06 September 2022

5.KEUANGAN KELUARGA

Mana yang Lebih Baik, Bekerja Demi Passion atau Uang?

Setelah lulus kuliah, biasanya menentukan karir berdasarkan passion atau uang menjadi sesuatu yang sangat membingungkan.

Apalagi, ini adalah keputusan yang berkaitan dengan masa depan.

Kamu mungkin ingin mencoba berkarir jadi freelancer, namun di satu sisi, orang tua justru memintamu untuk bekerja kantoran.

Tenang, kalau kamu sedang berada di posisi ini, kita akan membahas tentang pertimbangan apa saja yang perlu dipikirkan untuk menentukan pilihan antara passion atau uang. 

Selengkapnya, simak uraian di bawah ini ya!

Apa itu Passion?

Sebelum membahas tentang pertimbangan memilih pekerjaan karena passion atau uang, mungkin kita perlu mengetahui arti kata ini terlebih dahulu.

Apa itu passion? Passion adalah sebuah gairah dalam melakukan sesuatu yang disukai atau dianggap penting. 

Menurut Professor J Vallerand, passion dapat dibagi menjadi dua, yaitu Passion Obsesi dan Harmoni. 

Kedua jenis passion tersebut memiliki efek berbeda yang dapat berdampak pada individu bersangkutan. 

Passion Harmoni merupakan dorongan untuk melakukan sesuatu murni karena kamu memang menyukainya. 

Contohnya seperti keinginanmu untuk bekerja sebagai content creator karena kamu memang menyukai dunia make up.

Kemudian tipe yang kedua adalah Passion Obsesi. Berbeda dengan tipe sebelumnya, Passion Obsesi merupakan dorongan melakukan sesuatu karena faktor eksternal. Misalnya karena gaji untuk bisa bertahan hidup.

Jadi dalam kata lain, Passion Obsesi membuatmu terpaksa untuk menjalani aktivitas meskipun tidak sesuai dengan keinginan dan pribadimu. 

Alhasil, kamu akan cenderung tertekan dan kurang bisa menghasilkan hasil pekerjaan yang memuaskan.

Di bawah ini adalah pembahasan tentang cara menentukan pekerjaan karena passion atau uang berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. 

Lebih jelasnya, simak pembahasannya di bawah ini.

Baca juga: Kenali Passion dalam Bekerja, Ini Pentingnya Bagi Karier!

Pertimbangan dalam Menentukan Pekerjaan untuk Uang

Sebagian orang berpikiran bahwa pilihan kerja untuk uang adalah hal yang lebih utama dibandingkan passion. Pasalnya, uang merupakan aspek yang cukup vital dalam kehidupan.

Ada beberapa pertimbangan memilih pekerjaan karena uang yang perlu kamu ketahui, baik dari sisi kelebihan maupun kekurangannya.

Kelebihan Melakukan Pekerjaan Karena Uang

Manakah yang lebih penting, passion atau uang? Kalau kamu memilih untuk kerja karena uang, salah satu kelebihan yang akan diperoleh tentunya adalah kemungkinan untuk mendapatkan pendapatan lebih besar. 

Dengan adanya pendapatan yang besar, biasanya kamu akan terdorong untuk berusaha lebih keras demi mempertahankan pekerjaanmu. 

Ditambah lagi jika terdapat kebutuhan tambahan atau mendadak seperti pengobatan dan lainnya. 

Pasti jika kamu memiliki tabungan yang cukup, perasaan aman akan muncul dan hati pun terasa lebih tenteram.

Kekurangan Melakukan Pekerjaan Karena Uang

Kekurangan memilih pekerjaan karena uang adalah bisa saja kamu merasa hidup hanya demi uang. Padahal seharusnya, hidupmu tidak hanya berporos pada uang saja. Alhasil, efek yang kamu rasakan adalah merasa tertekan karena tidak ada rasa passionate di dalamnya.

Baca juga: 8 Jenis Passion yang Menghasilkan Uang dan Cara Melakukannya

Pertimbangan dalam Menentukan Pekerjaan Berdasarkan Passion

Kebimbangan selanjutnya adalah untuk menentukan pekerjaan berdasarkan passion. Hampir semua orang pasti memiliki cita-cita tertentu. 

Awalnya, mungkin cita-citamu adalah menjadi seorang seniman, atau mungkin berkarir sebagai seorang guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. 

Namun, seiring berjalannya waktu, kamu kembali berpikir apakah bisa benar-benar hidup dari sesuatu yang disukai. Nah, kalau kamu ingin menentukan pekerjaan berdasarkan passion, beberapa hal ini bisa jadi pertimbangan. 

Kelebihan Melakukan Pekerjaan Karena Passion

Apa yang akan terjadi jika kamu memilih pekerjaan karena passion? Sisi baik dari hal ini adalah rasa puas karena bisa melakukan hal yang disukai. Oleh karena itu, biasanya hasil dari pekerjaan yang dikerjakan pun juga bisa lebih optimal. 

Selain itu, di tempat kerja mungkin kamu juga akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan serupa. Di sinilah tanpa kamu sadari, fisik dan mentalmu juga bisa jauh lebih sehat karena bahagia.

Kekurangan Melakukan Pekerjaan Karena Passion

Memilih pekerjaan sesuai dengan sesuatu yang disukai memang menyenangkan, namun terkadang tidak semua passion memiliki prospek kerja menjanjikan. Terkadang, demi mewujudkan passion, kamu harus berusaha lebih keras dibandingkan orang lain.

Ditambah lagi jika banyak orang-orang terdekat yang memang tidak menyetujui jalanmu untuk berkarir di bidang selaras dengan passion.

Itulah beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum memilih pekerjaan berdasarkan passion atau uang.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa memang terdapat kelemahan dan kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika memilih pekerjaan berdasarkan passion atau uang. 

Meskipun begitu, seiring semakin banyaknya pekerjaan baru, di zaman sekarang bukan sesuatu yang mustahil untuk mendapatkan dua hal tersebut di waktu yang bersamaan. 

Nah, kalau kamu ingin memperdalam pembahasan dan diskusi soal uang atau passion, yuk ikutan Financial Fitness Class di Ruang meNYALA “Passion, Money, or Both?” bersama Mnyo (Beauty Content Creator) pad hari Kamis, 15 September 2022 pukul 19.00 - 20.00 WIB secara online melalui Zoom. Tunggu apa lagi? Yuk daftar sekarang!

Baca juga: 10 Cara Sukses di Usia Muda, Ini Dia Tips Mudahnya

0 comments

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!