Logo Ruang Menyal
Bg Block

Stres Karena Masalah Uang? Simak 7 Cara Mengatasinya Berikut

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 27 Maret 2024 | 4780 dilihat

Article Detail

Tahukah kamu bahwa kesehatan mental dan kondisi finansial ternyata saling berkaitan, lho! Penelitian menemukan bahwa beberapa masalah stres disebabkan oleh masalah keuangan. Apakah kamu juga pernah mengalami stres karena tidak punya uang?

Masalah keuangan biasanya muncul dikarenakan seseorang memiliki manajemen keuangan yang buruk. Sehingga penghasilan setiap bulan terasa tidak cukup lantaran digunakan untuk memenuhi gaya hidup konsumtif.

Akibatnya, muncul perasaan stres ketika kekurangan uang. Tak jarang, mereka juga harus terlibat dalam kegiatan hutang yang memberikan dampak panjang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menyimak cara mengatasi stres akibat masalah finansial berikut.

Dampak Stres Akibat Finansial

Perlu dipahami sebelumnya bahwa stres akibat finansial bisa memberikan dampak buruk bagi diri kamu, di antaranya sebagai berikut.

1. Perawatan Kesehatan Tertunda

Salah satu dampak yang ditimbulkan dari stres karena kurang uang ialah perawatan kesehatan tertunda. Ini dikarenakan seseorang tidak memiliki biaya cukup untuk melakukan perawatan kesehatan secara optimal saat dibutuhkan sehingga menyebabkan kondisi kesehatan semakin buruk.

2. Mengalami Depresi

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa stres dan masalah keuangan saling berkaitan. Pada banyak kasus, kondisi keuangan yang buruk menyebabkan kesehatan mental seseorang juga buruk. Bahkan menurut penelitian orang yang memiliki hutang rentang mengalami depresi dan kecemasan.

3. Mendorong Perilaku Tidak Sehat

Stres akibat finansial tak jarang mendorong seseorang bertindak tidak sehat, seperti makan berlebihan, mengonsumsi alkohol, serta obat-obatan yang tidak baik bagi kesehatan. Jika hal ini terus dilakukan, bukannya masalah selesai justru membuat keadaan semakin buruk.

Cara Mengatasi Stres Karena Tidak Punya Uang

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi stres akibat masalah finansial.

1. Jangan Panik

Tips pertama saat kamu mengalami stres akibat kekurangan uang adalah jangan panik. Tetaplah tenang dan menerima kenyataan. Cobalah mengendalikan diri agar kamu tidak terpengaruh hal-hal lain yang bisa memperparah kecemasanmu.

Selain itu, hindari mengeluh secara terus-terusan pada orang lain karena itu bukanlah solusi. Alih-alih mengeluh, baiknya kamu tetap tenang dan fokus mencari jalan keluar dari masalah tersebut.

Baca juga: Tips berinvesasi dengan gaji UMR 

2. Coba Buat Rencana Keuangan Lain

Agar bisa mengatasi stres karena masalah uang, kamu dapat coba membuat rencana keuangan lain. Caranya adalah dengan menuliskan hal-hal tertentu yang bisa mengurangi pengeluaranmu.

Setelah itu, usahakan kamu berkomitmen pada rencana pengurangan keuangan tersebut. Jangan lupa juga selalu memeriksanya secara teratur dan lakukan evaluasi jika diperlukan.

Di samping itu, kamu perlu membiasakan diri berinvestasi. Mungkin selama ini kamu lebih suka menghabiskan uang dan belum sadar akan pentingnya investasi. Padahal, investasi bisa bermanfaat untuk jangka panjang.

Kamu pun dapat memilih instrumen investasi sesuai kebutuhan, misalnya emas, reksa dana, saham, dan sebagainya.

3. Kurangi Hutang

Tanpa disadari, berhutang bisa menyebabkan kamu tambah stres. Alih-alih menambah hutang, sebaiknya kamu merencanakan strategi keuangan yang lebih baik, seperti mengurangi pengeluaran untuk hal-hal kurang penting, menabung, dan segera melunasi hutang.

Mungkin ini akan terasa lebih sulit dilakukan, namun percayalah jika kamu fokus dan berkomitmen untuk mengurangi hutang, kamu akan bisa melakukannya. Dengan begitu, tingkat stres secara perlahan dapat berkurang.

4. Jangan Melampiaskan Stres ke Hal Buruk Lainnya

Terkadang masalah stres karena tidak punya uang mendorong beberapa orang untuk melampiaskannya pada hal-hal buruk lainnya, seperti minum-minuman keras, berjudi, bahkan mencuri. Kamu sebaiknya mengendalikan diri terhadap dorongan untuk berlaku demikian.

Melampiaskan stres ke hal buruk lain hanya akan menambah masalah bagi kamu, bukannya menyelesaikan masalah.

5. Cari Sumber Penghasilan Tambahan

Ketika berada dalam masalah sulit terkait finansial, kamu perlu memikirkan kembali kira-kira apa yang menjadi penyebab masalah tersebut. Apakah karena pendapatanmu terlalu kecil sehingga tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup yang semakin bertambah, kamu tidak memiliki dana darurat, atau karena terlalu boros?

Setelah mengetahui akar permasalahan keuangan kamu, sebaiknya kamu memikirkan solusinya. Misal jika sumber penghasilanmu terbatas, kamu dapat mencari sumber penghasilan tambahan seperti membangun bisnis online, menjadi freelancer, dan sebagainya.

Kemudian bila sudah mendapatkan penghasilan tambahan, pastikan kamu mengelolanya dengan baik.

Baca juga: Ini Dia Cara Cek Kesehatan Keuangan Pribadi dan Indikatornya

6. Rutin Memeriksa Anggaran

Cara mengatasi stres akibat keuangan selanjutnya ialah rutin memeriksa anggaran. Hal ini penting guna memastikan apakah pengeluaran kamu sudah dilakukan dengan bijak dan sesuai prioritas kebutuhan.

Semakin rutin kamu memeriksa catatan pengeluaran, maka kamu bisa mencegah perilaku konsumtif yang tidak perlu. Alhasil risiko stres finansial juga dapat berkurang.

7. Berkonsultasi dengan Profesional

Bila kamu merasa stres akibat masalah keuanganmu sulit diselesaikan bahkan sampai mengganggu aktivitas, baiknya kamu mencari bantuan profesional untuk berkonsultasi. Ruang meNYALA menyediakan ruang bagi kamu berkonsultasi masalah finansial bersama Financial Fitness Trainer agar kamu bisa lebih #FinanciallyFit.

Selain itu, kamu juga dapat mengikuti kelas finansial dari Ruang meNYALA pada tanggal 21 Juli 2022 pukul 19:00 - 20:00 WIB melalui Zoom yang akan membahas topik “STOP BUSIN SAMA DUIT! BIAR GA TOXIC RELATIONSHIP” agar kamu bisa menjalin hubungan baik dengan uang. Daftar sekarang yuk!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya