Logo Ruang Menyal
Bg Block

Ikut Arisan atau Menabung? Kenali Perbedaan Sebelum Memilih!

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 15 April 2024 | 2408 dilihat

Article Detail

Ikut arisan atau menabung adalah dua cara yang berbeda untuk memperoleh keuntungan. Meskipun banyak orang mengira keduanya adalah hal yang sama, faktanya arisan dan menabung memiliki beberapa perbedaan signifikan.

Oleh karena itu, ada faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk ikut arisan atau menabung, mulai dari penghasilan sampai jenis pekerjaan.

Selain itu, arisan juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat memengaruhi kesehatan keuangan.

Supaya lebih paham, yuk simak apa saja perbedaan, faktor yang harus dipertimbangkan antara ikut arisan atau menabung, beserta informasi penting lainnya di bawah ini!

Perbedaan Arisan dan Menabung

Supaya tidak bimbang antara ikut arisan atau menabung, ketahui dulu apa saja perbedaan kedua hal ini. Perbedaan ini bisa dilihat dari tujuan dan pengelolaan keuangan.

Arisan adalah kegiatan mengumpulkan uang secara berkelompok. Nantinya, ada undian untuk menentukan siapa yang berhak menerima keseluruhan dana di periode tertentu.

Tujuan arisan adalah memperoleh penghasilan untuk jangka waktu pendek atau yang dibutuhkan sesegera mungkin.

Sementara itu, menabung adalah kegiatan untuk mengumpulkan dana di suatu rekening atau instrumen keuangan lainnya dalam jangka waktu panjang.

Oleh sebab itu, tujuan utama menabung adalah untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.

Faktor Pertimbangan Ikut Arisan atau Menabung

Setelah mengetahui perbedaannya, maka kamu bisa mempertimbangkan beberapa faktor penting untuk memilih antara ikut arisan atau menabung. Beberapa faktor tersebut adalah:

1. Pengeluaran Bulanan

Supaya bijak dalam memilih ikut arisan atau menabung, kamu harus memeriksa berapa pengeluaran bulananmu saat ini.

Apabila pengeluaran bulananmu sudah bisa memenuhi tidak hanya kebutuhan, keinginan bahkan setiap bulan selalu ada surplus, maka kamu boleh saja mengikuti arisan karena jumlah iuran arisan bisa saja berbeda tergantung kesepakatan arisan tersebut.

Sebaliknya, apabila pengeluaran bulanan kamu hanya bisa memenuhi kebutuhan bulanan kamu saja dan tidak memenuhi keinginan kamu, sebaiknya kamu fokus menabung terlebih dahulu di rekening yang bisa memberikan keuntungan seperti gratis biaya transfer dan biaya administrasi dengan layanan Nyala by OCBC NISP.

2. Sifat dan Kepribadian

Bagaimana sifat dan kepribadianmu sehari-hari, terutama dalam mengatur keuangan, juga termasuk faktor yang harus dipertimbangkan antara ikut arisan atau menabung.

Apabila kamu yang memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi, menabung menjadi salah satu pilihan karena bisa mendapatkan keuntungan dari menabung, apalagi kalau kamu menabung melalui layanan Nyala by OCBC NISP, kamu bisa menabung dalam 11 mata uang asing, lho.

Namun, apabila kamu yang ingin sulit mendisiplinkan diri dan senang dengan bersosialisasi, arisan bisa menjadi solusinya. Meskipun ketika mengikuti arisan, biasanya tidak ada keuntungan dari uang yang kita kumpulkan. Tetapi, bisa seolah-olah “memaksa” kita untuk menabung.

3. Jenis Pekerjaan

Sebenarnya, apapun jenis pekerjaanmu tidak akan bermasalah untuk ikut arisan atau menabung karena yang harus diperhatikan adalah jangka waktu karirmu saat ini.

Jadi, apabila kamu belum memiliki pekerjaan tetap atau sedang memikirkan rencana lain, sebaiknya pilih menabung demi menjaga stabilitas keuangan.

Keuntungan dan Kekurangan Arisan

Arisan bukan hanya soal mengumpulkan uang atau barang lalu melakukan undian. Tapi ada juga beberapa keuntungan dan kekurangan yang harus diperhatikan.

1. Keuntungan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tujuan utama arisan adalah mengumpulkan dana untuk jangka waktu pendek. Selengkapnya, beberapa keuntungan arisan adalah:

  • Menjadi sarana hiburan karena prosesnya seringkali melibatkan pertemuan sosial yang menyenangkan.
  • Karena arisan termasuk kegiatan sosial, otomatis kamu juga bisa memperluas relasi yang bisa bermanfaat untuk aspek kehidupan lainnya.

Baca juga: Jangan Dianggap Sama! Ini 7 Perbedaan Hemat dan Pelit

2. Kekurangan

Selain keuntungan, ada juga beberapa kekurangan arisan yang harus dipahami dengan baik. Kekurangan tersebut di antaranya, yaitu:

  • Tidak memiliki perlindungan hukum karena kegiatan ini bersifat informal.
  • Mudah tergiur sehingga bisa memicu sifat konsumtif.
  • Arisan bisa menjadi ajang pamer apabila ada tekanan dan persaingan sosial.
  • Beberapa arisan mengenakan biaya admin untuk pengelolaan.
  • Karena kurangnya perlindungan hukum, maka anggota bisa kabur dengan mudah apabila ada konflik atau tidak sanggup membayar kewajiban.

Manfaat Menabung Dibandingkan Arisan

Selain meninjau apa saja kelebihan dan kekurangan arisan, kamu juga harus tahu beberapa manfaat menabung. Jadi, kamu tidak akan bimbang antara ikut arisan atau menabung.

Beberapa manfaat menabung dibandingkan arisan adalah:

1. Tidak Dikenakan Biaya Apapun

Beberapa bank menawarkan rekening tabungan tanpa biaya admin. Seperti layanan Nyala, kamu bisa mendapatkan bebas gratis transfer ke mana pun dan gratis biaya admin dengan saldo minimal konsisten di nominal Rp 1 juta.

Jika kamu menabung di bank tentu ada beberapa kelebihan lainnya, seperti bunga rekening dan menjadi lebih disiplin untuk menyisihkan uang.

Terdapat beragam jenis tabungan di bank yang bisa dipilih, seperti tabungan berjangka. Tabungan ini bisa “memaksa” kamu untuk menabung secara rutin dengan nominal tertentu.

Biasanya, hal tersebut telat disepakati nasabah dan pihak bank saat pembukaan rekening. Sehingga, bank akan melakukan autodebet dalam nominal dan frekuensi sesuai perjanjian.

Tidak hanya itu, bunga pada tabungan berjangka juga tergolong lebih besar daripada rekening tabungan biasa. Manfaat yang satu ini bisa menjadi pertimbangan penting antara ikut arisan atau menabung.

Tentunya masih banyak produk tabungan dan investasi di Nyala yang bisa diakses melalui aplikasi ONe Mobile

2. Uang Bisa Dicairkan Kapan Saja

Salah satu manfaat menabung adalah uang bisa dicairkan kapan dan di mana saja tanpa perlu melakukan undian terlebih dahulu. Karena pencairan uang yang ada di rekening bisa melalui ATM, apalagi kalau kamu menggunakan Nyala Debit Card, kamu bisa tarik tunai di ATM manapun dengan ketentuan tertentu.

3. Bukan Sekedar Gaya-Gayaan

Manfaat lainnya yang bisa membantumu memilih antara ikut arisan atau menabung adalah kondisi sosial.

Menabung bukan sekedar gaya-gayaan karena manfaatnya akan sangat berpengaruh untuk kondisi keuanganmu saat ini.

4. Nilai Uang Akan Terus Bertambah

Berbeda dengan arisan, kegiatan menabung akan diberikan bunga, yaitu tambahan uang dari bank kepada nasabah sebagai imbalan atas penyimpanan dana.

Oleh karena itu, jumlah uang yang dikumpulkan bisa bertambah seiring berjalannya waktu.

Tips Keuangan Supaya Bisa Ikut Arisan

Sejauh ini, apakah kamu sudah memutuskan antara ikut arisan atau menabung?

Sebenarnya, mengikuti arisan bukanlah keputusan buruk. Tapi, kamu harus melakukan hal-hal di bawah ini untuk meminimalkan risiko finansial saat ikut arisan nanti, yaitu:

1. Menentukan Tujuan Ikut Arisan

Pertama, supaya kamu bisa mengatur keuangan dengan baik, tentukan dulu apa tujuanmu untuk mengikuti arisan, misalnya sebagai penghasilan tambahan atau untuk mempererat silaturahmi saja?

Dengan tujuan keuangan yang jelas, maka kamu bisa menahan diri dari godaan selama arisan berlangsung dan waktumu tidak akan terbuang sia-sia.

2. Menyiapkan Dana yang Terpisah

Ketika menentukan prioritas keuangan, arisan sering dianggap sebagai kategori hiburan karena tidak selalu bersifat mendesak.

Oleh karena itu, untuk memastikan dana utamamu tetap terjaga dan kebutuhan pokok tidak terganggu, buatlah anggaran terpisah untuk arisan.

3. Mengatur Pengeluaran Sesuai Budget

Saat mengikuti arisan, kamu tidak hanya akan diminta untuk membayar iuran. Ada juga biaya tambahan, seperti konsumsi, transportasi, sampai ongkos administrasi.

Jadi, kamu bisa mencari arisan yang sesuai dengan budget atau bernegosiasi bersama anggota lainnya untuk menentukan jumlah iuran terjangkau.

Itu dia penjelasan terkait hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan ikut arisan atau menabung.

Jadi, mengikuti arisan adalah hal yang sah-sah saja. Tapi perlu diingat, sebelum ikut arisan, pastikan kebutuhan sudah terpenuhi dan tidak ada masalah finansial yang menghambat.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu cek kondisi keuangan terlebih dahulu di Financial Fitness Check Up milik Ruang meNYALA.

Dengan Financial Fitness Check Up, kamu bisa memeriksa kondisi keuangan hanya dalam waktu 3 menit. Cepat, kan?

Setelah itu, kamu bisa lanjut konsultasi 1-on-1 dengan Nyala Trainer untuk memperoleh solusi yang dapat menjaga kesehatan keuangan sekaligus meraih tujuan finansial.

Tunggu apa lagi? yuk, raih #FinanciallyFit bersama Ruang meNYALA sekarang juga!

Baca juga: Mengenal Cara Menabung Sistem Amplop, Hemat Uang Jadi Mudah!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya