Logo Ruang Menyal
Bg Block

10 Tips Menabung untuk Liburan ke Luar Negeri dengan Mudah

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 14 April 2024 | 962 dilihat

Article Detail

Apakah kamu memiliki rencana ingin berlibur ke luar negeri? Jika iya, simak tips menabung untuk liburan ke luar negeri yang mudah dan efektif berikut ini.

Well, pergi berlibur ke luar negeri mungkin akan membutuhkan banyak persiapan dan dana yang perlu dikeluarkan nantinya.

Untuk itu, tak ada salahnya lho jika kamu mempersiapkannya sejak awal dengan menabung, agar bisa mengatur pengeluaran saat liburan ke luar negeri.

Langsung saja, ikuti terus penjelasan terkait cara menabung untuk liburan ke luar negeri di artikel ini hingga akhir, ya!

10 Tips Menabung untuk Liburan ke Luar Negeri

Pada dasarnya, kunci melakukan tips menabung untuk liburan ke luar negeri adalah konsisten dalam mengumpulkan dananya, meskipun pada jumlah yang kecil.

Berikut adalah sejumlah tips menabung untuk liburan ke luar negeri yang bisa kamu ikuti:

1. Tentukan Destinasi Wisata sejak Awal

Tips menabung untuk traveling ke luar negeri yang pertama adalah kamu perlu menentukan destinasi wisata sejak awal.

Kamu dapat memilih destinasi negara sesuai dengan kebutuhan dan durasi liburan yang akan dilakukan.

Misalnya, jika kamu ingin berlibur ke luar negeri dengan waktu yang singkat dan budget minim, maka negara seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, atau Thailand mungkin cocok untuk dikunjungi.

Pasalnya, biaya transportasi untuk pergi ke berbagai negara tersebut cukup terjangkau dan lebih mudah diakses.

Namun, jika kamu memang sudah mempersiapkan budget ekstra, mungkin berbagai negara seperti Amerika, Eropa, atau Afrika cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata.

2. Riset Negara Tujuan

Jika sudah menentukan destinasi, tak ada salahnya lho, kamu melakukan riset mengenai segala informasi terkait negara tujuanmu.

Mulai dari destinasi wisata yang akan dikunjungi, lokasi penginapan, perkiraan jarak dari satu tempat ke tempat lain, akses transportasi, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, kamu bisa menentukan waktu keberangkatan yang terbaik, misalnya ketika low season.

Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut pengunjung tidak begitu banyak, sehingga biaya akomodasi seperti penginapan dan tiket pesawat menjadi lebih murah.

3. Hitung Estimasi Target Biaya

Agar bisa mengumpulkan dana dengan mudah dan terarah, tips menabung untuk liburan ke luar negeri yang bisa kamu lakukan adalah menghitung estimasi atau target biayanya sejak awal.

Jika sudah mengetahui kira-kira berapa banyak dana liburan ke luar negeri yang diperlukan, termasuk tiket pesawat dan tempat wisata, penginapan, hingga dana darurat, kamu bisa menetapkan target tabungan dengan mudah.

4. Tetapkan Jangka Waktu Menabung

Apabila kamu sudah tahu berapa banyak estimasi biayanya, tips menabung untuk liburan ke luar negeri berikutnya adalah menetapkan jangka waktu dalam mengumpulkan dananya.

Kamu bisa menyesuaikan hal ini dengan kemampuanmu dalam mengalokasikan dana agar mencapai target.

Misalnya, jika kamu ingin mengumpulkan Rp 7.500.000 dan kamu ingin mencapainya dalam waktu 12 bulan, maka kamu harus mengalokasikan sebesar Rp 625.000 per bulannya.

Baca juga: 6 Cara Menabung Milenial yang Efektif & Anti Gagal, Catat!

5. Mengikuti Travel Fair

Travel fair merupakan waktu ideal bagi kamu yang tengah mencari penawaran menarik untuk paket wisata dan tiket pesawat dengan harga terjangkau. 

Selama travel fair, banyak perusahaan perjalanan yang menyajikan beragam promosi khusus dalam pembelian produk wisata. 

Oleh karenanya, momen ini tentu sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari tiket dengan harga ekonomis.

6. Alokasikan dengan Berinvestasi

Agar bisa mengoptimalkan dana tabungan untuk liburan ke luar negeri, kamu bisa mengalokasikannya dengan cara berinvestasi.

Tips menabung untuk ke luar negeri ini bisa kamu ikuti jika rencanamu untuk pergi masih dalam jangka waktu yang panjang. Jika memang kamu ingin pergi liburan dalam kurun waktu di atas 5 tahun, kamu bisa loh berinvestasi di reksa dana saham atau di obligasi jangka Panjang.

Namun, jika rencana liburanmu dalam jangka pendek, dalam kurun waktu1-2 tahun, kamu bisa mencoba untuk berinvestasi di reksa dana pasar uang. Tetapi, jika kamu memiliki tujuan menabung kurun waktu 3 sampai 5 tahun, kamu bisa alokasikannya ke reksa dana pendapatan tetap atau bisa ke reksa dana campuran.

7. Terapkan Cara 50/30/20 Budget Rule

Selain mengalokasikan dana 10% dari penghasilan, tips menabung untuk liburan ke luar negeri lainnya adalah dengan menerapkan 50/30/20 budget rule.

Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu membagi pendapatan bulanan bersih ke dalam 3 kelompok, yaitu 50% untuk kebutuhan pokok, 30% bagi pengeluaran keinginan, serta 20% pembayaran utang dan tabungan.

Nah, kamu bisa menggunakan dana liburan luar negeri pada 30% pengeluaran dari gaji bulanan, karena termasuk ke dalam keinginan. 

Untuk memudahkanmu dalam menghitung berapa yang harus dialokasikan per bulan untuk liburan ke luar negeri, kamu bisa menggunakan fitur Life Goals di ONe Mobile.

8. Cari Penghasilan Tambahan

Agar tidak terlalu berat dalam mengumpulkan dananya, kamu bisa melakukan tips menabung untuk liburan ke luar negeri dengan mencari penghasilan tambahan.

Tak perlu harus memiliki pekerjaan double, kamu bisa memanfaatkan kemampuan yang dimiliki sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Misalnya, jika kamu memiliki kemampuan dalam desain grafis, maka tak ada salahnya untuk mencoba menawarkan jasa mengedit melalui internet atau media sosialmu.

Selain itu itu, saat ini lowongan freelance pada berbagai bidang pun sudah terbuka luas di internet, kamu hanya perlu mencari-cari informasinya dengan rutin dan detail.

Baca juga: 9 Cara Dapat Uang 500rb Sehari Tanpa Modal, Mudah dan Cuan!

9. Rutin Menabung dan Fokus Mencapai Target

Jika tujuan, target, serta cara menabung untuk liburan ke luar negeri sebelumnya sudah dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah kamu hanya perlu rutin dan konsisten dalam mengumpulkan dana agar mencapai target.

Selama dalam proses menabung, kamu juga bisa membantu mengumpulkan dana dengan cara berhemat atau mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan.

10. Gunakan Kartu Kredit Travel

Perlu diketahui, kartu kredit travel biasanya menawarkan fitur reward point, atau yang dikenal dengan sebutan miles, di mana poin tersebut bisa kamu tukar untuk layanan perjalanan.

Misalnya, jika poin yang kamu kumpulkan sudah cukup banyak, hal ini bisa ditukar untuk membeli tiket pesawat dari perusahaan maskapai penerbangan kartu kreditmu.

Dengan begitu, semakin banyak poin yang kamu kumpulkan, maka penukaran reward-nya pun menjadi lebih besar.

Jika kamu menggunakan kartu kredit, jangan lupa untuk membayarnya secara full saat tagihan keluar. Supaya, kamu juga tidak dibebankan dengan Bunga kartu kredit di bulan berikutnya.

Kelola Dana Liburan ke Luar Negeri bersama RuangmeNYALA

Itu dia penjelasan lengkap terkait tips menabung untuk liburan ke luar negeri, mulai dari menentukan destinasi sejak awal, hingga menggunakan kartu kredit khusus travel.

Sebelum mulai menabung untuk liburan ke luar negeri, ada baiknya kamu mengetahui kondisi kesehatan finansialmu terlebih dahulu. 

Dengan begitu, pengelolaan dana bisa lebih efektif, tanpa harus mengganggu pengeluaran yang lainnya.

Nah, Ruang meNYALA bisa menjadi solusinya! Yup, kamu bisa mengecek kondisi kesehatan finansial dengan mengikuti Financial Fitness Check Up.

Jika sudah mengetahui kondisi finansialmu, kamu bisa melakukan one-on-one consultation bersama Nyala Trainer untuk mengetahui tips & trik bagaimana mengelola keuangan untuk menabung dengan efektif.

Bagaimana caranya? Mudah saja! Kamu hanya perlu book tanggal dan pilih Nyala Trainer yang diinginkan. Lalu, tinggal tunggu waktu konsultasinya tiba.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, gabung dan raih #FinanciallyFit sejak awal bersama RuangmeNYALA!

Baca juga: Manfaat Jasa Konsultan Keuangan, Ini 5 Tanda Jika Kamu Butuh!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya