Logo Ruang Menyal
Bg Block

Bijakkah Berutang Untuk Membayar Biaya Sekolah ?

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 27 Agustus 2021 | 1404 dilihat

Article Detail

 

Beberapa hari terakhir ini, kita dikejutkan dengan sebuah berita, bahwa ada seorang guru TK yang terlilit utang pinjol untuk membiayai kuliahnya. Dimana, pihak sekolah membebankan para karyawannya untuk mengambil Pendidikan lanjutan supaya bisa menjadi karyawan tetap. Ternyata, untuk membiayai kuliah membutuhkan uang yang tidak sedikit dan dari pendapatan guru TK tersebut, tidak bisa membayar uang kuliah. Untuk mendapatkan uang secara cepat, akhirnya guru tersebut mengajukan utang ke pinjol. Setelah itu, guru tersebut mengalami kesulitan dalam pembayaran pinjol tersebut karena utangnya sudah mencapai lebih dari biaya kuliah yang ia pinjamkan di awal. Lalu, apakah salah jika kita berutang untuk membayar biaya sekolah ? Temukan jawabannya di artikel berikut ini.

Sebelum berutang, ketahui kondisi keuangan kamu

 

Ketika berutang, banyak sekali orang yang tidak memperhitungkan atau bahkan melihat kondisi keuangannya. Padahal, dalam berutang, kita harus berhati-hati sekali. Banyak orang yang hanya melihat utang, hanya dari sisi cash flownya saja. Dimana, minimal kita berutang ada di 30% dari pendapatan per bulan. Hal tersebut tidaklah salah, hanya saja kita juga harus memahami bahwa ada juga risiko dimana kita akan kehilangan pendapatan.

 

Ketika kita kehilangan pendapatan, tentu kita tidak akan bisa membayar utang tersebut. Maka, yang akan berperan untuk membayar utang tersebut adalah dari aset yang kita miliki. Dari pelajaran di atas, kita memang harus berhati-hati dalam berutang. Jika cicilan per bulan dan bunganya terlalu besar, lebih baik jangan memaksakan diri untuk berutang. Pastikan juga, kamu selalu bisa membayarnya di beberapa bulan berikutnya.

Ketika akan Berutang,

 

Kita sudah tahu tujuan berutang dan juga kemampuan keuangan kita. Maka, hal selanjutnya adalah kamu harus melihat Kembali Lembaga keuangan atau bank yang akan memberikan kamu utang. Bagaimana speak terjangnya, bagaimana bunga yang akan dikenakan, bagaimana biaya yang akan muncul ketika mengambil utang. Jadi, ketika kamu mengambil utang bukan hanya dengan iming-iming mendapatkan uang instan, tetapi kamu harus benar-benar paham soal cara kerja utang tersebut. Lembaga keuangan atau bank bisa memberikan kamu uang dengan cepat di muka, berarti ada syarat yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan uang yang cepat.

Jika Terpaksa berutang

 

Jika kamu sampai terpakas berutang, pastikan bahwa cicilannya memang bisa kamu bayar per bulannya. Kurangi pengeluaran yang tidak begitu penting. Kalau ada rezeki yang lebih, fokuskan pada pelunasan utang terlebih dahulu, baru menabung untuk tujuan keuangan lainnya. Jangan sampai kamu lalai dalam pembayaran utang yang bisa merugikan kamu di kemudian harinya.

 

Supaya kamu tidak salah dalam mengambil Langkah keuangan, ga ada salahnya kamu mengikuti kelas-kelas keuangan dari Ruang MeNyala. Ga ada salahnya kan kamu menambah ilmu di depan untuk bisa menambah kekayaan di kemudian hari.

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya