Logo Ruang Menyal
Bg Block

Konsolidasi pada Perusahaan, Cek Contoh Laporan dan Artinya

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 29 Desember 2021 | 1233 dilihat

Article Detail

Apa itu konsolidasi? Konsolidasi adalah istilah yang cukup umum di perusahaan. Istilah ini memiliki konteks berbeda jika dilihat dari sisi keuangan dan di sisi manajemen perusahaan itu sendiri. Bagaimana maksudnya? Nah agar lebih jelas, yuk simak pengertian konsolidasi dan contohnya dari Ruang meNYALA berikut ini!

Apa itu konsolidasi?

Ketika kamu sudah berada di dunia kerja, kamu jadi lebih sering mendengar kata konsolidasi. Tetapi, kamu masih bingung apa itu konsolidasi? Supaya kamu nggak bingung lagi, kita akan membahas mengenai pengertian konsolidasi dan contohnya.

 

Secara bahasa, arti konsolidasi adalah penggabungan di dalam satu tubuh. Bila dijabarkan, konsolidasi adalah menyambungkan dan menggabungkan beberapa satuan untuk menjadi besar dan menghasilkan sebuah kesatuan.

 

Di bidang keuangan maupun bisnis, konsolidasi ini sering digunakan. Mari kita bahas terlebih dahulu mengenai konsolidasi yang biasa kamu temukan di bidang keuangan. Dalam bidang keuangan sendiri, konsolidasi adalah menggabungkan banyak akun atau bisnis yang akan disatukan menjadi informasi yang terpusat di satu titik.

 

Laporan keuangan konsolidasi adalah laporan berisi gambaran mengenai posisi keuangan perusahaan, baik induk maupun anak perusahaan, yang lebih komprehensif. Gambaran dari laporan keuangan konsolidasi ini tidak berdiri masing-masing antara induk perusahaan dan anak perusahaan, tetapi dijadikan satu laporan.

 

Sedangkan, jika kamu melihat dari sisi bisnis, konsolidasi adalah penggabungan antara dua atau lebih perusahaan yang bergabung untuk membuat satu perusahaan baru. Diharapkan dengan penggabungan ini, usaha tersebut bisa memberikan keuntungan yang lebih dibandingkan jika hanya berdiri sendiri.

Konsolidasi bisnis

Setelah kamu sudah mengetahui apa itu konsolidasi secara umum dan penggunaan konsolidasi di perusahaan, sekarang kamu akan memahami mengenai konsolidasi bisnis. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya dalam bidang bisnis, konsolidasi adalah penggabungan antara dua atau lebih perusahaan untuk menjadi satu perusahaan.

 

Langkah konsolidasi bisnis ini merupakan langkah yang dibuat untuk menguatkan bisnis. Dimana, langkah tersebut merupakan evaluasi, merumuskan strategi perusahaan, baik jangka pendek maupun jangka panjang, yang nantinya akan ada manajemen baru untuk menunjang perusahaan baru.

 

Tujuan dari dibentuknya konsolidasi bisnis adalah sebagai berikut.

  1. Menciptakan kreativitas dan inovasi baru untuk membuat segmen pasta yang baru.

  2. Merupakan sebuah strategi pengembangan bagi perusahaan, supaya tidak mengalami kemunduran bisnis.

  3. Bisa menambah performa bisnis dengan cara memperbanyak jaringan dan juga menggabungkan berbagai pengalaman untuk meminimalisir risiko.

Laporan Keuangan Konsolidasi

Ketika ada konsolidasi bisnis atau perusahaan, maka tentunya tidak terlepas dari laporan keuangan konsolidasi. Laporan keuangan konsolidasi adalah sebuah laporan keuangan yang menjelaskan mengenai keseluruhan bisnis dari perusahaan, baik induk dan juga anak perusahaan.

 

Saat perusahaan akan membuat laporan keuangan konsolidasi, perusahaan harus memenuhi syarat-syarat berikut. Syarat pertama, perusahaan yang punya hak untuk menyusun laporan keuangan konsolidasi adalah perusahaan yang memiliki anak perusahaan dan perlu dibuktikan dengan kepemilikan saham.

 

Syarat kedua adalah perusahaan ini wajib mempunyai kepemilikan saham dari anak perusahaan dengan besaran harus lebih besar dari 50%.

 

Syarat ketiga dari pembuatan laporan keuangan konsolidasi perusahaan adalah jika perusahaan induk memiliki saham atas anak perusahaan di bawah 50%, maka perusahaan induk tetap berhak menyusun laporan keuangan, tetapi tidak punya kendali penuh terhadap anak perusahaannya.

Contoh laporan keuangan konsolidasi

Bagaimana dengan contoh laporan keuangan konsolidasi? Kamu bisa melihat dari list perusahaan yang merupakan hasil konsolidasi sebagai berikut.

  1. Smartfren merupakan perusahaan hasil konsolidasi dari PT Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8), PT Smart Telecom (Cerdas).

  2. Bank Mandiri merupakan perusahaan hasil konsolidasi dari Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo).

  3. Indonesian Professional Reinsurer (IPR) merupakan perusahaan hasil konsolidasi dari PT Reasuransi Internasional Indonesia (Reindo), PT Reasuransi Nasional Indonesia (Nas Re), PT Tugu Reasuransi Indonesia (Tugu Re) dan PT Perusahaan Reasuransi Indonesia (Marein).

     

Kamu bisa melihat laporan keuangan ketiga perusahaan tersebut melalui idx.co.id dan kamu bisa mengakses contoh laporan keuangan konsolidasi dari perusahaan-perusahaan tersebut.

 

Itu tadi penjelasan mengenai pengertian konsolidasi dan contohnya. Ketika mendengar istilah ini, coba pahami dulu kemana konteks yang dituju sehingga kamu tidak salah dalam mengartikannya.

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya