Logo Ruang Menyal
Bg Block

Ketahui 5 Ciri-Ciri kamu menjalani Toxic Relationship With Money. Apakah kamu salah satunya?

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 12 Februari 2024 | 637 dilihat

Article Detail

Kita pasti mempunyai hubungan dengan uang dan tidak bisa jauh dari namanya uang. Oleh karena itu, semua juga orang pasti mempunyai pandangan yang berbeda tentang uang yang akan menciptakan Love-Hate atau Toxic Relationship dengan uang. 

Ada orang  yang ketika mendapatkan uang akan berfikir mau diapakan uang yang sudah didapatkan tersebut atau cara menghabiskannya, ada juga yang berfikiran tidak mau menggunakan uang itu sama sekali, dan juga ada yang berfikiran ingin menginvestasikan uang tersebut.

Tetapi memang kebanyakan orang akan mencoba untuk memakai uang tersebut ketika sudah mendapatkan gaji jika jadi karyawan maupun menjadi pengusaha. Disamping itu, memang ada juga orang yang tidak mau sama sekali memakai uangnya dan hanya disimpan.

Ada juga yang sudah berhubungan baik dengan keuangan dan juga ada yang tidak berhubungan baik atau toxic relationship. Nah kali ini kita akan membahas tentang ciri-ciri dari orang yang mempunyai status Toxic Relationship dengan uang. Apakah kamu salah satunya? Biar kamu tahu apa kamu orang yang termasuk Toxic Relationship, simak ciri-ciri berikut.

 

1.      Kamu Tidak Suka Menghabiskan Uang Kamu

Salah satu ciri-ciri dari Toxic Relationship with money adalah kamu sama sekali tidak mau menghabiskan uang, bahkan memakai uang kamu untuk hal apapun. Kamu akan terus menyimpan uang tersebut tanpa tau kapan akan digunakannya. Memang hal tersebut bisa dikatakan baik jika ingin berhemat, tetapi jangan sampai dengan ingin berhemat, kamu tidak memperhatikan kebutuhan kamu sendiri.

2.   Kamu harus Menghabiskan Uang Kamu

Berbeda dengan ciri diatas, pada bagian ini, kamu akan terus menghabiskan uang kamu berapa pun itu. Kamu tidak bisa melihat uang ada di rekening kamu, dan tanpa pikir kamu ingin segera menghabiskannya. Sebaiknya kamu yang masuk kategori ini, harus memulai mengatur cashflow kamu, dengan membagi-bagi untuk bagian apa yang kamu dipakai dan ada yang disisakan untuk kamu tabung atau investasikan.

3.   Kamu membayar tagihan kamu pada menit-menit terakhir

Apakah kamu termasuk orang yang membayar tagihan pada menit-menit terakhir? Apa kamu senang melihat ada uang di saldo kamu yang menumpuk tetapi kamu masih punya tagihan yang harus kamu bayarkan? Atau kamu takut jika ketika kamu membutuhkan uang tersebut, kamu tidak bisa memakainya karena kamu sudah gunakan untuk membayar tagihan?

Kalau kamu masuk ke kategori ini, sebaiknya kamu sudah harus mengatur keuangan kamu lebih baik lagi. Karena ketika kamu sudah menerima uang hasil jerih payah mu, hal yang perlu kamu lakukan adalah membayar tagihan yang sudah kamu ajukan, karena tagihan tersebut adalah suatu kebutuhan atau keinginan yang sudah kamu beli dengan uangmu sendiri dan itu adalah suatu kewajiban yang harus kamu penuhi untuk membayarnya. 

Jika kamu membayar tagihan pada menit-menit terakhir, kemungkinan kamu bisa terlupa dan lewat tenggat waktu dan kamu malah mendapatkan denda. Kamu tidak mau kan?

4.   Kamu Selalu Bangkrut

Kamu hidup diluar kemampuan keuangan kamu. Misalnya kamu setiap hari selalu ke café, makan cantik, tetapi pendapatan kamu tidak bisa menutupi gaya hidup kamu yang terlalu mewah yang menghasilkan kebangkrutan pada diri kamu sendiri. Sebaiknya kamu memulai untuk belajar menahan.

Keinginan kamu untuk selalu nongkrong setiap hari di tempat-tempat mewah dan mulai untuk mengatur keuangan kamu, agar kamu terhindar dari kebangrutan, serta kamu bisa menginvestasikan sisa dari pendapatan kamu untuk masa depan yang lebih baik.

5.   Kamu Menghabiskan Uang Kamu Sebelum Kamu Mendapatkannya Kembali

Pada hari ini, kamu baru mendapatkan gaji kemarin, tapi kamu langsung menambahkan hutang untuk gaji kamu berikutnya. Padahal gaji kamu yang berikutnya belum kamu terima. Kamu terlalu mudah untuk mengambil hutang untuk keinginan kamu yang bersifat sementara. 

Sebaiknya kamu mengurangi menambahkan beban hutang kedalam arus keuangan mu, jika kamu tidak segera merubah kebiasaan mu, kamu akan menuju kebangkrutan untuk diri kamu sendiri. Kamu bisa memulai me-manage keuangan mu dengan mengurangi hutang kamu dan kamu juga bisa mulai untuk investasi agar ketika kamu pensiun, kamu akan tenang.

 

Nah, Berikut adalah ciri-ciri yang menandakan kalau kamu mempunyai Toxic Relationship dengan uang. Apakah kamu salah satunya? jika iya, sebaiknya kamu mulailah untuk belajar mengatur keuangan kamu agar cashflow kamu semakin rapih, dan kamu juga bisa memulai untuk menabung dan investasi .

Jika kamu masih bingung bagaimana caranya mengatur keuangan kamu, kamu jangan ragu untuk bertanya ke ahlinya dan juga mengikuti kelas-kelas keuangan yang seru dari ruang meNYALA. Catat tanggal mainnya ya, setiap hari Selasa dan Kamis malam!

 

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya