Logo Ruang Menyal
Bg Block

Cara Lapor Pajak Online Lewat E-Filing dengan Mudah dan Cepat!

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 21 November 2023 | 552 dilihat

Article Detail

Cara Lapor Pajak Online Lewat E-Filing dengan Mudah dan Cepat!

Zaman sekarang semua serba praktis, tak terkecuali untuk pelaporan pajak. Ya, telah tersedia cara lapor pajak online lewat e-Filing yang tentunya memudahkan para wajib pajak dalam membayar serta melaporkan pajak mereka.Nah, kalau kamu masih belum terlalu paham bagaimana tata caranya, jangan khawatir. Sebab RuangmeNyala telah merangkumnya secara terperinci di sini. Check it out!

Apa itu e-Filing?

E-filing adalah metode pelaporan pajak online. Cara lapor pajak secara online tidak lagi memerlukan kehadiran secara fisik, melainkan dapat dilakukan melalui website resmi Direktorat Jenderal Pajak atau aplikasi resmi seperti e-filing ASP BRI, SPT (Sarana Prima Telematika) OnlinePajak, dan Pajakku.Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui cara  lapor pajak online, kamu harus memiliki EFIN terlebih dahulu. Electronic Filing Identification Number atau EFIN adalah nomor yang digunakan sebagai semacam kode pengenal ketika melakukan pembayaran pajak secara online. 

Untuk mengetahui bagaimana cara lapor pajak online dan persiapannya, simak penjelasan berikut baik-baik. 

Persiapan untuk Lapor Pajak Online

Secara umum, cara lapor pajak online pribadi dan badan usaha tidak jauh berbeda. Wajib pajak pribadi baik karyawan swasta, pegawai pemerintah, dan juga wirausaha harus memiliki EFIN. Sedangkan bagi badan usaha, mereka diwajibkan memiliki sertifikat elektronik.Terdapat tiga hal yang harus dipersiapkan dalam pembahasan cara melapor pajak online kali ini.

Pertama, Nomor Pokok Wajib Pajak. NPWP digunakan oleh wajib pajak untuk mendapatkan EFIN. Kedua, setelah kamu mendapatkan NPWP, cara lapor pajak online pribadi selanjutnya adalah pembuatan EFIN. Nah, yang terakhir, dengan menggunakan NPWP dan EFIN tersebut, kamu dapat mengakses akun di website DJP Online.Selain EFIN dan NPWP, dokumen apa saja yang dibutuhkan sebagai syarat tata cara lapor pajak secara online? 

Cara lapor pajak online tahunan memerlukan dua macam berkas yaitu formulir dan dokumen. Dokumen yang dipersiapkan adalah:

1. Daftar penghasilan

2. Daftar tanggungan keluarga 

3. Pembayaran zakat dan sumbangan sosial lain 

4. Daftar harta dan utang

5. Laporan keuangan (bagi badan usaha)

Tidak hanya dokumen di atas, cara lapor pajak online perusahaan dan pribadi juga membutuhkan formulir dengan format yang sudah tersedia. Jenis formulirnya adalah sebagai berikut.

 

1. Formulir 1770

Formulir 1770 adalah formulir untuk wajib pajak pribadi pengusaha yang mendapatkan penghasilannya baik dari Indonesia maupun luar negeri. 

 

2. Formulir 1770S

Bagaimana cara lapor pajak online pribadi bagi wajib pajak karyawan dengan penghasilan lebih dari 60 juta per tahun? Gunakan formulir 1770S dan tidak lupa dokumen pendukungnya.

 

3. Formulir 1770SS

Penghasilan pertahun kamu kurang dari 60 juta? Bukan berarti kamu tidak wajib membayar pajak ya! Tata cara lapor pajak online bagi wajib pajak pribadi berpenghasilan kurang dari 60 juta harus menggunakan formulir 1770SS. Siapkan juga dokumen lain sesuai kebutuhan. 

 

4. Formulir 1771

Apakah wajib pajak hanya merupakan pribadi? Bagaimana dengan perusahaan? Nah, cara lapor pajak online perusahaan tidak berbeda jauh dengan wajib pajak pribadi. Hanya saja, perusahaan wajib menggunakan formulir 1771 dalam pelaporannya. 

Terlihat mirip, lalu apa yang membedakan formulir 1771 dan 1770? Pemilik badan usaha dapat menggunakan formulir 1770 sedangkan formulir untuk badan usahanya adalah 1771.  

 

Cara Mendapatkan EFIN

Jika kamu telah memahami dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan pelaporan pajak, langkah selanjutnya adalah menyiapkan EFIN. Langkah pembuatan EFIN adalah sebagai berikut.

1. Masuk ke laman pajak.go.id dan temukan fitur pembuatan EFIN. Pastikan koneksi internet kamu stabil, ya.

2. Setelah mendaftarkan akun lalu unduh formulir EFIN.

3. Masih dalam website yang sama, akses laman pembuatan EFIN.

4. Isilah formulir NPWP.

5. Ikuti instruksi selanjutnya kemudian unggah foto kamu.

6. Setelah selesai, pemberitahuan akan dikirim ke email yang kamu daftarkan.

7. Untuk mengakses file EFIN tersebut, kamu membutuhkan 6 digit kata sandi yang diambil dari NPWP.

 

Cara Registrasi DJP Online

Setelah melakukan semua langkah di atas, cara lapor pajak online selanjutnya adalah registrasi akun di DJP online.Pertama, buka website djponline.go.id. Setelah memilih opsi “belum registrasi”, isikan NPWP, EFIN, serta kode keamanan pada laman pendaftaran. Setelah itu verifikasi data diri kamu. Pada tahap ini, sistem akan mengirimkan email yang harus dikonfirmasi.

Jadi, pastikan emailmu aktif ya. Jika sudah menerima email, klik tautan di dalamnya dan pastikan kamu login lagi menggunakan NPWP dan kata sandi yang telah dibuat. Mudah bukan?

 

 

Tata Cara Lapor Pajak Online lewat e-Filing

Tata cara lapor pajak online berikut ini adalah langkah terakhir dalam pelaporan pajak. Simak yuk!

1. Buka laman djponline.go.id. Login dengan menggunakan NPWP dan kata sandi.

2. Temukan fitur e-filing.

3. Mulailah pelaporan pajak pada pilihan “Buat SPT”.

4. Terdapat formulir singkat SPT yang akan muncul.

5. Setelah itu pilih jenis SPT. Sesuaikan dengan identitas, semisal 1770S untuk penghasilan 60 juta ke atas dan 1770SS untuk penghasilan kurang dari 60 juta. Lalu isilah formulirnya.

6. Jika selesai mengisi formulir SPT, akan muncul ringkasan SPT. Ikuti instruksi yang tertera pada halaman.

7. Terakhir, cara lapor pajak online tahunan adalah buka email kamu dan pastikan kamu telah menerima Bukti Penerimaan Elektronik SPT tahunan.

Baca Juga : Denda telat lapor SPT yang dikenakan tentu berbeda-beda berdasarkan identitas wajib pajak. Yuk, cari tahu besaran dan cara membayarnya di sini! 

Bagaimana? Mudah bukan tata cara lapor pajak online lewat e-Filing ini? Cukup menggunakan smartphone atau laptop kamu sudah bisa melakukan pelaporan. Jadi, yuk lapor pajak tepat waktu!

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya