Logo Ruang Menyal
Bg Block

Apa Itu Brand Awareness ? - Pengertian dan Cara Meningkatkan

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 21 April 2024 | 5710 dilihat

Article Detail

Brand awareness adalah hal yang penting untuk diperhatikan bagi pebisnis. Nilai dan kemampuan ini bisa meningkatkan perusahaan dalam menjual produk atau jasa mereka karena konsumen sudah mengetahui keberadaan merek tersebut. Tak bisa sembarangan, ada beberapa indikator brand awareness yang perlu dipenuhi. Apakah itu? Yuk, simak panduan apa itu brand awareness bagi perusahaan pada artikel ini.

Apa itu Brand Awareness? 

Brand awareness adalah sebuah tolak ukur bisnis tentang seberapa luas user yang telah mengenal brand kamu. Kesadaran terhadap merek ini menjadi hal yang penting, karena awareness bisa mendatangkan transaksi pembelian produk dari konsumen. 

Idealnya, brand awareness ini mencakup kualitas apa saja yang membedakan satu produk dengan produk lainnya, hingga brand ini memiliki keunikan yang selalu diingat oleh konsumen.

Pengertian Brand Awareness Menurut Para Ahli

Secara umum, brand awareness adalah sebuah tingkatan pengenalan konsumen terhadap suatu baranag dengan namanya, sedangkan terdapat beberapa pengertian brand awareness menurut para ahli.

  1. Dari Aaker, brand awareness adalah kemampuan sebuah brand untuk membuat calon pembeli, mengenali dan mengingat bahwa merek tersebut adalah bagian dari kategori produk tersebut.
  2. Menurut Kertajaya, brand awareness adalah kemampuan sebuah merek untuk bisa membuat pelanggan potensial mengenali atau mengingat merek itu kembali bahwa merek tersebut adalah bagian dari kategori produk tersebut.

Dari pengertian brand awareness dari para ahli, dapat kita simpulkan bahwa kesadaran merek adalah salah satu indikator dimana konsumen mengenali merek yang kita miliki dalam beberapa tingkatan.

Baca juga: Product Branding: Pengertian, Manfaat, Contoh & Strateginya

Indikator Brand Awareness

Kita pasti ingin tahu, sampai mana brand kita dikenal oleh konsumen. Untuk mengetahui indikator brand awareness, ada beberapa tingkatan yang bisa kamu kenali. Indikator ini terbagi menjadi empat, yaitu :

1. Unware of Brand

Ketika perusahaan berada di unaware brand, ini berarti konsumen belum menyadari tentang kehadiran dari merek tersebut. Supaya perusahaan berkembang, usahakan tidak berada di indikator ini.

2. Brand recognition

Pada indikator brand awareness ini, konsumen sudah mulai mengenali brand tersebut atau malah baru kenal dengan brand tersebut. Pada indikator ini juga merupakan tahap awal dari kesadaran merek.

3. Brand recall

Setelah brand recognition, indikator selanjutnya adalah brand recall. Dimana konsumen sudah dapat mengingat kembali merek tersebut tanpa harus memancingnya dengan membandingkan merek lainnya.

4. Top of mind awareness

Posisi tertinggi pada indikator brand awareness adalah top of mind. Dimana konsumen sudah hafal dengan merek tersebut saat menyebutkan produk tertentu. Tahapan ini yang sangat diinginkan oleh perusahaan, dimana merek mereka menjadi top of mind. Jelas, di tahapan ini, akan banyak orang yang lebih mengenali produk atau jasa yang mereka berikan.

Baca juga: Strategi Pemasaran 4p: Pengertian, Variabel, Dan Contohnya

Cara Meningkatkan Brand Awareness 

Mengingat pentingnya memiliki kesadaran merek pada usaha dan juga produk yang kita buat. Maka, meningkatkan kesadaran merek pada jaman digital ini bisa kamu tempuh dengan langkah sebagai berikut.

1. Kolaborasi

Di jaman yang semakin maju dan serba digital, tentu saja keunikan dari barang atau jasa tersebut diperlukan. Salah satu yang bisa kita gunakan adalah dengan berkolaborasi bersama brand lain yang mungkin tidak terpikirkan oleh kompetitor. 

Contoh saja, ada sebuah brand kosmetik, berkolaborasi dengan brand bumbu masak. Apakah ada hubungannya? Tentu saja, saat penggunaan sehari-hari tidak ada hubungannya. Tetapi, saat mereka melakukan kolaborasi, konsumen melihat hal yang unik dan akhirnya merk tersebut telah meningkatkan brand awareness dengan keunikannya.

2. Mengadakan event

Ketika kamu akan me-launching sebuah produk atau jasa, tidak ada salahnya kamu mengadakan sebuah event untuk memperkenalkan produk yang kamu miliki. Terlebih lagi, kamu pun bisa mengadakan acara dengan berkolaborasi. Pada proses ini, brand awareness adalah hal yang bisa ditingkatkan melalui promo di sela-sela acara. 

3. Sosial media

Siapa sih disini yang tidak menggunakan sosial media? Ya, hampir semua orang menggunakan sosial media, hal ini juga bisa kamu lakukan untuk memperkenalkan brand kamu. Mengingat sosial media bisa menjangkau siapapun dan dimanapun, hal ini bisa kamu gunakan untuk memperkenalkan brand kamu loh.

4. Penggunaan Iklan

Tidak sebatas sosial media juga, tetapi kamu harus membuat dubai melihat brand yang kamu miliki. Kamu bisa memanfaatkan fitur iklan yang ada di sosial media, atau bahkan kamu juga bisa loh menggunakan iklan yang di tv atau bahkan di billboard. Tetapi, akan lebih mudah dan murah juga, jika kamu mulai dari memasang iklan di sosial media kamu.

Baca juga:  Apa Itu Brainstorming? Ini Pengertian, Contoh, Dan Tujuannya

Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembeli

Apa pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembeli? Jawabannya cukup singkat. Semakin terkenal brand yang kamu miliki, maka pembeli akan lebih mudah untuk percaya kualitas produk yang kamu jual. Dengan begitu, produk kamu juga akan lebih tinggi peminat dan pembelinya. 

Dengan adanya kesadaran merek juga sebenarnya memudahkan kita juga loh. Kita tidak usah capek-capek menggunakan iklan, jika memang brand kamu sudah menjadi top of mind. Semua orang akan mencari-cari merek kamu.

Contoh Brand Awareness 

Salah satu contoh brand awareness adalah #FinanciallyFit yang kamu temukan saat mengunjungi ruangmenyala.com atau membuka halaman instagram @ruangmenyala.

Pada hashtag digunakan, memudahkan para konsumen, ketika mereka akan mencari pengetahuan mengenai keuangan, mereka akan langsung menuju ruangmenyala. Atau jika mereka butuh bimbingan mengenai keuangan, mereka akan langsung menuju ruangmenyala.

Membangun brand awareness adalah hal yang cukup krusial. Bagi sebuah perusahaan, memang membutuhkan proses yang cukup panjang. Namun, ketika kamu berhasil memenuhinya, banyak keuntungan yang bisa didapat. 

Baca juga: Digital Marketing: Pengertian, Jenis, Kelebihan & Strategi


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya