Logo Ruang Menyal
Bg Block

Menjadi Freelancer, Ketahui Cara Kelola Keuangan Supaya Kamu Bisa Mendapatkan Keamanan Dalam Keuangan

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 27 Agustus 2021 | 528 dilihat

Article Detail

Menjadi seorang freelancer tentu memiliki banyak plus minusnya, sama seperti koin yang memiliki dua sisi. Sisi baiknya, kamu bisa memiliki pekerjaan yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan, bisa dibilang sesuai dengan passion kamu saat ini. Tetapi, tentu saja menjadi freelancer memiliki kekurangan dalam keuangannya yang bisa dibilang tidak stabil. Masalah keuangan ini yang membuat para freelancer kebingungan dalam mengelola keuangannya. Sering mengeluh pendapatan tidak pernuh cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari bahkan ada yang tidak bisa menabung dan merencanakan masa depan karena menjadi seorang freelancer. Supaya kamu bisa dengan mudah mengatur keuangan dan mencapai rencana keuangan kamu, kamu bisa mengikuti tips-tips berikut.

Tips Pertama, Punya Target Pendapatan Per Bulan

Saat kamu menjadi freelancer, apakah kamu sudah membuat target pendapatan kamu per bulan ? Jika belum, maka kamu coba rencanakan pendapatan per bulan kamu dengan cara menulis semua pengeluaran bulanan kamu. Setelah kamu memiliki target pengeluaran bulanan, akan memudahkan kamu untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan pengeluaran bulanan kamu. Sehingga, kamu akan terpacu untuk mencari pekerjaan dengan jumlah yang sama dengan pengeluaran kamu dan bahkan kamu bisa mulai lebih terpacu untuk menambah pundi-pundi pendapatan.

 

 

Tips Kedua, Jika Mendapat Uang Dalam Jumlah Besar Jangan Langsung Membelanjakannya

Ketika kamu mendapatkan pendapatan yang lebih besar dari bulan-bulan sebelumnya, bukan berarti uang tersebut bisa kamu belanjakan kapanpun. Tetapi, uang tersebut harus kamu pastikan tidak terpakai untuk hal yang hanya sekedar “keinginan” saja. Saat mendapatkan pendapatan besar, maka kamu bisa memastikan bahwa cash flow kamu aman. Artinya, pengeluaran kebutuhan kamu sudah tercover semuanya. Setelah itu, kamu lihat Kembali dalam perencanaan keuangan kamu, apakah dana darurat sudah terselesaikan atau belum. Jika belum, maka kamu harus mulai menambah dana darurat. Jika cashflow sudah aman, dana darurat sudah tercapai, maka kamu boleh banget untuk berinvestasi. Jadi ingat, jangan merasa uang tersebut adalah uang kaget ya.

Tips Ketiga, Mulai Membiasakan Diri Untuk Berinvestasi

 

Tips ketiga ini sangat penting buat kamu untuk mulai berinvestasi. Pilihan investasi pun beragam, kamu bisa memilih investasi yang capital gain atau yang bisa memberikan keuntungan per bulan. Investasi yang memberikan capital gain adalah investasi yang bisa memberikan keuntungan ketika kamu menjual semua investasi kamu. Sebaiknya bagi para freelancer, kamu harus mulai berinvestasi yang bisa memberikan keuntungan per bulan dan juga memberikan regular passive income. Meskipun jumlahnya masih kecil, tetapi kamu bisa mendapatkan pendapatan meskipun kamu tidak bekerja. Investasi yang bisa memberikan passive income adalah obligasi, P2P Lending dan melalui dividen saham.

Untuk Obligasi, kamu bisa loh berinvestasi langsung melalui ONE Mobile dan berinvestasi obligasi dengan minimal berinvestasi sebesar Rp 1.000.000. Kamu bisa mendapatkan ONE Mobile melalui App Store maupun Play Store.

 

 

 

Jika kamu masih bingung bagaimana caranya mengatur keuangan dan ingin tahu dimana posisi keuangan kamu saat ini, kamu bisa melakukan FREE Financial Check Up disini https://www.ruangmenyala.com/quizzes/fitcheckup . Kamu jangan ragu untuk bertanya ke ahlinya dan juga mengikuti kelas-kelas keuangan yang seru dari ruang meNYALA. Catat tanggal mainnya ya, setiap hari Selasa dan Kamis malam !

 

 

undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya