Logo Ruang Menyal
Bg Block

Ubah Mindset Lifestyle kamu menjadi Mindset Wealth disini!

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 01 Desember 2021 | 678 dilihat

Article Detail

Kamu pasti pernah mencoba untuk membuktikan kalau diri kamu menonjol secara finansial dan gaya kamu dibandingkan dengan orang-orang sekitar kamu. Agar kamu bisa terlihat menonjol, kamu pasti ingin sekali mempunyai barang-barang terbaru sesuai dengan lifestyle lingkungan kamu yang pastinya harganya tidak murah. 

 

Karena tidak murah itulah yang akan membuat kamu semakin merasa hebat dan sangat ingin disanjung oleh orang-orang sekitar kamu. Selain ingin terlihat menonjol, kamu pastinya juga ingin bergabung dan ikut serta di lingkungan pertemanan kamu yang mengutamakan lifestyle dan pastinya selalu hangout dan selalu belanja. Sehingga, otomatis kamu akan mengikuti lifestyle mereka agar kamu nyambung dengan teman-teman kamu dan tidak dijauhi oleh mereka. 

 

Tapi apakah kamu tau? kalau kamu terus mengutamakan lifestyle kamu, kamu akan menjadi seseorang yang sangat boros, tanpa mempertimbangkan perencanaan keuangan kamu untuk kedepannya, malah tanpa kamu ketahui isi rekening kamu tiba-tiba kosong karena kamu sangat boros untuk mementingkan lifestyle kamu. 

Agar kamu tidak menjadi boros lagi, berikut cara supaya kamu bisa mengubah lifestyle menjadi wealth style.

1.    Hanya Membeli Barang yang Dibutuhkan

Kamu bisa memulai untuk mengubah lifestyle kamu menjadi wealth style dengan hanya membeli barang yang paling kamu butuhkan. Kamu bisa menyisihkan dan menyusun rencana keuangan kamu dengan langsung membuat budget sendiri untuk kebutuhan kamu supaya terpenuhi. Dengan kamu memprioritaskan kebutuhan kamu, hidupmu pasti akan lebih bahagia karena kebutuhan  kamu berhasil dipenuhi tanpa adanya halangan dan tidak tertunda. 

2.    Membuat Budget Untuk Keinginan

Kamu bisa mulai membuat dan membatasi budget untuk keinginan kamu. Dengan begitu, kamu akan mempunyai Batasan untuk memenuhi keinginan kamu juga, tapi dengan teratur dan tidak kebablasan, yang bisa menguras semua uang kamu. Tentunya, kamu harus mengutamakan kebutuhan kamu terlebih dahulu baru keinginan kamu.

3.    Bijak Membeli Barang Mahal

Memberli barang mahal sama sekali tidak salah, tapi kamu harus memeperhatikan juga tujuan kamu membeli barang mahal. Jika kamu hanya mementingkan gengsi dan pamer, lebih baik kamu urungkan nait kamu, karena bisa saja harga satu barang branded yang kamu beli, bisa berkali-kali lipat dari gaji bulanan kamu. 

Beli lah barang mahal kalau tujuannya untuk menunjang pekerjaan kamu, yang mengharuskan kamu memakai barang tersebut terus menerus untuk mendapatkan income, atau memang kewajiban kamu harus memakai barang atau pakaian branded karena pekerjaan kamu sebagai entertainer, marketing, MC dan lain-lain

Pilihlah barang yang juga memiliki nilai jual yang tinggi, meskipun dengan kondisi bekas. Jika kamu tidak membutuhkannya lagi, kamu bisa menjual barang tersebut. 

4.    Jangan Berhutang Hanya Untuk Gengsi

Berhutang sangat tidak salah dan hal yang wajar, tapi kamu kamu berhutang hanya untuk gensi, itu namanya kamu memaksakan diri untuk hal yang tidak kamu sanggupi.

BIsa dibilang gengsi itu hanya bersifat sementara, memang akan ada rasa bangga dan senang sekarang, tapi rasa senang itu aakan hlang kalau ternyata ada orang lain yang lebih hebat dari kamu. Buang gengsi jauh-jauh agar kondisi finansial kamu membaik. Tentu tidak dalam satu-dua hari, tapi secara perlahan mengikuti proses sampai akhirnya kamu sejahtera secara finansial.

5.    Berlatih Mengatakan tidak

Kamu harus bisa mengatakan tidak kepada orang lain, demi mewujudkan kesejahteraan finansial. Dengan menolak, kamu bisa menyelamatkan isi dompet mu dari pengeluaran yang tidak seharusnya. 

Berbagai ajakan yang bisa kamu tolak seperti, ajakan untuk selalu makan di tempat mewah, ajakan selalu nongkrong sepulang kerja, dan lain-lain.  

6.    Memperbanyak Investasi

Orang yang wealth finansial akan lebih meningkatjan pengeluarannya untuk investasi dan buka untuk foya-foya. Investasi dipercaya dapat menyelamatkan finansial dari gejolak ekonomi yang bisa terjadi. Dengan investasi kamu juga bisa menjamin kehidupan kamu dihari tua mendatang.  

Kamu bisa memulai investasi dari 15-30% dari total penghasilan bulanan 

Dengan kamu berinvestasi secara rutin, kamu sudah menjadi bagian dari orang-orang wealth meskipun jumlah yang disisihkan masih belum seberapa. Walaupun begitu , kamu sudah menunjukan kepedualian kamu terhadap finansial freedom dihari tua kamu.  

Itu di acara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah gaya kamu dari life style ke wealthstyle, agar kamu bisa semakin menghemat dan tidak boros untuk mencapai finansial freedom di hari tua kamu, tentunya dengan investasi.

 

Jika kamu masih bingung bagaimana caranya mengatur keuangan kamu,kamu jangan ragu untuk bertanya ke ahlinya dan juga mengikuti kelas-kelas keuangan yang seru dari ruang meNYALA. Catat tanggal mainnya ya, setiap hari Selasa dan Kamis malam!

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya