Logo Ruang Menyal
Bg Block

Lebih Baik Dahulukan Dana Darurat atau Investasi Ketika Mendapatkan Bantuan Subsidi Upah ?

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 27 Agustus 2021 | 291 dilihat

Article Detail

Mendapatkan uang di luar gaji pokok, memang menjadi godaan bagi kebanyakan orang. Merasa uang tersebut seperti uang kaget, membuat banyak sekali yang tergoda untuk langsung menggunakannya saat itu juga. Padahal, uang bonusan tersebut sebenarnya tidak diperuntukkan untuk keinginan semata, kita harus mulai urutkan Kembali prioritas keuangan kita sepeti apa, sebelum memutusakn untuk membeli barang, entah kebutuhan ataupun keinginana. Terlebih lagi di kala pandemi ini, banyak juga orang yang menggunakan bonusnya untuk berinvestasi pada instrument investasi yang mereka sendiri saja tidak tahu, maka dari itu ketika pasar Kembali goyah, mereka yang investasi karena “trend” ini, tentunya kalang kabut ketika pasar Kembali goyah. Jadi, sebaiknya ketika mendapatkan bonus, apa yang harus kamu lakukan ?

 

1.    Pastikan Cash Flow Kamu Aman

 

Ketika kamu mendapatkan pendapatan di luar gaji pokok, bukan berarti kamu harus membelanjakan bonus kamu untuk barang yang kamu inginkan. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah pastikan bahwa cash flow kamu aman terlebih dahulu. Kalau memang masih ada pengeluaran yag tida tercover oleh pendapatan bulan ini, maka kamu sah-sah saja untuk menggunakan bonus kamu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu.

 

2.    Lihat Kembali Keuangan Kamu

 

Ketika pengeluaran kebutuhan kamu sudah terpenuhi, kamu bisa melihat Kembali ke keuangan kamu. Sebenarnya apa yang harus kamu prioritaskan terlebih dahulu, jangan sampai kamu mengambil keputusan berdasarkan “trend” saja, tetapi harus melihat keuangan kamu seperti apa. Cara melihat keuangan kamu, kamu bisa lihat Langkah selanjutnya.

3.    Prioritaskan Dari Financial Basic dan Financial Safety Kamu

 

Jika kamu masih bingung sebenarnya kamu harus memulai dari mana, kamu bisa melihat piramida keuangan dari komunitas meNYALA by OCBC NISP di bawah ini.

 

 

 

 

 

Dari piramida ini, kamu harus berangkat terlebih dahulu dari financial basic sebagai fondasi keuangan kamu. Jika kamu sudah mampu mengelola cash flow kamu dengan baik dan bisa mengelola utang, maka kamu bisa langsung ke financial safety.

Di financial safety ini, kamu harus bisa menabung secara rutin, memiliki dana darurat serta asuransi. Jika memang kamu sudah memiliki ketiga hal ini, maka sah-sah saja kamu menggunakan bonus kamu untuk berinvestasi. Jika belum, maka lebih baik kamu mulai mengumpulkan dana darurat terlebih dahulu

Jika kamu masih bingung bagaimana caranya mengatur keuangan dan ingin tahu dimana posisi keuangan kamu saat ini, kamu bisa melakukan FREE Financial Check Up disini https://www.ruangmenyala.com/quizzes/fitcheckup . Kamu jangan ragu untuk bertanya ke ahlinya dan juga mengikuti kelas-kelas keuangan yang seru dari ruang meNYALA. Catat tanggal mainnya ya, setiap hari Selasa dan Kamis malam !

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya