Logo Ruang Menyal
Bg Block

Kencangkan Ikat Pinggang Setelah Lebaran dengan Tips Pengaturan Keuangan Berikut

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 30 Agustus 2021 | 255 dilihat

Article Detail

 

Lebaran telah usai, tidak hanya kita yang Kembali fitri (suci), terkadang rekening kita pun Kembali fitri juga. Masalahnya, ketika lebaran datang, kita sering sekali menggunakan uang THR untuk memenuhi keinginan kita. Padahal, pada kenyataannya, uang THR tidak diperuntukkan untuk dibelanjakan seuai dengan keinginan kita saja. Menurut survei dari perusahaan teknologi finansial Modal Rakyat, yang dilakukan untuk mengetahui penggunaan THR oleh para pekerja Indonesia. Mereka mengaku bahwa sebanyak 46% digunakan untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya, 38% untuk mengirim uang kepada orang tua dan keluarga, 37% untuk bersedekan dan 10% untuk mudik. Jadi, bisa dikatakan juga bahwa untuk Sebagian orang, THR ini hanya numpang lewat. Supaya seteah lebaran keuangan kamu bisa menguat, berikut adalah tips pengaturan keuangan setelah lebaran yang bisa kamu lakukan.

Memperketat Daftar Belanjaan

 

Menjelang lebaran, kita dihebohkan oleh berita bahwa banyak sekali orang yang ke pusat perbelanjaan untuk belanja hari raya, mulai dari pakaian hingga makanan. Mengingat kondisi ekonomi Indonesia pun masih belum pulih dari pandemi COVID-19, ada baiknya kita mulai bijak dalam mengatur daftar belanjaan. Hindari pembelanjaan untuk barang yang hanya sekedar kita inginkan saja. Hal ini untuk menghindari ketika kita short on cash, karena kita kebanyakan belanja. Ada baiknya setiap kita belanja, gunakan dan bawa catatan belanja, supaya kita belanja hanya sesuai dengan barang yang ada di catatan bukan yang kelihatannya lucu atau yang kita inginkan.

 

Mulai Cek Utang Yang Dimiliki

 

Ada juga orang yang biasa menggunakan kartu kredit dan akhirnya setelah lebaran tagihan kartu kreditnya membengkak. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika utang kita sudah besar dan merasa terbebani ? Kamu bisa membuat daftar utang yang kamu miliki. Setelah itu, kamu juga cek cash flow bulanan (pendapatan dan pengeluaran), serta aset-aset yang kamu miliki. Jika kamu melihat bahwa kamu masih bisa hidup mengandalkan pendapatan dan aset kamu bisa kamu gunakan untuk melunasi utang, maka lebih baik kamu bayar lunas semua tagihan kartu kredit kamu. Hindari membayar kartu kredit dengan tagihan minimal, supaya kamu tidak semakin terbebani dengan utang ya.

Mulai Berinvestasi

 

Setelah lebaran juga, kebiasaan berinvestasi tidak serta merta membuat kamu harus berhenti. Kamu harus mulai berinvestasi sesuai dengan tujuan keuangan kamu. Momen ini juga, bisa menjadi acuan untuk me-review Kembali investasi yang sudah kamu lakukan, apakah sesuai dengan rencana kamu atau harus ada yang diubah atau diganti. Setelah lebaran ini, kamu bisa loh berinvestasi di reksa dana pasar uang maupun di reksa dana pendapatan tetap. Seperti yang dijelasakan oleh Ni Putu Kurniasari sebagai Chief Research & Business Development Barekas, mengatakan bahwa, kedua instrument ini mampu meminimalisi volatilitas saat libur lebaran dan momentum aksi jual aset di bulan Mei atau sell in May effect. So, tunggu apalagi, yuk mulai investasi reksa dana pertama kamu !

 

Kamu bisa langsung berinvestasi reksa dana melalui ONE Mobile loh. Kalau kamu masih bingung bagaimana caranya berinvestasi, kamu bisa mengikuti kelas-kelas yang diadakan oleh Ruang MeNyala setiap hari Kamis jam 19.30 WIB.

 

Referensi :

Intan Nirmala Sari. 18 Mei 2021. “Tips Mengatur Keuangan Usai Lebran agar Terhindar Jerat Utang”. Katadata.co.id https://bit.ly/3fblTdL

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya