Logo Ruang Menyal
Bg Block

5 Tips Bisnis Dari Usia Muda yang Harus Diperhatikan

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 15 Desember 2023 | 353 dilihat

Article Detail

Usia muda bukanlah halangan bagi kamu yang pengen mulai bisnis, apalagi di zaman sekarang udah banyak banget anak muda yang kreatif dalam membangun bisnis mereka dan kaya di usia muda. Gak heran, kalau banyak anak muda yang memilih membangun bisnis dibanding kerja sebagai karyawan karena keuntungannya yang bisa didapat lebih besar dalam membangun bisnis. Tetapi, untuk membangun sebuah bisnis diperlukan keahlian khusus dan langkah-langkah yang harus diperhatikan. Tidak sedikit juga anak muda yang masih bingung harus mulai membangun bisnis darimana, yuk kita lihat beberapa tips ini!

1. Pilih sesuai passion

 Ketika kamu mulai membangun bisnis dengan apa yang kamu sukai atau passion kamu, maka nanti kamu akan melakukannya dengan sepenuh hati bukan karena paksaan atau dorongan dari orang lain. Jika kamu memiliki passion memasak, kamu bisa memulai dengan membuka usaha makanan kecil, menjual peralatan masak, dan lain sebagainya.

Tetapi hal yang perlu kamu perhatikan ketika memulai bisnis adalah, hindari memulai bisnis hanya karena melihat keuntungan yang besar, terlihat kere, atau ikut-ikutan temen. Jadi harus dipikirin dengan matang ya sobat Nyala!

2. Membuat Business Plan

 


Perancangan sebelum memulai bisnis juga bagian penting sebelum memulai bisnis. Membuat business plan adalah sebuah langkah awal bagi seorang pengusaha untuk menjalankan bisnisnya. Apa ajasih yang harus diperhatikan saat membuat business plan?

  • Nama Bisnis
  • Tujuan ( visi & Misi )
  • Analisa produk
  • Target market
  • Strategi pemasaran
  • Analisa keuangan
  • Proyeksi omset dan profit

3. Manfaatkan Social Media

Di jaman sekarang, siapa sih yang gakmain social media? Apalagi dikalangan anak muda, pasti sudah khatam banget dengan penggunaan social media. Maka dari itu, memanfaatkan social media sebagai media untuk mempromosikan bisnis kamu adalah hal yang sangat tepat.

Selain mempromosikan bisnis kamu kepada followers, kamu juga bisa meminta feedback dari konsumen kamu, jadi bisa menjadi acuan untuk memajukan bisnis kamu


 4. Buatlah perbedaan

Ketika mulai suatu bisnis, kamu harus bisa melihat peluang dari bisnis kamu dan membuat keunikan tersendiri dalam bisnis kamu yang bisa membuat konsumen tertarik akan bisnis kamu. Selain membuat produk yang unik, kamu juga harus tetap memperhatikan kualitas produk kamu ya!


5. Kelola keuangan

Ini merupakan bagian yang penting ketika ingin membuat bisnis, kamu harus pintar dalam mengelola keuangan kamu sehingga nantinya kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting. Kamu bisa mulai dengan membuat jurnal keuangan kamu agar lebih rapih dan terstruktur.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba Nyala Bisnis, layanan perbankan digital yang bisa kamu akses dengan One Mobile, aplikasi banking dari bank OCBC NISP. Dengan Nyala bisnis, bisa membantu kamu  untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis kamu, dan juga bebas biaya transaksi! Yuk mulai bisnis bersama Nyala!

 

 

 

 

 

 

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya