Logo Ruang Menyal
Bg Block

Ekonomi Tak Menentu, Temukan 3 Tips Cara Berhemat Dan Menabung Dari Sekarang!

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 31 Mei 2022 | 341 dilihat

Article Detail

Sobat Nyala tau nggak sih karena dampak dari ekonomi yang tidak menentu sekarang ini, kamu harus semakin berhemat dan menabung . Selain itu,  Sobat Nyala juga sebisa mungkin membeli barang yang sangat diprioritaskan saja. Dr. Rio Dhani Laksana selaku akademisi Universitas Jenderal Soedirman menyarankan masyarakat untuk berhemat dan menabung sebagai respon dari kenaikan harga energi dan bahan pangan dunia. 

Karena semua bahan energi dan pangan dunia sedang naik, kamu bisa mulai menabung nih Sobat Nyala. Uang hasil tabungan kamu nanti bisa menjadi dana cadangan jika kamu mendadak memerlukan biaya cepat atau biaya yang tak terduga. Memang awalnya akan terasa sulit, tapi jika kamu disiplin dalam hal tersebut, kamu akan terbiasa kok sobat Nyala!

 Daripada kamu bingung, yuk kita simak tips bagaimana caranya sobat Nyala bisa berhemat dan menabung yang efektif, supaya sobat Nyala siap dalam keadaan apapun.

1.   Jangan pernah lupakan membuat anggaran keuangan 

Banyak sekali yang menyepelekan untuk membuat anggaran keuangan. Padahal dengan membuat anggaran keuangan, mempermudah kamu dalam merencanakan dan bahkan kamu bisa “forecasting” keuangan kamu ke depannya. 

Kamu bisa memulai dengan membuat anggaran belanja kamu perbulan dengan baik dan benar. Kamu bisa sesuaikan budget kamu dengan membeli kebutuhan penting terlebih dahulu agar terpenuhi setiap bulannya dan tidak kurang. Jika kamu ingin lebih berhemat lagi, kamu bisa mulai berbelanja di pasar tradisional, karena harganya jauh lebih murah daripada supermarket. Jadi kamu bisa hemat lebih deh Sobat Nyala. 

 

2.   Prioritas utama keuangan adalah menabung dan berinvestasi 

Untuk menabung atau berinvestasi, sebaiknya kamu memilih instrumen yang resikonya tergolong rendah seperti reksadana, Kamu bisa menyisihkan sebagian dari pemasukan kamu untuk ditabung atau diinvestasikan, misalnya kamu bisa menyisihkan 10-20% dari pemasukan kamu tiap bulan. 

3.   Jangan menambah utang konsumtif

Dengan keadaan yang tidak menentu, sebaiknya kamu tidak belanja hal-hal yang sekiranya bukan prioritas utama kamu. Sebaiknya dari anggaran keuangan kamu, sudah dipisahkan mana yang diperuntukkan untuk makan sebulan, transportasi, utilitas, dan belanja bulanan. 

Sisanya, langsung kamu pisahkan untuk ditabungkan atau diinvestasikan, jangan merasa karena ada sisa, kamu bebas menggunakan untuk belanja hal yang kamu inginkan. Bahkan, kamu rela menambah utang demi membeli barang yang kamu inginkan. Sementara ini, sebaiknya kamu mengurangi membeli barang yang sifatnya konsumtif ya.

 

Nah, kamu sekarang harus bisa lebih hemat dan menabung ya Sobat Nyala, karena kita tidak tahu kondisi ekonomi sekarang akan membaik atau malah akan memburuk, jadi kamu bisa mempersiapkannya deh dengan ada dana cadangan yang bisa kamu gunakan di kemudian hari. 

 

Buat kamu yang ingin makin memperkuat otot finansial kamu dengan baru memulai investasi atau kamu yang ingin mengetahui berapa skor finansial kamu. Kamu bisa loh mulai dari Financial Fitness Check Up dan kamu juga bisa melakukan One-on-One Consultation bersama Nyala Trainer dari komunitas meNYALA sekarang juga!

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya