Logo Ruang Menyal
Bg Block

Bagaimana cara memiliki dana darurat untuk gaji UMR ?

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 09 Desember 2021 | 588 dilihat

Article Detail

Memiliki dana darurat memang sangat wajib untuk setiap orang, karena dana darurat akan menjadi pengaman keuangan kita, ketika pemasukan utama kita dari bekerja terhenti. Dengan dana darurat, kamu masih bisa mencukupi kebutuhan kamu sehari-hari tanpa ada kekurangan. Selain itu, dana darurat juga dapat berguna jika ada situasi darurat yang tiba-tiba terjadi, seperti kamu jatuh dari motor, kamu sakit dan harus dirawat di rumah sakit, dengan adanya dana darurat, biaya pengeluaran tersebut tidak akan mencampuri cashflow utama kamu. 

Tapi, pasti masih banyak yang sulit untuk menyiapkan dana darurat dikarenakan, masih memiliki gaji UMR. Walaupun masih UMR, kamu tetap bisa kok untuk memiliki dana darurat, simak caranya dibawah ini!

1.    Atur Pengeluaran Kamu Selama Sebulan

Untuk kamu mengetahui berapa idealnya dana darurat yang kamu siapkan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur pengeluaran per bulan kamu dengan baik. Dengan kamu mengatur pengeluaran kamu dengan baik, kamu pasti bisa menentukan berapa banyak uang yang kamu butuhkan. Kamu harus memprioritaskan kebutuhan kamu seperti bayar tempat tinggal, makan sehari-hari, transportasi dan lain-lain. Jika kamu sudah mengatur kebutuhan kamu, kamu bisa menjadikan sisanya untuk dana darurat kamu. Kamu bisa menggunakan metode 50/30/20, dimana minimal 20% dari pendapatan kamu bisa kamu alokasikan untuk dana darurat. Jika kamu bisa mengalokasikannya lebih besar maka akan semakin cepat dana darurat kamu terkumpul loh.

2.    Sisihkan Sejak Hari Gajian Tiba

Selain kamu mengatur pengeluaran kamu terlebih dahulu, kamu juga bisa langsung menyisihkan gaji untuk dana darurat kamu. Jadi tidak ada alasan gajimu terlanjur habis sehingga tidak bisa menyisihkan uang untuk dana darurat, terutama jika kamu baru pertama kali menyiapkan dana darurat

3.    Mengurangi Pengeluaran 

Ketika gaji kamu masih UMR, kamu bisa mulai dengan mengurangi pengeluaran kamu perbulan. Tanpa disadari, kamu mungkin mengeluarkan uang terlalu banyak untuk hal-hal lain, seperti kamu terlalu sering nongkrong ke café, atau kamu sering check out barang belanjaan di toko online ketika baru gajian. Sebaiknya kamu mengurangi pengeluaran tersebut dan kamu jadikan dana darurat, jika kamu sudah menentukan berapa persentase dana darurat kamu perbulan dan ternyata tersisa, kamu bisa banget untuk menabung dengan sisa tersebut.

4.    Mencari Penghasilan Tambahan

Kamu juga bisa memperbesar dana darurat kamu dengan mencari penghasilan tambahan. Dengan mencari penghasilan tambahan, kamu akan lebih mudah mengatur keuangan kamu, dan dana darurat kamu. Malahan, dana darurat kamu bisa semakin besar jumlahnya tiap bulannya. 

5.    Melunasi Hutang

Kamu baru bisa mengumpulkan dana darurat kalau hutang kamu sudah lunas. Jika belum lunas, kamu akan lebih sulit untuk mengumpulkan dana darurat,apalagi gaji kamu masih UMR. Kalau hutang kamu sudah lunas, kamu akan lebih mudah lagi untuk mengumpulkan dana darurat, malahan kamu tidak akan merasa kekurangan ketika mengumpulkan dana darurat kalau kamu bebas dari hutang. 

6.    Kumpulkan Secara Perlahan 

Walaupun gaji kamu masih UMR, kamu bisa banget buat mempunyai dana darurat, kuncinya adalah kamu bisa mengumpulkan dana darurat tersebut dengan perlahan. Kamu tidak harus mengalokasi sebagian besar dari gaji kamu untuk dana darurat, yang ada kamu malah akan kekurangan kalau kamu tidak memperhatikan kebutuhan kamu terlebih dahulu. Kamu bisa mengumpulkan dana darurat kamu perlahan dengan menyisihkan 5-10% dari gaji kamu perbulan, alhasil sejalannya waktu, dana darurat kamu pasti akan terkumpul dengan banyak tanpa kamu sadari, tapi dengan syarat, kamu harus konsisten setiap bulannya. 

Nah, selain cara-cara di atas yang bisa kamu ikuti untuk mengumpulkan dana darurat ketika gaji kamu UMR, kamu juga harus menyiapkan rekening khusus untuk dana darurat kamu sendiri, agar arus keuangan kamu juga menjadi sehat dan bagus. Hal itu agar kamu tidak akan memakai dana darurat yang sudah kamu kumpulkan untuk keperluan lain selain keperluan darurat. 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar kamu bisa memiliki dana darurat walaupun gaji kamu UMR.Tenang saja, kamu pasti akan bisa mempunyai dana darurat dengan jumlah yang banyak asalkan kamu konsisten untuk mengumpulkannya tiap bulan tanpa kamu ganggu-gugat. Selamat mencoba!

 

Jika kamu masih bingung bagaimana caranya mengatur keuangan kamu, kamu jangan ragu untuk bertanya ke ahlinya dan juga mengikuti kelas-kelas keuangan yang seru dari ruang meNYALA. Catat tanggal mainnya ya, setiap hari Selasa dan Kamis malam!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya