Logo Ruang Menyal
Bg Block

6 Cara Menabung Milenial yang Efektif & Anti Gagal, Catat!

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 30 Juni 2023 | 1650 dilihat

Article Detail

Apakah kamu berencana ingin menyimpan dana secara konsisten, namun bingung harus mulai dari mana? Jika iya, simak tips cara menabung milenial berikut ini.

Well, siapa yang tak ingin bisa menabung mudah dan cepat, namun tetap cuan untuk masa depan? Yup, mungkin kamu salah satunya.

Semakin meningkatnya biaya kebutuhan dan properti saat ini, menabung sejak dini merupakan keputusan yang tepat.

Bahkan, dengan membiasakan menabung, kamu bisa sekaligus menyiapkan dana darurat di masa depan.

Lantas, bagaimana cara agar bisa menyimpan dana secara konsisten? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak tips mengatur keuangan milenial di artikel ini! 

Cara Menabung Milenial  

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), generasi milenial adalah orang atau kelompok usia yang lahir tahun 1980-an hingga 1990-an.

Adapun cara menabung milenial yang efektif dan anti gagal berikut ini bisa kamu coba secara konsisten, antara lain yaitu:

1. Mulai dari Rp20 Ribu   

Tips mengatur keuangan milenial 20 ribu ini dipopulerkan oleh salah satu motivator bernama Ippho Santosa.

Adapun cara menabung milenial ini adalah kamu perlu menyiapkan celengan, kemudian menyimpan semua uang 20 ribu yang kamu punya ke dalamnya.

Misalnya, saat kamu sehabis belanja apapun, lalu terdapat kembali uang 20 ribu 2 lembar, maka masukkan semua uang tersebut ke dalam celengan.

Dalam hal ini, jika kamu berhasil menabung 2 lembar 20 ribu setiap harinya, dalam satu minggu akan terkumpul sebanyak Rp280.000, serta sebulan tabunganmu mencapai Rp1.120.000.

2. Buat List Pengeluaran dan Pemasukan  

Cara menabung milenial yang satu ini bisa dilakukan dengan membuat alokasi keuangan setiap bulannya untuk kebutuhan pokok, seperti transportasi, makan, tempat tinggal, dan lainnya.

Setelah itu, buat catatan mengenai pengeluaran dan pemasukan secara berkala, serta jangan lupa untuk mencantumkan detail nominalnya. Dengan begitu, keuangan kamu akan lebih terkontrol. 

Baca juga: Mengenal Cara Menabung Sistem Amplop, Hemat Uang Jadi Mudah!

3. Menggunakan Sistem Tanggal 

Cara menabung milenial menggunakan sistem tanggal juga cukup efektif dan patut kamu coba.

Bagaimana caranya? Misalnya, dalam satu bulan terdapat 30 hari. Maka, pada tanggal 1, kamu menabung sebanyak Rp30 ribu, tanggal 2 Rp29 ribu, begitupun seterusnya.

Jika konsisten melakukan cara menabung milenial ini, dalam satu bulan kamu berhasil mengumpulkan uang sebanyak Rp465 ribu.

4. Buat Tujuan dan Target Pencapaian 

Membuat tujuan serta target pencapaian juga merupakan cara menabung milenial yang cukup efektif. 

Maka selama menabung, kamu sudah mempunyai target yang jelas, dan hal ini bisa memotivasi dirimu untuk mencapai tujuan tersebut.

Misalnya, dalam 3 tahun ke depan kamu ingin memiliki mobil atau menyimpan tabungan dalam jumlah tertentu selama 5 tahun berikutnya.

Dalam hal ini, kamu perlu menentukan anggaran yang akan ditabung setiap bulannya, atau gunakan autodebet dari rekening tabunganmu.

Dengan begitu, secara otomatis kamu sudah bisa disiplin dan konsisten dalam menyisihkan pemasukan untuk menabung.

5.  Membuat Aturan 50/30/20 

Hampir sama dengan sistem tanggal, namun bedanya, cara menabung milenial ini ditentukan berdasarkan persentase pemasukan yang kamu miliki.

Aturannya yaitu, gunakan 50% dari penghasilanmu untuk memenuhi kebutuhan, berupa biaya pendidikan, uang sewa, atau tagihan.

Kemudian, sisihkan 30% untuk memenuhi lifestyle atau uang pokok makan di luar. Sementara itu, barulah 20% kamu gunakan untuk menabung dari pendapatanmu.

6. Tidak Berlebihan Mengikuti Lifestyle 

Mengikuti lifestyle pada dasarnya sah-sah saja. Meskipun begitu, jangan sampai kamu melakukannya secara berlebih-lebihan, ya.

Pasalnya, setiap tren, termasuk gadget, fashion, hingga mobil, akan terus berubah seiring perkembangan zaman.

Jadi, jika kamu terus menerus menuruti lifestyle, bukan tidak mungkin nantinya malah terjebak dan tak bisa berhenti untuk melakukannya.

Well, daripada hanya akan membuat pola hidup konsumtif, sebaiknya tetapkan pendirian bahwa kamu perlu membeli barang untuk keperluan saja, bukan hanya sekadar keinginan.

Baca juga: Tips dan Rekomendasi Bank untuk Menabung Mudah, Pasti Aman!

Rekomendasi Tempat Mengelola Dana untuk Milenial 

Setelah mengetahui cara menabung milenial, berikut adalah rekomendasi tempat yang bisa kamu coba untuk mengelola dana, di antaranya yaitu:

1. Membuat Tabungan Khusus 

Tips mengatur keuangan milenial yang pertama adalah kamu perlu menyiapkan tabungan khusus untuk menabung.

Hal ini dilakukan agar kamu tidak mencampuri uang sehari-hari dengan biaya untuk menabung. Cara ini juga bisa mengantisipasi bocornya tabunganmu secara tidak sadar, untuk kebutuhan sehari-hari.

Nah, dalam hal ini, ONe Mobile bisa menjadi alternatif tempat untuk kamu mengelola dana secara milenial.

ONe Mobile OCBC NISP adalah aplikasi mobile banking yang juga dilengkapi dengan berbagai layanan finansial menguntungkan.

Melalui ONe Mobile, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas perbankan hanya dari satu aplikasi, mulai dari menabung, transfer uang secara cepat, hingga investasi, sehingga mengelola dana menjadi lebih mudah dan efisien.

2. Berinvestasi 

Tips mengelola cara menabung milenial berikutnya adalah dengan berinvestasi, salah satunya melalui reksa dana.

Mengapa harus reksa dana? Karena instrumen satu ini cocok dijadikan sebagai investasi jangka pendek, menengah, hingga panjang, yang juga dapat disesuaikan dengan profil risiko masing-masing, sehingga bisa menjadi tempat untuk menabung ala milenial.

Nah, sebagai solusi praktis, kamu bisa mulai berinvestasi obligasi melalui ONe Mobile mulai Rp20 ribu saja, lho!

3. Menabung Emas 

Rekomendasi tips mengatur keuangan milenial yang terakhir adalah kamu bisa mencoba menabung melalui investasi emas.

Yup, emas adalah salah satu instrumen investasi jangka panjang yang mempunyai nilai tetap, meskipun kemungkinan akan terjadi inflasi.

Menabung Ala Milenial dengan Mudah bersama Ruang meNYALA 

Itu dia penjelasan lengkap mengenai cara menabung milenial dan rekomendasi tempat pengelolaannya.

Sebelum mulai menabung, kamu juga bisa melihat kondisi kesehatan finansialmu terlebih dahulu. Dengan begitu, pengelolaan dana bisa menjadi lebih tepat.

Dalam hal ini, RuangmeNYALA dapat menjadi solusinya! Yup, kamu bisa mengecek kondisi kesehatan finansial melalui layanan Financial Fitness Checkup.

Nantinya, kamu bisa konsultasi secara 1-on-1 mengenai tips & trik mengelola keuangan dengan baik, bersama Nyala Trainer yang ahli di bidangnya, tanpa biaya apapun, alias gratis!

Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu book tanggal dan pilih Nyala Trainer yang diinginkan, well done! Tunggu saja deh, waktu konsultasinya tiba.

Mudah bukan? Yuk, gabung dan raih #FinanciallyFit sejak dini bersama RuangmeNYALA!

Baca juga: 8 Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun, Begini Tips Mudahnya!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya