Logo Ruang Menyal
Bg Block

Bagaimana caranya memiliki dana darurat saat pendapatan masih UMR ?

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 29 Agustus 2021 | 310 dilihat

Article Detail

Dana darurat adalah dana yang harus kita siapkan untuk keadaan yang darurat dan juga yang tidak bisa direncanakan sama sekali. Besaran dana darurat ini bisa berbeda setiap individu, berkisar dari 6 kali hingga 12 kali pengeluaran bulanan kamu. Well, ternyata dana darurat yang dibutuhkan ini cukup besar, banyak sekali orang yang masih struggle dalam menyiapkan dana darurat ini. Karena mereka memiliki keinginan lainnya yang membuat mereka kesulitan mengalokasikan dana darurat. Sehingga, saat mereka membutuhkan dana darurat, alhasil dana darurat mereka belum ada atau belum mencapai yang sudah direncanakan. Akhirnya, opsi mengambil cicilan ini menjadi salah satu jalan pintas untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tapi, mungkin ga sih kalau yang masih bergaji UMR bisa memiliki dana darurat ? Bisa banget ! Yuk ikuti langkahnya di bawah ini.

Langkah pertama, buat anggaran keuangan dan catatan keuangan

Langkah pertama dalam menyusun dana darurat adalah kamu harus membuat anggaran keuangan dan catatan keuangan harian. Anggaran keuangan fungsinya untuk mempermudah kamu dalam pengalokasian dana, sehingga kamu jadi tahu berapa sih kemampuan menabung kamu per bulan. Catatan keuangan digunakan untuk men- track pengeluaran kamu yang sesungguhnya, sehingga akan mempermudah kamu Ketika kamu akan me-review keuangan kamu di akhir bulan. Setelah membuat anggaran keuangan dan catatan keuangan harian, kamu jadi tahu berapa kemampuan kamu menabung per bulan.

Langkah Kedua, buat goals dari dana darurat yang harus kamu kumpulkan

 

Setelah kamu tahu kemampuan menabung per bulan kamu, Langkah selanjutnya adalah membuat goals dari dana darurat yang harus kamu kumpulkan. Misalkan, pengeluaran bulanan kamu adalah Rp 5.000.000 per bulan, dan status kamu adalah single. Maka, dana darurat yang harus kamu kumpulkan adalah sebesar Rp 5.000.000 x 6 = Rp 30.000.000. Besaran dana darurat ini tergantung dari status pernikahan kamu ya, berikut ini adalah rules of thumb dari besaran dana darurat yang perlu dikumpulkan :

·         Jika kamu masih single, maka kebutuhan dana darurat kamu adalah minimal di 6 kali dari pengeluaran bulanan.

·         Jika kamu sudah menikah, maka kebutuhan dana darurat kamu adalah minimal di 9 kali dari pengeluaran bulanan.

·         Jika kamu sudah menikah dan punya anak, maka kebutuhan dana darurat kamu adalah minimal di 12 kali dari pengeluaran bulanan.

Langkah ketiga, set juga berapa lama kamu bisa mengumpulkan dana darurat kamu

 

Selanjutnya, kamu tinggal set berapa lama kamu bisa mengumpulkan dana darurat kamu. Misalkan, kemampuan menabung kamu per bulan adalah sebesar Rp 500.000, sedangkan dana darurat yang harus kumpulkan adalah Rp 30.000.000. Maka, dana darurat kamu bisa terkumpul selama Rp 30.000.000 / Rp 500.000 = 60 bulan atau 5 tahun. Jadi, berapa lama dana darurat yang bisa kamu kumpulkan, sob ?

Langkah keempat, jadikanlah dana darurat tujuan utama keuangan kamu (jika kamu belum memilikinya)

 

Kamu harus menjadikan dana darurat ini tujuan keuangan utama yang harus kamu kumpulkan terlebih dahulu. Karena dana darurat ini fungsinya sangat vital, yaitu untuk melindungi kamu dari risiko kehidupan berikut :

·         Kehilangan pekerjaan / terjadi pengurangan pendapatan

·         Biaya perbaikan (rumah, kendaraan, gadget dan lain-lain)

·         Pengeluaran tidak terduga lainnya

Coba kamu pikirin deh sob, apakah keadaan tersebut ada tanggal mainnya ? Apakah keadaan tersebut hanya bisa terjadi di beberapa orang atau kamu bisa saja mengalaminya besok, 2 hari lagi, 2 bulan lagi atau bahkan 5 tahun lagi? Sudah siapkah jika keadaan tersebut dialami oleh kamu ?

 

Jadi, ga ada baiknya kamu menunda pengumpulan dana darurat, semakin cepat tentu akan semakin baik. Kalau kamu masih kesulitan mengumpulkan dana darurat, tidak apa-apa memulainya dari yang nominal kecil terlebih dahulu, nanti kalau sudah terbiasa, kamu bisa mulai dari nominal yang besar. Yuk rencanakan dana darurat kamu dengan Ruang MeNyala !

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya