan pasangan pun seperti memiliki “tugas” dalam kehidupan.

Nah, itu dia cara nabung buat nikah paling efektif dari Ruang meNYALA. Jika ingin segera mewujudkan pernikahan, jangan ragu untuk memulainya dari sekarang. Apabila kamu ingin berkonsultasi lebih dalam, yuk ikuti One on One Consultation with Nyala Financial Fitness Trainer sekarang juga!

Baca juga: 7 Cara Mengatur THR dengan Bijak Agar Bermanfaat, Yuk Coba!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya