Logo Ruang Menyal
Bg Block

Inflasi Naik, Simak Tips Beli Rumah ala Ruang Menyala

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 29 Agustus 2022 | 174 dilihat

Article Detail

Membeli rumah merupakan salah satu tujuan keuangan yang sering membuat kita bingung bagaimana cara memulai merencanakan membeli rumah. Mulai dari harga rumah yang bisa dibilang mahal dan ditopang pendapatan yang bisa dikatakan tidak sejalan dengan harga kenaikan rumah.

Terlebih, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan kalau sekarang, masyarakat akan semakin susah untuk beli rumah karena inflasi loh! Karena tingginya inflasi, gap antara daya beli dan harga rumah semakin melebar, apalagi untuk generasi millenial sekarang ini. 

Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan banget nih sobat Nyala, untuk bisa membeli rumah pertama kamu. Jangan sampai kamu membeli rumah tanpa ada persiapan dan rencana ya, yang ada malah boncos nanti. Nah, berikut ini adalah tips supaya kamu bisa membeli rumah ketika sedang naik. 

 

1.   Cari Rumah Sesuai Kebutuhan

Ketika kamu membeli rumah, kamu juga harus mempehatikan rumah sesuai dengan kebutuhan kamu. Maksudnya kebutuhan adalah rumah yang bagaimana yang ingin kamu beli, apakah di tengah kota, di pinggir kota, memiliki taman dan lain sebagainya/

 

Seperti ketika kamu berencana untuk berkeluarga bisa mencari rumah yang cocok untuk berkeluarga dengan nyaman, jangan sampai kamu berencana berkeluarga kecil tapi kamu membelu rumah yang besar dan sangat mahal,  bukannya bahagia kamu akan terasa berat untuk cicilan perbulannya. 

2.   Lokasi Tempat Kerja dan Fasilitas Umum

Seperti yang kita tahu, lokasi rumah sangat mempengaruhi harga rumah, biasanya lokasi rumah yang strategis akan lebih mahal di bandingkan dengan lokasi di pinggiran kota. 

Rumah-rumah yang disubsidi pemerintah biasanya akan berada di pinggiran kota. Kamu bisa mengambil opsi untuk memiliki rumah yang ada dipinggiran kota agar kamu bisa mendapatkan rumah dengan harga yang terjangkau. 

3.   Harga Rumah

Setelah mencari lokasi yang tepat, kamu juga harus memperhatikan harga rumah. walaupun sudah di subsidi oleh pemerintah, masih banyak letak rumah, bentuk rumah yang tidak sesuai dengan harganya. Lebih baik kamu mencari rumah yang sesuai antara harga, lingkungan rumah kamu.

4.   Selalu Mencari Tahu

Disaat harga rumah yang melonjak tinggi sekarang ini, ada beberapa rumah yang masih terjangkau untuk dipinang. Kamu bisa selalu mencari tahu dan aktif dalam menvcarai rumah. 

Kamu juga bisa ke pameran rumah yang diaadakan oleh beberapa developer. Disana kamu juga bisa mencari harga rumah yang bagus dan juga murah karena mereka memberikan banyak diskon. 

5.   Dapatkan Persetujuan KPR

Untuk bisa membeli rumah yang sudah kamu rencanakan, kamu bisa menggunakan KPR. Kamu bisa mempelajari syarat dan dan ketentuan yang diberikan oleh bank yang bersangkutan. Kamu bisa memilih skema kredit dan tenor yang sesuai dengan penghasilan kamu. 

Itu dia 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk bisa membeli rumah dikala sekarang ini harga rumah yang sedang naik. Kamu bisa langsung terapin ya sobat nyala, apalagi kamu yang sedang mencari rumah sekarang-sekarang ini, pas banget nih kamu tau tips ini!

 

Buat kamu yang ingin makin memperkuat otot finansial kamu dengan baru memulai investasi atau kamu yang ingin mengetahui berapa skor finansial kamu. Kamu bisa loh mulai dari Financial Fitness Check Up dan kamu juga bisa melakukan One-on-One Consultation Bersama Nyala Trainer dari komunitas meNYALA sekarang juga!

 

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya