Logo Ruang Menyal
Bg Block

Paklaring: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 29 April 2024 | 96651 dilihat

Article Detail

Paklaring adalah dokumen penting yang berisi pengalaman kerja selama berada di suatu instansi. Surat paklaring sering disamakan dengan surat keterangan kerja, padahal keduanya memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda.

Untuk mengetahui informasi tentang paklaring, simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Surat Paklaring?

Arti paklaring adalah surat yang menyatakan informasi bahwa kamu pernah menjadi karyawan dan bekerja di sebuah instansi. Surat ini diberikan kepada karyawan yang mengundurkan diri, mengalami pemutusan hubungan kerja, atau pensiun. 

Surat paklaring diterbitkan oleh HRD dengan sepengetahuan HRD yang membuat dan pihak atasan. Informasi yang ada pada surat paklaring adalah posisi karyawan dan periode mereka bekerja. 

Surat paklaring adalah surat yang penting untuk dimiliki karena menjadi salah satu bukti resmi bahwa kamu sebelumnya pernah bekerja di suatu instansi. Surat paklaring ini akan berguna jika kamu ingin melamar pekerjaan, mengajukan beasiswa, dan mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan non-bank. 

Perbedaan Paklaring dan Surat Keterangan Kerja

Meskipun sama-sama menunjukkan informasi posisi dan periode bekerja seorang karyawan, surat paklaring dan surat keterangan kerja memiliki tujuan yang berbeda. 

Tujuan pembuatan surat keterangan kerja adalah untuk menyatakan bahwa seorang karyawan masih aktif bekerja dan resmi menjadi karyawan yang terdaftar di suatu perusahaan. 

Di sisi lain, tujuan surat paklaring adalah untuk menyatakan bahwa seseorang pernah menjadi karyawan dan bekerja di suatu pekerjaan. 

Fungsi Paklaring

Paklaring memiliki beberapa fungsi yang meliputi fungsi-fungsi administratif. Adapun fungsi paklaring adalah sebagai berikut:

1. Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Fungsi paklaring yang pertama adalah untuk mengurus pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) pada BPJS Ketenagakerjaan. JHT adalah dana tabungan hari tua yang kamu kumpulkan selama bekerja.

JHT dapat diambil ketika kamu sudah pensiun dari pekerjaanmu. Untuk mencairkannya, kamu perlu harus menunjukkan salinan surat paklaring yang sudah dilegalisir sekaligus surat aslinya. 

2. Melamar Kerja di Instansi Lain

Membawa surat paklaring adalah salah satu syarat melamar kerja di instansi lain, terutama jika kamu melamar ke posisi yang memiliki tanggung jawab besar. Fungsi membawa surat paklaring adalah untuk menunjukkan bahwa kamu memiliki pengalaman kerja yang sesuai dengan posisi yang dilamar. 

3. Melamar Beasiswa

Beberapa beasiswa mengharuskan pelamarnya untuk menyertakan surat paklaring pada persyaratan berkas. Fungsi paklaring adalah untuk menyatakan bahwa pelamar memiliki pengalaman kerja yang sesuai serta bisa berkontribusi pada studinya. 

4. Mengajukan Kartu Kredit

Fungsi paklaring selanjutnya adalah sebagai dokumen pendukung pengajuan kartu kredit untuk melihat status kerja dan pendapatan calon pemegang kartu kredit serta memastikan ia bisa membayar tagihan. 

5. Mengajukan Pinjaman

Selain pengajuan kartu kredit, paklaring juga dibutuhkan untuk pengajuan pinjaman di lembaga keuangan. Fungsinya sama dengan pengajuan kartu kredit yaitu pihak lembaga ingin memastikan pendapatan calon peminjam dan kesanggupannya membayar cicilan secara tepat waktu. 

Baca juga: 10+ Tips Hidup dari Tabungan untuk Masa Depan Lebih Baik

Syarat Mendapatkan Surat Paklaring

Tidak semua karyawan bisa mendapatkan surat paklaring. Karyawan tersebut harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Telah Bekerja Minimal Selama 1 Tahun

Tujuan dari syarat ini adalah untuk memberikan gambaran yang jelas tentang pengalaman dan kemampuan karyawan pada posisi yang dikerjakannya. Tidak hanya itu, jangka waktu tersebut juga dapat memperlihatkan kualitas kerja seorang karyawan. 

2. Mengundurkan Diri Secara Baik

Syarat memperoleh paklaring adalah mengundurkan diri secara baik dan profesional karena surat paklaring juga digunakan sebagai surat rekomendasi dari perusahaan sebelumnya. 

Seorang karyawan harus mengikuti prosedur pengunduran diri dari perusahaan dengan baik, melaksanakan tanggung jawab dengan baik sebelum mengundurkan diri, dan menjaga relasi baik dengan rekan kerja dan atasan. 

3. Telah Memenuhi Tanggung Jawab Sebelum Mengundurkan Diri

Selain mengundurkan diri secara baik, seorang karyawan harus memenuhi kewajiban yang ia punya sebelum meminta surat paklaring pada instansi. Kewajiban-kewajiban itu di antaranya menuntaskan pekerjaan yang diberikan, menyerahkan dokumen yang diminta, dan lain sebagainya. 

Cara Membuat Paklaring

Surat paklaring diterbitkan oleh pihak HRD dari suatu perusahaan. Adapun hal-hal yang harus ada dalam surat paklaring adalah sebagai berikut:

  • Kop surat perusahaan untuk menunjukkan keresmian surat.
  • Nama dan alamat perusahaan. 
  • Nama surat yang dicantumkan di tengah atas surat.
  • Nomor surat untuk pengarsipan.
  • Isi surat yang terdiri dari pernyataan resmi bahwa karyawan pernah bekerja di instansi tersebut, identitas karyawan tersebut, posisi, dan periode bekerja. 
  • Penutup yang berisi tujuan surat paklaring dibuat.

Contoh Paklaring

Surat paklaring dapat dibuat dalam bahasa Indonesia baku sesuai dengan struktur dan komponen yang telah disebutkan di atas. Berikut adalah contoh surat paklaring:

Demikian informasi tentang surat paklaring yang harus kamu ketahui. Selain menyiapkan surat paklaring untuk pensiun atau resign, kamu juga perlu untuk menyiapkan keuangan sebelum berhenti bekerja. 

Pastikan keuanganmu sehat dan bisa menghidupi masa pensiun atau job seeking-mu. Untuk mengetahui kesehatan finansial, kamu bisa memanfaatkan Finansial Fitness Check Up dari ruang meNYALA!

Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi keuangan secara 1-on-1 dengan Nyala Trainer secara gratis agar kamu bisa menentukan strategi mengelola uang yang baik.

Tunggu apalagi? Ayo siapkan keuangan dan jadi #FinanciallyFit bersama Ruang meNYALA!

Baca juga: Strategi Investasi Saat Suku Bunga Naik, Simak Peluangnya!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya