Logo Ruang Menyal
Bg Block

Cara menambah pendapatan tanpa harus menambah jam kerja

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 29 Agustus 2021 | 252 dilihat

Article Detail

Siapa sih disini yang merasakan bahwa gajinya ga pernah cukup terus ? Padahal dulu masih kuliah, ngeluhnya karena memang uang jajan pas-pasan, tetapi ketika kita sudah bekerja, kita pun masih mengeluh bahwa pendapata kita selalu pas-pasan. Padahal, sekarang kita punya uang sendiri dan tentu lebih besar daripada uang jajan kita Ketika masih mahasiswa. Mengapa hal ini terjadi ? Hal ini terjadi, karena kita masih bingung bagaimana cara yang tepat untuk mengelola keuangan kita. Semakin banyak informasi di luar sana, semakin bingung kita menerapkan mana yang terbaik untuk kita. Akhirnya, kita tidak tahu bagaimana cara yang tepat mengatur keuangan kita dan menyebabkan pendapatan kita hanya disitu saja, tidak berkembang. Maksud hati ingin memiliki pendapatan tambahan tetapi jam kerja saja sudah sangat sibuk. Apakah ada caranya menambah pendapatan tanpa harus menambah jam kerja ? Ada banget ! Yuk simak tipsnya berikut ini.

 

 

Tips pertama, Milikilah Porsi Keuangan Yang Sehat

Apa yang biasanya kamu lakukan Ketika hari pertama kamu gajian ? Apakah kamu langsung membelanjakannya untuk kainginan kamu ? Atau kamu malah check-out keranjang e-commerce kamu ? Hal ini yang sebaiknya kamu hindari Ketika hari pertama kamu gajian. Biasakan, Ketika hari pertama kamu gajian, kamu sudah buat budgeting dari pengeluaran bulanan kamu. Paling penting adalah mengalokasikan untuk menabung atau berinvestasi, biasakan pisahkan minimal 20% dari pendapatan bulanan, akan lebih baik jika kamu bisa mengalokasikan lebih dari 20% pendapatan kamu. Biasakan kamu bisa mengalokasikan pendapatan untuk ditabung/diinvestasikan supaya pendapatan kamu juga bisa bertambah di kemudian hari. Berapa yang bisa kamu alokasikan per bulan untuk kamu tabungkan atau investasikan ?

 

Tips kedua, Mulai Berinvestasi Dengan Nominal Berapapun

 

Banyak sekali orang yang masih ragu Ketika berinvestasi, karena memiliki mindset bahwa investasi memerlukan modal yang besar dan hanya untuk orang kaya saja. Padahal, investasi di jaman sekarang ini tidak memerlukan modal yang besar. Kamu bisa mulai berinvestasi dengan modal minimal saja, bisa dari Rp 20.000 per hari saja. Kebanyakan orang menyepelekan berinvestasi, padahal dengan berinvestasi kamu bisa terhindar dari risiko inflasi. Dan juga, dengan berinvestasi, kamu bisa membuat uang kamu bekerja saat kamu tidur. Apalagi yang kamu tunggu, yuk mulai investasi pertama kamu !

 

 

Tips ketiga, Coba Mulai Rencanakan Memiliki Pendapatan Pasif

Setelah kamu sudah biasa mengalokasikan pendapatan dan juga berinvestasi, sudah saatnya kamu mulai memikirkan soal pendapatan pasif. Apa sih pendapatan pasif ? Pendapata pasif adalah pendapatan yang kamu dapatkan dari asset yang kamu miliki tanpa kamu harus bekerja. Contohya adalah Ketika kamu sudah punya rumah dan rumahnya kamu sewakan/kontrakan. Rumah tersebut tetap menjadi asset kamu dan uang dari hasil sewa/kontraknya masuk menjadi pendapatan bulanan kamu. Kamu tidak perlu menukarkan waktu, tenaga, perasaan bahkan pikiran kamu untuk ditukarkan dengan uang. Memang untuk memiliki pendapatan pasif yang kita inginkan membutuhkan modal yang cukup besar, maka dari itu kamu bisa mulai pelan-pelan menambah investasi kamu, supaya kamu bisa mendapatkan pendapatan pasif di kemudian hari.

Jadi, kamu udah tahu kan gimana caranya menambah pendapatan kamu tanpa harus menambah jam kerja ? Jangan lupa untuk selalu mengalokasikan pendapatan kamu untuk ditabungkan/diinvestasikan dan selalu ingat tujuan keuangan yang ingin kamu capai, supaya uang kamu ga habis gitu aja !

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya