Logo Ruang Menyal
Bg Block

Sejak kapan wanita harus sudah mulai melek keuangan ?

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 29 Agustus 2021 | 620 dilihat

Article Detail

 

Sebagai seorang wanita yang hiup di jaman modern ini, tentu saja banyak sekali yang harus kita lakukan supaya kita bisa menjadi wanita yang tangguh dan juga kuat. Salah satunya adalah mulai dengan mengatur keuangan kita sendiri. Mengatur keuangan ini sebenarnya bisa dibilang gapang-gampang susah. Gampang kalau sudah tahu bagaimana Langkah yang tepat, susah jika dari awal kamu belum memiliki habit keuangan yang baik. Maka dari itu, mengetahui sebaiknya kapan kita harus mulai melek keuangan ini penting, supaya generasi penerus kita tidak akan kehilangan arah ketika mereka beranjak dewasa. Jadi, sebenarnya kapan wanita harus sudah mulai melek keuangan ? Di artikel ini, kita akan membahas kapan sebaiknya kamu melek keuangan dan bagaimana jika kamu belum melek keuangan, apa yang harus kamu lakukan. Yuk cek artikel berikut ini.

 

Kapan Sebaiknya Wanita Melek Keuangan ?

 

 

Pengaturan keuangan ini sebenarnya dekat dengan habit atau kebiasaan yang kita miliki. Maka, melek keuangan ini sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Dimulai ketika kita masih kecil, seharusnya kita terbiasa dengan membuat anggaran dan catatan keuangan. Setelah mahasiswa, sudah membiasakan diri untuk menabung. Saat pertama kali bekerja, sudah tahu bahwa menabung harus ada tujuannya dan sudah mulai berinvestasi. Hal seperti ini, yang tidak biasa ditanamkan sedari dulu, sehingga sekarang kamu masih bingung bagaimana caranya mengatur keuangan. Kamu tidak perlu khawatir, karena di artikel ini akan di bahas juga bagaimana jika kamu belum melek keuangan dari dini dan baru melek keuangan akhir-akhir ini.

Bagaimana Jika Baru Melek Keuangan Sekarang ?

 

Kamu tidak perlu sedih atau merasa terlambat karena kamu baru melek keuangan sekarang. Karena, kamu akan diberitahu bagaimana caranya kamu bisa mengakaselerasi melek keuangan kamu ini, sehingga kamu setidaknya bisa mendapatkan kemandirian keuangan. Berikut adalah Langkah yang bisa kamu lakukan untuk lebih melek keuangan :

1.       Biasakan kamu membuat rencana pengeluaran bulanan kamu. Tulislah selengkap-lengkapnya, jika kamu suka belanja, buatlah anggaran belanja kamu, jika kamu punya hobi, buatlah anggaran hobi kamu.

2.       Jangan lupa catat semua pengeluaran kamu, untuk memastikan apakah budgeting yang kamu buat sesuai dengan realita atau tidak. Di akhir bulan juga bisa memudahkan kamu untuk me-review budgeting kamu di bulan berikutnya.

3.       Biasakan memiliki tujuan dari setiap tabungan atau investasi yang kamu lakukan. Jangan sampai kamu nabung tanpa ada tujuannya. Hal ini, bisa membuat kamu mengeluh karena tabungan kamu selalu terpakai dan akhirnya tabungan kamu tidak pernah bertambah setiap tahunnya.

4.       Jangan lupa berinvestasi, baik keuangan kamu dan diri kamu sendiri. Selalu berinvestasi pada instrument investasi yang sudah kamu kenal terlebih dahulu ya.

Jadi, melek keuangan itu harus sudah kita lakukan sedari dini, supaya kamu bisa terhindar dari permasalahan keuangan di kemudian hari. Jangan lupa, kamu bisa loh bertanya soal investasi langsung ke Rachel !

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya