Logo Ruang Menyal
Bg Block

Sebelum berutang, tentukan jenis utang yang sesuai dengan kebutuhan kamu

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 12 Februari 2024 | 332 dilihat

Article Detail

 

Utang merupakan salah satu instrument dalam keuangan yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Banyak juga masyarakat Indonesia yang menggunakan utang untuk mempermudah pengeluaran sherai-harinya. Utang ini merupakan bentuk pinjaman kepada individu atau Lembaga. Intinya, utang ini memberikan uang sebesar jumlah yang diinginkan, meskipun kita belum punya uang dalam julah tersebut, tetapi sebagai gantinya, kita harus membayarkan Kembali uang yang sudah diberikan tersebut dengan bunga yang sudah ditentukan. Sebelum kamu berutang, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai jenis-jenis utang. Yuk kita simak apa saja jenis utang tersebut.

Utang jangka pendek

 

Utang jangka pendek adalah jenis pinjaman dengan jangka waktu pelunasan yang lebih singkat. Biasanya, jatuh tempo utang tersebut maksimum 1 tahun. Utang jangka pendek ini lebih dikenal dengan jenis utang lancar. Berikut adalah jenis-jenis utang jangka pendek :

·         Account payable atau utang dagang merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan perusahaan pada supplier atas pembelian barang/jasa.

·         Utang wesel merupakan perjanjian tertulis sejumlah uang atas pembiayaan, pembelian atau transaksi lain pada tanggal yang telah disepakati di masa mendatang

·         Utang jangka Panjang yang segera jatuh tempo dimana setengah atau semua utang jangka Panjang yang telah menjadi utang jangka pendek sebab harus segera dibayarkan.

·         Deferred revenue atau pendapatan yang diterima di awal merupakan penerimaan uang atas penjualan barang/jasa yang belum terlaksana

·         Biaya yang harus dibayar adalah biaya yang telah terjadi dan harus dibayarkan.

Utang Jangka Menengah

 

Jenis utang ini merupakan sebutan untuk pelunasan utang dalam jangka waktu yang tidak terlalu singkat dan tidak terlalu lama. Jatuh tempo dari utang ini biasanya antara 5 hingga 10 tahun, maka dari itu disebut sebagai utang jangka menengah.

Utang Jangka Panjang

 

Dari Namanya, utang ini tentu memiliki masa pinjaman yang cukup lama, biasanya bisa lebih dari 10 tahun. Beirkut adalah jenis-jenis utang jangka Panjang :

·         Utang obligasi merupakan instrument keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan dan dijual ke penanam modal. Perusahaan kemudian akan menerbitkan surat berharga yang berisi perjanjian jumlah pembayaran pada periode tertentu.

·         Saham merupakan bukti kepemilikan sebuah perusahaan dan para pemegang saham akan mendapat capital gain dan dividen.

·         Hipotek merupakan instrument utang dengan pemberian tanggungan terhadap property dan pinjaman kepada kreditur sebagai jaminan atas kewajiban.

·         Utang dari Lembaga keuangan, untuk mendapatkan pinjaman dari Lembaga keuangan dibutuhkan jaminan dan bisa dibayar secara amortisasai atau dicicil.

·         Saham preferen merupakan jenis saham dengan karakteristik obligasi, besar perolehan dividen tetap dan biasanya sejumlah persentase tertentu dari nominal saham preferen pada setia periode.

·         Modal ventura merupakan bentuk penyertaan modal perusahaan pada perusahaan lain yang memerlukan modal dalam jangka waktu tertentu.

 

Gimana, sob ? Udah semakin terbuka kan apa saja jenis utang itu, jangan sampai kamu tidak tahu utang kamu termasuk jenis yang mana. Supaya kamu makin melek keuangan, yuk ikuti kelas-kelas di Ruang meNYALA !

 

Ternyata berinvestasi ini perlu yang Namanya perencanaan yang matang dan juga pengetahuan mengenai investasi tersebut. Jika kamu berinvetasi hanya karena kamu iseng saja, bisa saja investasi kamu menjadi tidak maksimal. Maksimalkanlah investasi dan aset-aset yang kamu miliki dengan mengikuti kelas dari Ruang meNYALA ya !

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya