04 Agustus 2022

10.INVESTASI

Ingin Bebas Finansial Usia 40 Tahun? Lakukan 9 Cara Ini!

Siapa sih yang tidak ingin bebas finansial usia 40 tahun? Setiap orang pasti mendambakan financial freedom agar bisa menikmati hari tua dengan tenang.

Namun, untuk bisa mencapainya, kamu tentu memerlukan perencanaan atau strategi hidup yang matang, terutama soal keuangan.

Jangan sampai karena kebiasaan-kebiasaan kurang baik, bebas finansial usia 40 hanyalah menjadi impian semata.

Maka dari itu, kamu wajib simak sederet tips meraih kebebasan finansial sesegera mungkin di artikel berikut ini. Check it out!

Cara Bebas Finansial Usia 40 Tahun

Bukannya mustahil, mencapai kebebasan finansial merupakan hal yang mungkin saja terjadi selama kamu memiliki keinginan dan tekad kuat.

Berikut berbagai cara dan tips bebas finansial usia 40 tahun yang bisa kamu coba.

1. Jalankan Rencana Hidup Sebaik Mungkin

Tips pertama untuk dapat bebas finansial usia 40 tahun adalah menjalankan rencana hidup sebaik mungkin.

Namun sebelum itu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa tujuan atau target dalam hidup yang ingin kamu raih di masa depan. Kemudian, coba susun strategi atau rencana untuk menuju ke sasaran tersebut.

Tak perlu terburu-buru, cukup melakukannya dengan konsisten dan bertahap, kamu pasti akan sampai pada tujuan.

Selama perjalanan tersebut, kamu bisa mencari pengalaman sebanyak mungkin sebagai pelajaran berharga.

Entah itu dengan membuka usaha sampingan, menjadi freelancer, atau semacamnya.

2. Buat Anggaran

Membuat anggaran merupakan salah satu cara bebas finansial usia 40 tahun yang patut kamu coba.

Sebab, hal ini akan membantumu mengelola keuangan seefisien mungkin, di mana pemasukan maupun pengeluaran dialokasikan dengan tepat.

Biasakan untuk selalu mencatat setiap hal terkait keuangan, mulai dari belanja bulanan, bayar cicilan, bonus dari kantor, dan lain sebagainya.

3. Jangan Turuti Gengsi

Sebelum memutuskan untuk membeli apapun yang sedang menjadi tren saat ini, perlu kamu seleksi dan pertimbangkan dengan baik.

Coba tanyakan lagi pada diri sendiri, apakah hal tersebut memang dibutuhkan atau tidak. Jika memang kurang bermanfaat, ada baiknya menahan diri saja.

Meskipun kamu mampu, namun ketahuilah bahwa gengsi tak akan ada habisnya dan tak memberikan keuntungan apapun terhadap keuanganmu.

Baca juga: 10 Cara Sukses di Usia Muda, Ini Dia Tips Mudahnya

4. Siapkan Dana Darurat

Cara lainnya untuk bebas finansial usia 40 tahun adalah menyiapkan dana darurat. Hal ini dilakukan agar tabunganmu tidak akan terganggu bila sewaktu-waktu terdapat kebutuhan mendadak di luar rencana.

Misalkan, kamu tiba-tiba sakit dan harus membeli obat tertentu. Atau, pandemi yang membuatmu tak bisa bekerja dan menghasilkan uang. Nah, di sinilah dana darurat akan berguna.

5. Sisihkan Dana Pensiun

Selain dana darurat, kamu juga sebaiknya mulai menyisihkan sedikit penghasilan untuk persiapan dana pensiun.

Sehingga kamu pun tak perlu bekerja seumur hidup dan bisa segera bebas finansial usia 40 tahun.

6. Gunakan Asuransi

Tahukah kamu, asuran bisa jadi salah satu solusi agar bisa bebas finansial usia 40 tahun. Contohnya saja asuransi kesehatan.

Dengan ini, kamu tidak perlu lagi khawatir atau bingung mencari dana untuk membayar biaya perawatan yang cukup tinggi. Sebab, asuransi akan menanggung semuanya.

Dengan kata lain, asuransi bermanfaat sebagai bentuk antisipasi terhadap kejadian-kejadian tak terduga di masa mendatang.

7. Investasi Sedini Mungkin

Di samping menabung, menyiapkan dana pensiun dan darurat, kamu juga mulai berinvestasi.

Ya, daripada kamu membelanjakan uang demi menuruti gengsi saja, akan lebih baik jika kamu menggunakannya untuk berinvestasi yang berpeluang memberikan keuntungan.

Ada berbagai jenis investasi dengan karakteristik masing-masing, mulai dari reksa dana, emas, saham, deposito, surat negara, dan masih banyak lagi. Kamu tinggal sesuaikan saja dengan kemampuan.

8. Fokus pada Aset Aktif

Memiliki aset-aset aktif bisa memberikanmu passive income, di mana kamu tidak perlu bekerja namun penghasilan terus masuk.

Ya, kamu tidak bisa hanya bergantung pada dana darurat dan pensiun semata. Kamu harus memiliki penghasilan tambahan agar bisa bebas finansial usia 40 tahun dan tak perlu bekerja lagi.

9. Hindari Berhutang

Tips terakhir adalah pastikan Anda bebas dari hutang. Jangan coba sekali-sekali meminjam uang dari orang lain, apalagi jika hanya untuk sesuatu yang kurang perlu.

Pasalnya, bukan cuma membuat kamu terbebani, hal ini juga akan menjadi kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan keuanganmu.

Hindari pula menggunakan kartu kredit atau mencicil suatu barang. Jika memang belum mampu, tak ada salahnya hidup sederhana dan hemat sesuai kebutuhan.

Baca juga: Coba 10 Cara ini Tuk Capai Kebebasan Finansial di Usia Muda

Itu dia berbagai tips bebas finansial usia 40 tahun yang bisa kamu coba. Meskipun mudah untuk dikatakan dan sulit dilakukan, namun semua itu bukanlah mustahil jika kamu berusaha keras mencapainya.

Jika tertarik membahasnya lebih lanjut, kamu bisa ikuti kelas finansial dari Ruang meNyala pada 11 Agustus 2022 dengan topik Free to Choose Your Own (Financially) Freedom.

Kamu dapat bergabung di Kelas ini diselenggarakan pada jam 19.00 - 20.00 WIB dan akan mengulas tentang pentingnya kebebasan finansial serta tips and trick meraihnya. Yuk gabung sekarang juga!

0 comments

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!