Logo Ruang Menyal
Bg Block

Manfaat Jasa Konsultan Keuangan, Ini 5 Tanda Jika Kamu Butuh!

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 06 Juni 2023 | 1366 dilihat

Article Detail

Siapa bilang kamu tidak membutuhkan jasa konsultan keuangan? Pada dasarnya, ada banyak manfaat menggunakan jasa konsultan keuangan, lho.

Apalagi, kalau kamu belum memiliki perencanaan keuangan dan sama sekali tidak memiliki tabungan, duh, sudah waktunya untuk konsultasikan masalah finansialmu!

Tanpa berlama-lama, yuk cari tahu manfaat menggunakan jasa konsultan keuangan beserta tanda-tanda apakah kamu membutuhkannya di artikel ini!

5 Tanda Kamu Butuh Jasa Konsultan Keuangan

Sebelum membahas tentang manfaat menggunakan jasa konsultan keuangan, mari cari tahu dulu apa saja tanda bahwa kamu membutuhkannya berikut ini!

1. Terus Gali Lubang Tutup Lubang

Tahukah kamu peribahasa gali lubang tutup lubang? Yup, peribahasa ini berarti kamu mencari utang baru buat membayar utang yang lama.

Misalnya begini, kamu punya tagihan kartu kredit di bulan sebelumnya yang belum dibayar. Saat gajian, seluruh uangmu dibayar untuk utang tersebut.

Lalu, bagaimana dengan uang untuk makan sehari-hari? Nah, untuk memenuhinya, kamu pun berutang lagi dengan kartu kredit.

Jika relate dengan keadaan di atas, itu artinya kamu butuh menggunakan jasa konsultan keuangan!

2. Gaji Sebesar Apapun Selalu Terasa Kurang

Apakah kamu selalu merasa kurang dengan gaji yang didapatkan per bulannya? Walaupun kemudian kamu mengalami kenaikan gaji, tetap saja nominal tersebut terasa belum cukup.

Nah, itu berarti, ada yang salah dengan caramu mengelola keuangan. Oleh karena itu, menggunakan jasa konsultan keuangan pribadi mungkin bisa jadi solusi untukmu!

3. Cicilan Selalu Telat Dibayar

Apakah kamu punya cicilan, entah itu KPR, kredit mobil, atau hal lain, yang sering telat dibayar? Wah, ini tandanya kamu tidak disiplin dalam mengelola keuanganmu.

Idealnya, cicilan haruslah dibayar tepat pada waktunya. Sebab kalau tidak, bisa-bisa kamu malah terkena denda atau penalti.

Jadi, kalau mengalami hal tersebut, pertimbangkan untuk menggunakan jasa konsultan keuangan pribadi, ya.

Baca juga: 8 Tips Menabung Mudah dan Cepat, Makin Cuan di Masa Depan 

4. Tak Mempersiapkan Dana Pensiun

Dana pensiun adalah sejumlah uang yang disiapkan untuk menghadapi masa tua. Jadi, jika sudah tidak berada di usia produktif untuk bekerja lagi, kamu bisa memanfaatkan uang ini.

Nah, jika kamu sama sekali belum mempersiapkan atau bahkan tidak berpikir untuk mempunyai dana pensiun, sudah waktunya menggunakan jasa konsultan keuangan pribadi.

5. Tak Punya Perencanaan Investasi

Selain dari gaji bulanan, penting juga buat mempunyai passive income tambahan, salah satunya dari investasi.

Berbeda dengan tabungan, investasi membuat uangmu tidak hanya diam di rekening bank, tetapi akan mengalami kenaikan tiap harinya.

Biasanya, investasi dilakukan untuk memenuhi suatu kebutuhan di masa depan, seperti mempersiapkan biaya kuliah anak, membeli rumah, dan lain sebagainya.

Jadi, jika kamu belum memiliki rencana investasi, cobalah gunakan jasa konsultan keuangan pribadi untuk merencanakan masa depan finansialmu, ya.

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan Keuangan

Adapun beberapa manfaat menggunakan jasa konsultan keuangan di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Memahami Kebutuhan dan Memberikan Solusi

Manfaat menggunakan jasa konsultan keuangan yang pertama adalah membantumu memahami kebutuhanmu dan memberikan jalan keluarnya.

Biasanya, jasa konsultan keuangan perusahaan maupun pribadi akan bertanya tentang bagaimana kondisi finansialmu terlebih dahulu dan apa tujuanmu ke depannya.

Kemudian, mereka akan memberikan solusi mengenai langkah-langkah apa yang bisa kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut berdasarkan kondisi finansialmu.

2. Membantu Manajemen Perilaku

Manfaat menggunakan jasa konsultan keuangan selanjutnya adalah membantu kamu memanajemen perilakumu terhadap uang.

Sebab, perilaku seseorang terhadap uang akan sangat menentukan kondisi finansial kedepannya.

Jadi misalnya, kalau kamu suka menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak penting, lama-lama kondisi finansialmu akan semakin tercekik.

Jadi, di sinilah peran pentingnya konsultan keuangan, yaitu membantumu untuk menghilangkan kebiasaan dan perilaku burukmu terhadap uang.

Baca juga: Apa itu Financial Freedom? Berikut Arti dan Tips Mencapainya 

3. Memantau Perkembangan Finansial

Tak hanya berhenti pada memberikan solusi, manfaat menggunakan jasa konsultan keuangan selanjutnya adalah ikut memantau perkembangan finansialmu.

Jadi, mereka akan melihat apakah kamu benar-benar menjalankan anjuran yang diberikan, atau apa solusi tersebut sungguh works untukmu.

Biasanya, konsultan finansial akan mengontrol perkembangan kliennya selama beberapa waktu sesuai dengan kesepakatan.

Rekomendasi Konsultan Keuangan Terbaik di Indonesia

Pada dasarnya, konsultan keuangan yang baik harus memiliki sertifikasi dari lembaga terpercaya.

Selain itu, mereka juga harus mampu memberikan solusi dan rekomendasi atas permasalahan serta kebutuhan kliennya.

Kalau kamu memiliki permasalahan keuangan dan bingung mau curhat kemana, tenang saja! Sebab, Ruang Menyala punya solusinya. 

Melalui One-on-One Consultation, kamu bisa curhat soal keuangan kamu dengan Nyala Trainer yang sudah tersertifikasi untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Eits, siapa bilang tarif jasa konsultan keuangan di Nyala membutuhkan biaya yang besar? Jangan khawatir, di Ruang meNYALA, kamu bisa menggunakan jasa konsultan finansial secara gratis!

Selain itu, manfaat menggunakan jasa konsultan keuangan di Ruang meNYALA yang lain adalah kamu bisa berkonsultasi secara online dan one-on-one.

Jadi, konsultasi pun dapat dilakukan secara lebih leluasa dan tentunya fleksibel, bisa dilakukan di mana pun.

Namun, sebelum mengkonsultasikan keuanganmu, kamu perlu memeriksakan kondisi finansialmu dulu lewat Financial Fitness Check Up dan isi beberapa pertanyaannya.

Kemudian, kamu bisa langsung, deh, mendaftarkan diri untuk melakukan konsultasi di One-on-One Consultation with Nyala Financial Fitness Trainer.

Untuk selengkapnya mengenai syarat dan ketentuan, hingga cara daftar konsultasi Ruang meNYALA, kamu bisa simak artikel berjudulKonsultasi Keuangan Ruang meNYALA, Begini Cara Daftarnya!”.

Itu dia manfaat menggunakan jasa konsultan keuangan serta tanda-tanda bahwa kamu membutuhkannya.

Agar tidak salah langkah dalam merencanakan finansial, kamu perlu memastikan bahwa jasa konsultan keuangan yang digunakan memiliki kredibilitas tinggi.

Nah, salah satu jasa konsultan keuangan terbaik di Indonesia adalah Ruang meNYALA. Di Nyala, akan ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan saat berkonsultasi.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, rencanakan masa depan finansialmu bersama Ruang meNYALA sekarang juga!

Baca juga: Ini 7 Resolusi Keuangan 2023 untuk Raih Finansial Sehat!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya