Logo Ruang Menyal
Bg Block

Cara Investasi Emas di Pegadaian, Ini Syarat hingga Keuntungan

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 09 Agustus 2023 | 714 dilihat

Article Detail

Ada banyak cara menuju Roma, begitu pula dengan Investasi. Sebagai pemula, ada berbagai trik yang bisa kamu terapkan. Salah satunya yaitu cara investasi emas di pegadaian. Selain aman, pegadaian juga memberikan pelayanan mudah untuk masyarakat.

 

Emas telah menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak diminati. Jika tertarik, mulailah dengan menabung di pegadaian dari sekarang. Bagaimana caranya? Yuk simak pembahasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Cara Investasi Emas di Pegadaian

Dalam upaya mengembangkan usahanya, Pegadaian menawarkan cara baru dalam berinvestasi kepada para nasabahnya. Yaitu, investasi logam mulia berbasis emas. Produk baru ini rupanya menjadi inovasi bagi Pegadaian, tidak dalam bentuk simpan pinjam, melainkan investasi.

 

Ada beberapa cara investasi emas di pegadaian yang bisa dilakukan oleh nasabah. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Investasi Emas Mulai Rp5 Ribu di Pegadaian

Sama halnya dengan produk investasi pada umumnya, uang yang akan kamu investasikan akan dikonversikan dalam emas. Dimana, nilai 0,01 gram emas setara dengan Rp 5 ribu. Fitur ini cukup menguntungkan bagi kamu yang ingin memiliki emas sekaligus menyimpannya di tempat aman.

 

Tak hanya itu, emas tersebut bisa kamu jual kembali ke Pegadaian dengan sistem buyback. Nantinya, pihak pegadaian akan membelinya sesuai dengan harga emas di pasaran saat itu juga. Sehingga, tidak akan terpengaruh oleh inflasi. Bukankah cara investasi emas di pegadaian ini cukup menguntungkan?

2. Jasa Titip Jual dalam Konsinyasi Emas Pegadaian

Layanan ini cocok bagi kamu yang ingin melakukan perputaran modal dengan menjual modal lebih cepat kepada orang lain. Pegadaian menyediakan jasa titip jual emas batangan untuk para nasabahnya.

 

Cara kerjanya, apabila ada nasabah yang memiliki emas batangan dan hendak menjualnya, maka bisa dititipkan pada pegadaian. Sehinga, apabila ada nasabah lain yang ingin membeli emas secara tunai, maka emas titipan tersebut akan dijual lebih dulu.

3. Produk Emas Batangan Bernama Mulia

Selain bentuk layanan, pegadaian juga menyediakan produk emas batangan berupa fisik. Kisaran berat yang ditawarkan mulai dari 5 gr hingga 1 kg. Investor bisa memiliki dan menyimpan emas tersebut secara langsung.

 

Fakta menariknya, kamu bisa membeli produk ini secara tunai, kredit maupun kolektif. Sehingga, kamu bisa membelinya secara sharing bersama teman atau keluarga, bahkan dalam bentuk arisan.

 

Bila membeli secara kredit, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi:

 

  • Jenis emas yang disediakan yaitu Antam, UBS dan Pegadaian.

  • Jangka waktu cicilan 3 sampai dengan 36 bulan.

  • Uang muka minimal 15 persen

  • Pengambilan emas fisik setelah lunas

  • Akad pembiayaan satu akad

  • Biaya administrasi Rp 50.000

     

Cara investasi emas di pegadaian dengan membelinya langsung sudah dijamin keamanan dan keresmiannya. Sehingga, emas yang dihadirkan terjamin murni legal dan sah. Serta, juga akan diberikan sertifikat atas nama pembeli.

 

Baca juga: 12+ Cara Investasi Saham untuk Pemula, Ini Langkah Mudahnya!

Sistem Investasi Emas di Pegadaian

Cara investasi emas di pegadaian diperjualbelikan berdasarkan harga pasaran yang ditetapkan oleh Pegadaian. Harganya sendiri bisa dicek melalui aplikasi Digital Pegadaian yang merupakan aplikasi resmi dari PT Pegadaian.

 

Kamu bisa mulai menabung emas dan melakukan isi ulang melalui aplikasi Digital Pegadaian yang sudah memiliki alat simpan emas. Minimum pembelian emas harian adalah Rp 50 ribu dan maksimum Rp 10 juta.

 

Harga yang tertera di aplikasi Digital Pegadaian yaitu harga jual dan harga beli. Harga jual adalah harga dimana Pegadaian menjual emas kepada nasabah. Harga beli adalah harga dimana pegadaian membeli emas dari pelanggan (buyback).

Tata Cara Investasi Emas di Pegadaian

Seperti umumnya memulai tabungan atau investasi, tata cara investasi emas di pegadaian bisa kamu mulai dengan membuka buku rekening emas. Adapun biaya-biaya yang dibutuhkan sebagai berikut.

Biaya Pembukaan Rekening Emas

Keuntungan Investasi Emas di Pegadaian

Lalu, apakah trik investasi emas di pegadaian menguntungkan? Pertanyaan ini sudah jelas pasti. Selain keamanan dan kelegalannya terjamin, adapun beberapa keuntungan investasi emas di pegadaian lainnya yang bisa kamu nikmati. Diantaranya sebagai berikut.

 

  • Mudah ditemukan karena semua outlet dan layanan digital Pegadaian serta agen pegadaian menyediakan layanan tabungan emas pegadaian.

  • Pesanan segel emas dapat ditempatkan mulai dari 1 gram.

  • Harga jual dan beli yang kompetitif.

  • Biaya manajemen dan administrasi yang rendah.

  • Karate dijamin 24 karat.

  • Fleksibel dan bisa mulai dari yang kecil. Kamu bisa melakukan pengisian ke rekening tabungan emas mulai dari 0.1 gram.

  • Manajemen yang profesional dan transparan.

  • Pelanggan dapat mulai menyetor deposit emas mulai dari 0,01 gram.

 

Meski begitu, investasi emas tetap memiliki risiko kerugian. Kekurangan investasi emas di pegadaian sama halnya dengan yang lain. Ada momen dimana harga emas naik turun secara signifikan. Karena itu, penting untuk memahami pergerakan harga emas di pasaran.

 

Nah, itu dia kiat-kiat cara investasi emas di pegadaian. Pegadaian bisa menjadi pilihan lembaga yang aman dalam membantu kamu memulai investasi. Selain itu, kamu dapat mulai menabung emas dengan nominal kecil lho! Yuk coba investasi dari sekarang.

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya