Logo Ruang Menyal
Bg Block

REKSA DANA PASAR UANG, INVESTASI PRIMADONA BAGI PEMULA

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 21 November 2023 | 414 dilihat

Article Detail

REKSA DANA PASAR UANG, INVESTASI PRIMADONA BAGI PEMULA

Kamu yang baru memulai investasi dan memiliki gelar menjadi seorang investor pemula, pasti masih sering bingung untuk memulai investasi kemana dan bagaimana cara investasinya. Pastinya, kamu ingin investasi yang minim resiko.Meskipun, kamu masih pemula dalam investasi, kamu juga jangan setengah-setengah untuk belajar lebih dalam lagi tentang investasi. Karena, dengan belajar mengenai investasi akan membuat kamu semakin kaya pengetahuan tentang investasi dari yang resikonya kecil, sampai yang resikonya besar. 

Jika kamu sudah belajar lebih dalam tentang investasi, kamu juga  harus mencari tahu profil risiko yang bisa kamu toleransi atau terima saat kamu jadi investor pemula. Jangan sampai ketika kamu masih pemula, kamu sudah berani untuk masuk ke ranah investasi yang resikonya sangat besar. Setelah itu, kamu juga sudah bisa membuat rencana ke depan untuk investasi kamu, sehingga investasi yang akan kamu lakukan akan terarah dengan baik.

Walaupun kamu sudah belajar tentang investasi, sebagai investor pemula, kamu pasti ingin memulai investasi dengan resiko yang terbilang rendah. Jika kamu ingin investasi yang menguntungkan dan resikonya rendah, ada salah satu instrumen investasi di pasar modal yang menjadi primadona bagi investor pemula, yaitu reksadana pasar uang. Lalu apa sih reksadana pasar uang itu. 

Menurut BEI (Bursa Efek Indonesia), reksadana pasar uang adalah jenis reksadana yang instrumen investasinya diajukan pada efek yang bersifat pasar uang dan juga utang dengan jatuh tempo kurang dari satu tahun. Umumnya reksadana pasar uang memberikan potensi pengembalian investasi yang lebih tinggi dari deposito dan tabungan.

Dari sisi resiko, reksadana pasar uang tergolong yang paling rendah, dibandingkan dengan reksadana lainnya. Karena resiko yang tergolong sangat rendah, reksadana pasar uang cocok banget buat kamu yang pengen mencicipi gimana rasanya investasi dan yang ingin merasakan mendapatkan keuntungan dari investasi. 

Reksadana pasar uang juga cocok banget buat kamu yang memiliki profil risiko konservatif yang menghindari resiko atau yang memiliki tujuan investasi jangka pendek. 

Nah, biar kamu makin tau apa aja sih keuntungan dari sang primadona investor pemula ini, berikut adalah keuntungan yang kamu dapat jika berinvestasi di reksadana.

 

1. Keuntungan yang stabil

Kamu akan mendapatkan keuntungan yang cenderung stabil jika kamu berinvestasi di reksadana pasar uang. Reksadana pasar uang cocok banget buat kamu yang ingin mempersiapkan dana untuk masa depan karena memiliki sifat yang tidak fluktuatif dan tidak terguncang oleh ekonomi global. Oleh karena itu, reksadana pasar uang sangat cocok untuk investor pemula.

Baca juga : Reksadana pasar uang adalah jenis investasi modal kecil atau minim dan juga memiliki risiko rendah. Simak rekomendasi reksadana pasar uang terbaik di sini!

2. Suku Bunga Lebih Tinggi

Dibandingkan dengan deposito, suku bunga reksadana pasar uang cenderung lebih tinggi. Hal itu dikarenakan, keuntungan yang didapatkan dari reksadana pasar uang, didapatkan dari kenaikan nilai dari aset-aset didalamnya. Semakin tinggi nilai asetnya semakin tinggi juga keuntungan didapatkan. Berbeda dari deposito yang keuntungannya sudah ditetapkan dari awal, jadi tidak ada kenaikan keuntungan.

Baca juga : Tak perlu ribet, cara investasi reksadana yang mudah dan menguntungkan berikut bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula. Cek langkah-langkahnya! 

3. Dana yang Mudah Dicairkan

Jika kamu menyimpan uang kamu di deposito, kamu harus menunggu jatuh tempo dulu baru uang kamu akan dicairkan supaya kamu tidak dapat pinalti.

Tapi tenang saja, sistem tersebut tidak berlaku di reksadana pasar uang, karena kamu bisa mengambil uang kamu kapan saja tanpa terkena pinalti. 

Sebagai contoh kamu menargetkan akan mengambil uang yang kamu investasikan di reksadana selama tiga tahun. Kemudian pada tahun kedua kamu investasi, kamu membutuhkan dana tersebut untuk keperluan yang mendadak. 

Di saat itu juga kamu bisa langsung mencairkan dana tanpa harus menunggu tenor.  Dengan begitu, kamu juga bisa banget manfaatin investasi reksadana ini untuk dana darurat dan tentunya dengan return yang lebih besar.

Baca juga :  Yuk mengenal investasi deposito dan reksa dana

 

4. Bisa mulai hanya dengan Rp.100.000

Kamu bisa banget mulai investasi di reksadana pasar uang hanya dengan Rp. 20.000 lho! Tidak seperti deposito yang memiliki kelas suku bunga yang tergantung dari besaran uang penempatan di awal. Kalau di reksadana pasar uang, kamu akan mendapatkan suku bunga yang sama berapapun jumlah uang yang kamu investasikan.

 

5. Minim Resiko

Dengan memilih reksadana pasar uang untuk investasi, kamu akan terhindari dari besarnya beban resiko yang dimiliki oleh produk investasi lain. Reksadana pasar uang memiliki jumlah resiko yang cenderung kecil, malahan nyaris tidak ada resikonya. Makanya reksadana pasar uang menjadi primadona untuk para investor pemula yang tidak ingin terkena resiko saat mulai investasi.

Nah, itu dia beberapa pengertian dan keuntungan yang akan kamu dapatkan kalau kamu mau mulai investasi di reksadana pasar uang. Kamu juga mempunyai banyak pilihan reksadana pasar uang yang dapat kamu gunakan, di platform-platform penyedia reksadana.

Jika kamu masih bingung bagaimana caranya mengatur keuangan kamu, kamu jangan ragu untuk bertanya ke ahlinya dan juga mengikuti kelas-kelas keuangan yang seru dari ruang meNYALA. Catat tanggal mainnya ya, setiap hari Selasa dan Kamis malam. Kamu bisa daftar kelas disini Ruang meNYALA


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya