Logo Ruang Menyal
Bg Block

Ini Alasan Pentingnya Perempuan Mandiri Secara Finansial!

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 30 Mei 2022 | 3616 dilihat

Article Detail

Sejauh ini, perempuan memang dikenal sebagai sosok yang lebih teliti perihal perencanaan dan pengaturan keuangan. Lebih dari itu, akan lebih baik kalau kamu bisa menjadi perempuan mandiri secara finansial. Dengan begitu, kamu bisa lebih bebas dalam menentukan pilihan hidupmu.

Tidak bisa dipungkiri bahwa aspek finansial cukup berpengaruh pada kehidupan kita. Nah, ada beberapa alasan kenapa kamu sebagai perempuan harus bisa mandiri secara finansial. Sudah tahu? Atau bahkan kamu sudah menjadi salah satunya? Yuk ketahui tanda-tandanya di sini!

Apa Arti Mandiri Secara Finansial bagi Perempuan?

Kamu sudah mengetahui bahwa perempuan mandiri secara finansial merupakan sebuah hak istimewa yang bisa diperoleh dengan berusaha dan juga bekerja keras. Namun sebenarnya, apa arti mandiri secara finansial pada perempuan? Arti mandiri secara finansial adalah ketika wanita sudah bisa melakukan keputusan keuangannya sendiri.

Secara lebih spesifik lagi, wanita yang mandiri secara finansial juga sudah mampu menentukan rencana keuangan jangka panjang tanpa harus bergantung dari orang lain.

Alasan Perempuan Harus Mandiri Secara Finansial

Setelah mengetahui pengertiannya di atas, tentu kamu pun perlu memahami alasan mengapa perempuan mandiri secara finansial merupakan sebuah keharusan, bukan? Dengan mengetahui alasan-alasan ini, kamu juga akan semakin bersemangat untuk menjadi perempuan mandiri.

Berikut adalah alasan perempuan harus mandiri secara finansial yang sobat meNYALA wajib tahu.

1. Tidak mengandalkan orang lain

Alasan pertama perempuan mandiri secara finansial adalah supaya kamu tidak mengandalkan orang lain. Dengan memiliki kemampuan mandiri secara finansial, kamu bisa mengandalkan diri sendiri dalam keadaan apapun. Dalam jangka panjang, hal ini pun akan mempermudah kamu dalam melangkah menuju tujuan keuangan dan rencana kehidupan lainnya.

2. Sudah memiliki rencana jangka panjang untuk diri sendiri

Selanjutnya, perempuan mandiri secara finansial juga diharuskan agar kamu sudah memiliki rencana jangka panjang, setidaknya untuk diri sendiri. Selain mampu mengandalkan diri sendiri, kamu juga jadi memiliki rencana jangka panjang yang tentunya feasible untuk kamu raih.

Kemudian, dengan adanya rencana jangka panjang ini, kamu pun semakin tahu sebenarnya seperti bagaimana arah dan tujuan hidup kedepannya.

3. Sudah bisa merasa bahagia tanpa harus bergantung dari orang lain

Jarang disadari, perempuan mandiri finansial itu juga diperlukan agar wanita dapat merasa bahagia tanpa harus bergantung dari orang lain. Sebab, kamu sudah tahu seberapa besar kapasitas dan batasan-batasan dalam hidup dan keuangan. Sehingga, kamu juga paham betul bahwa kebahagiaan itu bisa datang sendiri tanpa harus bergantung dari orang lain.

4. Bisa meningkatkan kepercayaan diri

Alasan keempat kenapa perempuan mandiri secara finansial merupakan sebuah keharusan yaitu agar bisa meningkatkan kepercayaan dirinya. Sebab, ketika sudah bisa melakukan keputusan-keputusan besar dalam hidup sendiri, kamu menjadi lebih percaya diri dalam melangkah kedepannya.

Kamu juga memiliki kekuatan untuk menghadapi berbagai macam masalah dan juga tantangan dalam hidup.

5. Siap secara finansial bila keadaan terburuk terjadi

Tidak ada yang tahu masa depan akan bagaimana bukan? Oleh karena itu, arti mandiri secara finansial ini juga mencakup apabila keadaan terburuk terjadi. Kamu tentu tahu, dalam kehidupan banyak sekali risiko yang kita hadapi. Mulai dari risiko kehilangan pendapatan, kecelakaan, terkena penyakit, hingga atap bocor dan kendaraan mogok.

Risiko tersebut tidak bisa kita hilangkan, tetapi setidaknya bisa diminimalisir secara finansial dengan mempersiapkan keuangan kita. Artinya, bila sudah mempersiapkannya dengan baik, kamu tidak perlu mengandalkan orang lain dalam hidup.

 

Tanda Perempuan Mandiri Secara Finansial

Lalu, apa saja sih tanda-tanda perempuan mandiri secara finansial? Pastinya, ingin tahu dong apakah kamu termasuk salah satu perempuan mandiri secara finansial? Yuk, kita cek tanda-tandanya berikut ini.

1. Sudah biasa membuat pencatatan keuangan

Ketika sudah menjadi perempuan mandiri secara finansial, kamu tentu telah terbiasa membuat pencatatan keuangan pribadi. Kamu juga tahu kemana saja pengeluaran bulanan kamu. Kamu juga sudah bisa membuat pos-pos keuangan yang tentunya membuat kondisi keuangan menjadi sehat. Nah apakah kamu salah satunya?

2. Sudah lebih bijak dalam memandang utang

Jika sudah menjadi perempuan mandiri secara keuangan, maka tidak diragukan lagi bahwa kamu sudah lebih bijak dalam memandang utang. Utang sebenarnya tidak salah, selama digunakan secara benar.

Wanita yang memahami arti mandiri secara finansial secara benar pasti sudah tahu bahwa utang untuk kebutuhan konsumtif lebih baik dihindari daripada menimbulkan kesulitan di masa mendatang.

3. Sudah mulai merencanakan dana pensiun

Tanda ketiga jika seseorang dapat dikatakan sebagai perempuan mandiri secara finansial adalah apabila mereka telah merencanakan dana pensiun sedari dini. Mereka paham betul bahwa memiliki masa pensiun yang nyaman dan sejahtera harus sudah direncanakan sedini mungkin.

4. Sudah memiliki asuransi

Sebagai perempuan mandiri secara finansial, memiliki asuransi tentu merupakan sebuah keharusan. Mereka paham betul, bahwa asuransi berguna untuk melindungi diri ketika terkena suatu penyakit atau harus sampai dilakukan tindakan di rumah sakit. Mereka juga sudah paham bahwa menjaga kesehatan merupakan salah satu tanda dalam mencintai diri sendiri.

5. Sudah memiliki investasi

Bukan perempuan mandiri secara finansial namanya kalau tidak memiliki investasi. Tentu saja, investasi ini menjadi hal yang krusial untuk mereka yang sudah paham betul bahwa hidup ini ternyata dikejar-kejar oleh inflasi. 

Maksudnya, kalau  ga ikut lari juga, maka nilai uang yang kita miliki akan kalah dengan inflasi. Makanya, investasi menjadi elemen penting, bukan hanya untuk mengejar uang supaya tidak kalah dari inflasi, tetapi menjadi salah satu alat yang bisa membantu mereka untuk mencapai #FinanciallyFit.

6. Sudah memiliki rencana keuangan terperinci

Bagi perempuan mandiri secara finansial memiliki rencana keuangan adalah sebuah keharusan. Terlebih lagi, rencana tersebut sudah dibuat serinci mungkin. Mulai dari besaran rupiah untuk investasi yang harus dikumpulkan lengkap hingga seberapa lama jangka waktu.

Dengan memiliki rencana keuangan yang terperinci, semua tujuan keuangan mereka menjadi kenyataan dan bukan hanya harapan belaka.

7. Sudah memiliki dana darurat

Perempuan mandiri secara finansial juga paham betul, bahwa keadaan yang tidak bisa direncanakan, bukanlah tanggung jawab pasangan, keluarga atau bahkan teman. Jadi, mereka sudah paham bahwa memiliki dana darurat ini sangatlah penting untuk memperkuat kondisi keuangan dan juga membawa ketenangan di kemudian hari.

 

Itulah beberapa alasan kenapa menjadi perempuan mandiri secara finansial akan mendukung kehidupan kamu menjadi lebih baik. Well, jika kamu merasa belum bisa mandiri, khususnya dalam hal finansial, jangan ragu untuk belajar dan memulainya dari sekarang.

Nah, salah satu caranya, kamu bisa mengikuti Financial Fitness Class: Wanita Harus Punya 3M (Manners, Mandiri, Mapan) dari Ruang meNYALA bersama Merry Riana pada 31 Mei 2022 secara online via Zoom mulai Pukul 19.00 WIB. Jangan sampai ketinggalan ya!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya