11 Agustus 2022

5.KEUANGAN KELUARGA

Begini Cara Mengatur Keuangan Keluarga Jika Suami Istri Bekerja

Sudah bukan rahasia umum bahwa ekonomi bisa menjadi salah satu masalah pelik dalam kehidupan rumah tangga. Hal ini tak terkecuali mengenai bagaimana cara mengatur keuangan keluarga jika suami istri bekerja.

Apabila kamu dan pasangan tidak pandai dalam hal ini, maka bisa menjadi sebuah masalah tersendiri. Nah, agar tidak menimbulkan gejolak ekonomi di keluarga, yuk pelajari cara mengatur keuangan keluarga bersama pasanganmu.

5 Cara Mengatur Keuangan Keluarga Jika Suami Istri Bekerja

Ketika kamu sudah menikah, tentu akan terjadi perubahan-perubahan, baik dari kebiasaan sehari-hari hingga soal mengatur keuangan.

Dari yang biasa single, tidak memiliki tanggungan, dan bebas melakukan apapun. Apalagi ketika masih single, kamu juga bebas memutuskan keuangan apapun yang kamu inginkan.

Hal ini pasti berubah ketika kamu akhirnya sudah menikah. Pasalnya, banyak sekali keputusan keuangan yang kamu harus diskusikan bersama dengan pasanganmu. Tidak jarang juga, salah satu penyebab pasangan suami istri bertengkar adalah karena permasalahan keuangan. 

Nah supaya hubunganmu dan pasangan sehat, termasuk juga soal keuangan rumah tangga, pastikan untuk mengetahui bagaimanacara mengatur keuangan jika suami istri bekerja. Check it out!

1. Saling Terbuka dan Percaya Antar Pasangan

Pertama, cara mengatur keuangan keluarga jika suami istri bekerja adalah dengan saling terbuka dan percaya antar pasangan. Keterbukaan antara suami dan istri ini diperlukan, supaya mereka bisa mengetahui bagaimana kebiasaan masing-masing pasangan.

Tidak hanya itu saja, dengan mulai terbuka kepada pasangan, akan memudahkan kita dalam merancang tujuan keuangan untuk keluarga kecil kalian. Fondasi kepercayaan dan keterbukaan ini tentu akan membawa kebaikan di masa depan.

2. Tentukan Bendahara Keluarga

Setelah kamu dan pasangan mulai terbuka soal keuangan, cara mengatur keuangan keluarga jika suami istri bekerja yang kedua adalah dengan menentukan siapa yang akan menjadi bendahara keluarga.

Artinya di sini, kamu dan pasangan menentukan siapa yang akan memegang uang bersama dan juga pelaporannya. Hal ini dilakukan guna mempermudah kamu dan pasangan dalam mengontrol keuangan bersama.

Baca juga: 7 Alasan Istri Harus Punya Uang Sendiri Setelah Menikah

3. Membuat Plan Keuangan Bersama

Cara mengatur keuangan keluarga jika suami istri bekerja yang ketiga adalah dengan membuat plan keuangan bersama.

Ketika kamu dan pasangan membuat plan keuangan bersama, maka kalian akan merasa ada yang dinanti-nanti untuk mencapai tujuan tersebut.

Tidak hanya itu saja, dengan membuat plan keuangan bersama, kamu dan pasangan pun menjadi lebih terarah sekaligus memiliki motivasi untuk selalu memperbaiki diri untuk bisa mencapai tujuan keuangan bersama.

Jadi, apakah kamu sudah terbiasa membuat plan keuangan bersama dengan pasangan?

4. Hindari Persaingan Ekonomi

Berikutnya, cara mengatur keuangan keluarga jika suami istri bekerja adalah dengan mencoba menghindari persaingan ekonomi.

Pasalnya, tidak akan ada habisnya jika kamu dan pasangan malah sibuk membanding-bandingkan dan bukannya malah berfokus pada bagaimana bisa mencapai tujuan keuangan bersama.

Perlu diingat, rezeki tidak hanya dilihat dari segi ekonomi saja. Sebab, rezeki juga bisa berupa pasangan yang mengertimu dan tidak menuntut banyak hal ke kamu.

Maka dari itu, jika kamu berhenti persaingan ekonomi dan lebih fokus dengan apa yang kamu miliki saat ini, tentu akan mempermudah kamu dan pasangan untuk sama-sama fokus mencapai tujuan keuangan bersama.

5. Membuat Bagian Milikku, Milikmu, dan Milik Kita

Terakhir, cara mengatur keuangan jika suami istri bekerja kelima adalah dengan membuat kesepakatan bersama sejak awal. Kesepakatan itu dapat berupa bagaimana kamu dan pasangan akan membagi aset-aset yang dimiliki.

Manakah yang menjadi bagian kamu, dia dan bersama, dengan membuat kesepakatan ini, akan mempermudah kamu dan pasangan dalam mengambil keputusan keuangan.

Baca juga: 10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar Stabil

Nah itu dia pembahasan kita mengenai cara mengatur keuangan keluarga jika suami istri bekerja. Berbicara mengenai masalah ekonomi keluarga, suami dan istri memang harus terbuka dan saling percaya untuk menghindari perselisihan.

Ingin tahu lebih banyak terkait cara mengatur dan meningkatkan keterbukaan antar pasangan terkait keuangan?

Yuk ikuti kelas Ruang meNYALA “Marriage Is Not K-Drama: Yang Wajib Diketahui Sebelum Menikahbersama Natasya Herlind yang akan diselenggarakan secara Online via Zoom pada hari Kamis, 25 Agustus 2022 pukul 19.00 di 20.00. Jangan sampai ketinggalan ya!

0 comments

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!