Logo Ruang Menyal
Bg Block

Usia 25 Tahun, Cek Tips Berikut Supaya Kamu Tidak Terkena Quarter Life Crisis

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 27 Agustus 2021 | 752 dilihat

Article Detail

 

“Usia 25 tahun, kamu udah punya apa aja ?” Perbincangan yang menjadi hangat dan sering terdengar beberapa minggu terakhir ini. Banyak sekali yang akan bertanya, udah umur 25 tahun, apa aja sih yang udah kamu capai ? Akhirnya, tidak sedikit anak muda yang merasa insecure, merasa tidak berarti karena kalah dari anak-anak berumur 25 tahun lainnya yang sudah sukses bahkan sudah memiliki harta yang sepertinya mustahil buat kita miliki, saat kita menginjak umur 25 tahun. Padahal kamu perlu tahu, bahwa setiap orang memiliki garis start yang berbeda-beda. Bisa saja, orang-orang sukses tersebut sudah bekerja sejak umur 17 tahun, sedangkan kamu baru saja bekerja di umur 23 tahun. Jadi, tidak bisa dibilang semua orang pasti akan memiliki ukuran sukses yang sama. Buat kamu yang menginjak umur 25 tahun, kamu tidak perlu khawatir, karena semua orang pasti punya masanya masing-masing. Berikut ini adalah tips keuangan yang tepat buat kamu supaya kamu tidak terkena quarter life crisis.

Miliki Tujuan

 

Kebiasaan anak muda adalah hidup mengikuti arus atau hidup yang punya prinsip YOLO “You Only Live Once”. Akhirnya, mereka jadi enggan untuk merencanakan bahkan memiliki tujuan dalam hal yang mereka kerjakan. Padahal, tujuan tidak melulu tujuan akhir yang besar, kamu bisa memulai dari hal yang terkecil. Misalkan, kamu ingin punya kebiasaan kecil yang baik, seperti bangun tidur pagi dan membiasakan diri bermeditasi atau mulai menabung Rp 20.000 per hari di celengan atau berinvestasi.

 

Memiliki tujuan ini sangat penting, karena dari tujuan ini akan memudahkan dalam pembuatan rencana, baik dalam keuangan maupun keuangan. Dalam keuangan, kamu juga harus membiasakan memiliki tujuan dalam menabung/berinvestasi, apa yang ingin kamu capai dan jumlahnya berapa. Dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu akan semakin tahu arah keuangan kamu.

Jangan Biasakan Berutang Konsumtif

 

Kebiasaan kedua yang dilihat dari anak muda setelah mendapatkan pekerjaan pertama adalah memiliki kartu kredit pertama yang biasanya akan tergoda untuk digunakan. Akhirnya, mereka cenderung menambah utang konsumtif dibandingkan menambah aset produktif. Sebisa mungkin, ketika kamu akan berutang, kamu benar-benar pertimbangkan dengan matang. Mengapa kamu sampai berutang ? Apakah barang yang kamu beli ini benar-benar urgent ? Atau barang yang kamu beli hanya untuk kesenangan kamu sesaat ? Jangan langsung membiasakan diri membeli barang yang sekiranya hanya kita inginkan. Cobalah membuat daftar mengapa kita harus membeli barang tersebut dan kalai kita tidak membelinya sekarang, apa yang akan terjadi dalam kehidupan kita. Tidak ada salahnya kan merencanakan dari sekarang, daripada menunda keberhasilan masa depan kita ?

 

Semakin dewasa, kita pasti akan merasa seperti dituntut untuk menjadi lebih. Padahal, kamu cukup menjadi diri kamu dan mulai lebih sadar dari setiap pengeluaran dan keputusan keuangan yang akan kamu ambil. Jangan lupa untuk selalu menambah ilmu baru setiap hari ya, karena ilmu tersebut bisa membantu kamu untuk memperbaiki kualitas hidup kamu. Kamu bisa loh ikutan kelas menarik di Ruang MeNyala !

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya