Logo Ruang Menyal
Bg Block

10+ Tips Hidup dari Tabungan untuk Masa Depan Lebih Baik

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 15 April 2024 | 2016 dilihat

Article Detail

Tahukah kamu bahwa hidup dari tabungan dapat menjamin masa depan lebih baik? Well, terdapat berbagai manfaat menabung untuk hidup di masa depan yang lebih baik.

Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba berbagai tips menabung untuk liburan ke luar negeri, keperluan akademik, menangani masalah kesehatan, maupun kebutuhan lain di masa depan.

Tanpa berlama-lama, yuk, simak beberapa tips hidup dari tabungan yang dapat kamu coba!

Tips Hidup dari Tabungan

Bagi kamu yang tertarik untuk bisa hidup dari hasil tabungan, berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Bijak dalam Membeli Barang dan Jasa

Menghidupi diri dari tabungan adalah kebijakan finansial yang bijak. Adapun salah satu tipsnya adalah menjadi bijak dalam membeli barang dan jasa. 

Dengan mengendalikan pengeluaran, kamu dapat memastikan bahwa tabungan tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan masa depan. 

2. Memastikan Pengeluaran Tidak Lebih Banyak dari Pendapatan

Kunci sukses hidup dari tabungan berikutnya adalah memastikan pengeluaran tidak melebihi pendapatan. 

Dalam hal ini, sejumlah hal yang bisa kamu lakukan antara lain, membuat anggaran, hindari utang yang tidak perlu, dan hemat dalam kehidupan sehari-hari. 

Dengan mengendalikan pengeluaran, kamu akan dapat hidup dari hasil tabungan dan menciptakan masa depan yang lebih cerah.

3. Membuat Skala Prioritas

Selanjutnya, pastikan untuk membuat skala prioritas dengan mempertimbangkan hal-hal yang benar-benar penting.

Oleh karenanya, fokuslah pada kebutuhan daripada keinginan. Buat daftar prioritas, alokasikan dana sesuai dengan tujuan, dan hindari pengeluaran yang tidak perlu. 

Dengan skala prioritas yang jelas, kamu dapat hidup dari hasil tabungan secara efektif dan memastikan masa depan yang lebih baik.

4. Memaksimalkan Penggunaan Promo

Meski terdengar sepele, kamu juga bisa memaksimalkan penggunaan promo dan belanja cerdas dengan memanfaatkan kartu loyalitas.

Ingatlah, hidup dari tabungan adalah tentang mengambil keputusan finansial bijak, di mana memanfaatkan promo adalah salah satu cara yang cerdas untuk melakukannya.

5. Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

Menerapkan gaya hidup minimalis adalah langkah bijak dalam hidup dari tabungan. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu, lalu fokus pada barang dan layanan yang benar-benar kamu butuhkan. 

Dengan gaya hidup minimalis, kamu dapat menghemat lebih banyak uang dan menciptakan masa depan yang lebih baik. 

Baca juga: Jangan Dianggap Sama! Ini 7 Perbedaan Hemat dan Pelit

6. Mencatat Pengeluaran dan Pendapatan

Mencatat pengeluaran dan pendapatan adalah langkah penting dalam hidup dari tabungan. Dengan mencatat dengan teliti, kamu dapat mengidentifikasi area-area pengeluaran yang sekiranya bisa dikurangi dan mengoptimalkan sumber pendapatan. 

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan aplikasi atau catatan harian untuk melacak uang masuk dan keluar. Dengan informasi yang akurat, kamu akan lebih mudah mengelola tabungan dan mencapai masa depan keuangan yang lebih baik. 

7. Menetapkan Target Tabungan Bulanan

Menetapkan target tabungan bulanan adalah langkah pintar berikutnya dalam hidup dari tabungan. Dengan menentukan jumlah yang ingin ditabung setiap bulan, kamu memiliki tujuan yang jelas untuk mencapai kestabilan finansial. 

Namun, pastikan target tabungan yang dibuat realistis dan sesuai dengan pendapatan. Dengan begitu, impian untuk bisa hidup dari hasil tabungan bukanlah mimpi belaka.

8. Menerapkan 30 Days Rule

Menerapkan aturan 30 hari (30 Days Rule) juga dapat membantumu hidup dari tabungan. Sebelum membuat pembelian besar atau impulsif, berikan diri waktu 30 hari untuk mempertimbangkan apakah kamu benar-benar membutuhkannya. 

Dengan pendekatan ini, kamu dapat menghindari pemborosan dan memprioritaskan penghematan. 

9. Menerapkan Metode 50, 30, or 20 Percent Budget

Salah satu cara cerdas untuk hidup dari tabungan adalah dengan menerapkan metode 50, 30, atau 20 persen dalam pengeluaran. Alokasikan 50% dari pendapatan untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan pribadi, dan sisanya 20% untuk tabungan. 

Dengan pendekatan ini, kamu dapat mengatur anggaran secara lebih terstruktur, memastikan pengeluaran yang wajar, dan membangun tabungan yang kokoh untuk masa depan lebih baik. 

10. Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Meski sedang berhemat, kamu juga tetap bisa menggunakan kartu kredit selagi bijak. Untuk itu, gunakan kartu kredit pada keperluan yang benar-benar dibutuhkan. Selain itu, pastikan juga bahwa dapat melunasi saldo bulanan sepenuhnya. 

Satu yang pasti, hindari menganggap kartu kredit sebagai dana tambahan. Dengan mengendalikan pengeluaran melalui kartu kredit, kamu dapat menjaga tabungan dan menciptakan masa depan keuangan yang lebih baik. 

11. Selalu Mempersiapkan Daftar Belanja

Selalu mempersiapkan daftar belanja adalah kebiasaan penting dalam hidup dari tabungan. Sebelum berbelanja, buat daftar yang berisi barang-barang yang kamu butuhkan, dan patuhi daftar tersebut. 

Dengan cara ini, kamu dapat mengendalikan pengeluaran, menjaga tabungan tetap stabil, dan mencapai masa depan keuangan yang lebih baik. 

12. Disiplin dalam Menabung

Disiplin dalam menabung adalah kunci sukses dalam hidup dari tabungan. Tentukan jumlah yang akan kamu tabung setiap bulan dan pastikan untuk mematuhi komitmen ini. 

Kamu bisa membuat rekening terpisah untuk tabungan dan otomatiskan transfer setiap gajian. Hal ini penting karena hidup dari tabungan memerlukan komitmen dan disiplin yang konsisten.

Yuk, Cek Kesehatan Keuangan untuk Mempersiapkan Masa Depan!

Itu dia beberapa tips hidup dari tabungan yang dapat bermanfaat untuk masa depan. Nah, mempersiapkan dan memahami anggaran seawal mungkin dapat memberikan manfaat di masa depan.

Well, kamu dapat memastikan kesehatan keuangan dengan memeriksanya di Financial Fitness Check Up selama 3 menit saja.

Kemudian, kamu bisa melakukan konsultasi keuangan secara 1-on-1 bersama Nyala Trainer secara gratis.

Jadi, kamu bisa memastikan kondisi keuanganmu dan merencanakan masa depan dengan lebih baik!.

Yuk, persiapkan tabungan untuk masa depan serta raih #FinanciallyFit bersama Ruang meNYALA!

Baca juga: Ikut Arisan atau Menabung? Kenali Perbedaan Sebelum Memilih!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya