Logo Ruang Menyal
Bg Block

Decluttering Rumah, Tren Gaya Hidup Minimalis yang Menguntungkan

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 28 September 2021 | 788 dilihat

Article Detail

Beberapa tahun terakhir, gaya hidup minimalis menjadi tren baru yang diminati kalangan anak muda. Apakah kamu salah satunya? Yup, berbicara tentang gaya hidup minimalis, kamu pasti tidak asing dengan decluttering. Bagi yang belum mengenal istilah ini, secara singkat, decluttering adalah sebuah metode mengurangi stok barang yang tidak berguna di dalam rumah. 

 

Ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan untuk melakukan proses decluttering ini. Selengkapnya mengenai pengertian hingga tips decluttering rumah bisa kamu dapatkan pada artikel berikut.

 

Apa itu Decluttering?

Secara bahasa, arti decluttering adalah merapikan. Yup, sesuai dengan maknanya tersebut, bila diartikan lebih dalam, decluttering adalah suatu proses membereskan rumah dengan cara menyortir barang-barang lalu menyingkirkan yang tidak diperlukan. Eits, ini tentu berbeda dengan kegiatan bersih-bersih biasa yang kamu lakukan setiap harinya.

 

Sebab, tujuan utama dari decluttering adalah untuk membuang atau mengurangi barang tak terpakai dan hanya menyimpan beberapa yang benar-benar dibutuhkan. Dengan begitu, rumah akan terasa lebih sehat, lapang dan nyaman. Bukan hanya untuk barang tertentu, kamu bisa saja menerapkan metode ini pada semua hal, entah itu decluttering buku, pakaian, dapur, sepatu hingga alat tulis sekalipun.

3 Metode Decluttering Rumah

Bagi sebagian orang, mungkin decluttering adalah metode yang baru saja dikenal. Oleh karena itu, nggak sedikit yang bingung bagaimana cara memulainya. Tapi jangan khawatir, berikut ini ada beberapa metode decluttering barang yang bisa kamu ikuti. Check it out!

1. Metode 4 kotak

Seperti sebutannya, metode 4 kotak decluttering adalah cara menyortir barang dengan menggunakan beberapa item box. Kotak-kotak tersebut kemudian dibagi dalam empat kategori berbeda, misalkan untuk dibuang, disimpan, diberikan, dan dipindah. Nantinya, kamu tinggal memilah barang ke dalam box dengan cermat sesuai golongannya. Mudah, kan?

2. Packing party

Pakar hidup minimalis bernama Ryan Nicodemus dan Joshua Fields Millburn memberikan sebuah tips decluttering yang lebih menyenangkan, yaitu dengan cara packing party. Dalam metode ini, kamu diharuskan untuk seolah-seolah sedang melakukan simulasi pindahan. Dengan begitu, kamu terpaksa harus meninggalkan benda yang tak berguna dan hanya membawa barang penting.

3. Gaya minimalist game

Nggak cuma itu, Ryan Nicodemus dan Joshua Fields Millburn juga mencetuskan gaya minimalist game. Ini merupakan metode decluttering dengan cara menyelesaikan beberapa tantangan layaknya game. Misalkan, kamu melakukannya sesuai tanggal, maka barang yang wajib disingkirkan ialah sejumlah tanggal pada hari itu juga.

Tips Decluttering di Rumah

Jika kamu merasa decluttering adalah aktivitas yang membingungkan atau melelahkan, mungkin terdapat kesalahan saat memulainya. Untuk itu, ada beberapa tips decluttering di rumah yang patut kamu coba. Diantaranya:

1. Mulai dari area terdalam

Tips decluttering yang pertama ialah dengan memulainya dari area terdalam. Misalnya, ketika ingin merapikan ruang tamu, cobalah mulai dari bagian rak-rak atau lemari penyimpanan barang. Setelahnya, kamu dapat melanjutkan pada area yang lebih mudah dijangkau.

2. Gunakan tempat penyimpanan

Supaya nggak terlihat berantakan, manfaatkanlah storage box atau tempat penyimpanan guna meletakkan berbagai barang yang ada dengan lebih rapi. Kamu juga bisa menggunakan tempat khusus untuk benda-benda penting agar lebih tertata dan mudah ditemukan.

3. Mengelompokkan barang

Saat menggunakan rak atau box penyimpanan, akan lebih bagus jika kamu mengelompokkan tiap-tiap benda. Kemudian, tempatkan barang tersebut sesuai dengan kategori masing-masing. Tips decluttering satu ini akan memudahkanmu saat mencari benda tertentu.

4. Singkirkan benda yang sudah tak terpakai

Tips decluttering paling penting ialah kamu harus rela membuang barang yang memang sudah tidak lagi digunakan. Contohnya seperti sepatu tak terpakai atau pakaian semasa kamu kecil. Daripada menumpuk nggak berguna, akan lebih bermanfaat kalau kamu memberikannya pada yang membutuhkan. 

5. Rapikan secara berkala

Decluttering adalah kegiatan yang akan sangat menguras tenaga jika kamu jarang melakukannya. Oleh karenanya, usahakan selalu merapikan ruang di rumah secara berkala. Dengan begitu, proses beres-beres pun akan terasa lebih ringan dan cepat selesai.

 

 

Decluttering adalah metode yang sangat cocok jika kamu ingin memulai hidup sederhana. Apalagi saat kamu sering merasa sumpek dengan berbagai barang di rumah yang tak begitu penting. Di samping decluttering, kamu juga bisa lho mempelajari gaya hidup minimalis ala Jepang yang nggak kalah bermanfaat.

 

Sebagai anak muda tentu kamu perlu menyiapkan masa depan yang cerah. Dengan membiasakan diri dengan kegiatan positif, kamu sudah bisa mempersiapkan hari tua yang lebih baik. Tidak hanya di sisi daily activity, kamu juga harus menyiapkan keuangan yang fit dan terencana. Pastikan kamu tahu Level Kesehatan Finansialmu, dan dapatkan saran dari para ahli!

 

undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya