21 November 2021

2.CASH FLOW

Arti Self Reward, Begini Cara & Pentingnya tuk Diri Sendiri

Apa itu self reward? Sebagian besar dari kita pasti sudah tahu tentang istilah yang satu ini. Pada dasarnya, self reward adalah pemberian penghargaan kepada diri sendiri karena telah mencapai sesuai atau melakukan pekerjaan dengan baik.


Namun rupanya, dewasa ini banyak orang yang melakukan pembelian barang secara berlebihan dengan kedok self reward. Hal tersebut tentu berdampak buruk pada kondisi finansial. Lalu, apa arti self reward dan bagaimana cara melakukan yang benar? Temukan jawabannya di bawah ini yuk.

Arti Self Reward

Secara tata bahasa, arti kata self  yaitu “diri sendiri,” sementara reward berarti “penghargaan.” Dengan begitu, disimpulkan bahwa self reward artinya suatu kegiatan yang memberikan penghargaan kepada diri sendiri.


Sederhananya, self reward bisa dibilang juga sebagai upaya memanjakan diri sendiri. Seperti, membeli barang yang diinginkan sejak lama, pergi ke tempat yang ingin dikunjungi serta memberikan waktu istirahat untuk diri sendiri.


Seringkali, self reward adalah kegiatan untuk mengapresiasi diri sendiri karena telah menyelesaikan pekerjaan dengan baik atau mencapai sesuatu. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan guna memberikan waktu kepada diri sendiri untuk beristirahat tanpa memikirkan pekerjaan apapun.


Namun, pada dasarnya, self reward adalah yang tidak harus dilakukan kala mencapai sesuatu. Tidak ada salahnya jika kamu memberikan apresiasi untuk diri sendiri pada saat proses pencapaian. Hal ini, akan mendorong kamu agar lebih bersemangat mencapai tujuan.

Manfaat Self Reward untuk Diri Sendiri

Memberikan kesempatan bagi diri sendiri untuk memperoleh suatu hal istimewa, tentu akan meningkatkan motivasi dan kebahagiaan. Maka dari itu, self reward adalah kegiatan yang perlu dilakukan setidaknya sekali. Adapun, beberapa manfaat lainnya dari self reward sebagai berikut.

1. Menghargai Pencapaian Diri

Tidak perlu menunggu orang lain untuk mendapatkan sebuah apresiasi dari kerja keras kita. Yang terpenting, kamu tahu bagaimana cara untuk menghargai pencapaian diri. Memberikan self reward adalah satu upaya menyadarkan diri sendiri, bahwa kita telah bekerja sebaik mungkin, sehingga pantas mendapat penghargaan.

2. Melepas Stress

Bergelut dengan suatu proses atau pekerjaan secara terus-menerus tentu membuat kita stress. Karena itu, penting rasanya memberikan self reward berupa istirahat atau liburan sejenak kala pekerjaan sudah selesai. Kegiatan ini bisa membantu kamu untuk menyegarkan pikiran dari beban pekerjaan sebelum nya.

3. Bentuk Motivasi Diri

Membayangkan penghargaan yang akan diperoleh setelah berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik bisa menjadi bentuk motivasi. Adanya suatu penghargaan dapat mendorong diri sendiri untuk memaksimalkan pekerjaan dan mengerahkan upaya terbaik pada saat ini maupun di masa mendatang.

4. Upaya Mencintai Diri Sendiri

Self reward adalah salah satu bentuk implementasi dari self love, atau wujud cinta kepada diri sendiri. Jadi, apa yang kita usahakan dan dapatkan, untuk diri kita sendiri. Jangan ragu sesekali menghamburkan sedikit uang jerih payah demi kebahagiaan diri sendiri. 

Tips Melakukan Self Reward dengan Baik

Perlu kamu ingat bahwa self reward adalah upaya untuk memberikan suatu penghargaan, bukan hanya sekedar ajang berbelanja. Karena itu, perlu kamu pahami dan terapkan sebagaimana arti self reward sebenarnya. Berikut beberapa tips melakukan self reward dengan baik. 

1. Membeli Barang yang Bermanfaat

Meski digadang sebagai sebuah reward, namun usahakan kamu membeli barang yang memang bermanfaat dalam jangka panjang. Sehingga, tidak hanya untuk kesenangan sekilas saja. Misalnya, smartphone, laptop, bisa juga bentuk lebih sederhana seperti baju atau tas.

2. Memenuhi Quality Time bersama Keluarga

Jadwal pekerjaan yang padat tentu mengurangi waktu berkumpul kamu bersama keluarga. Maka dari itu, quality time bisa menjadi contoh self reward tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Namun, jika ingin, cobalah ajak keluarga untuk berlibur atau menginap di suatu tempat.

3. Melakukan Me Time

Bagi yang gemar melakukan kegiatan sendiri, contoh self reward berupa me time kiranya cocok untuk kamu. misalnya seperti, jalan ke mall, pergi ke cafe atau travelling seorang diri. Terkadang, melakukan kegiatan sendiri lebih membuat kamu tenang, setelah beberapa saat bekerja dengan banyak orang. 


Kegiatan ini juga bisa kamu lakukan di rumah seharian, tanpa keluar maupun bertemu dengan orang lain. Sisakan waktu yang ada untuk memanjakan diri, misalnya maraton drama korea atau membaca buku sambil menyiapkan camilan.

4. Melakukan Relaksasi

Melakukan self reward artinya memberi kesempatan bagi tubuh untuk melepas stress. Hal ini bisa dilakukan dengan relaksasi, misalnya pergi ke spa atau facial kecantikan. Atau bisa juga dengan berenang dan perg ke tempat yang rileks, seperti danau atau taman. 

5. Mengambil Cuti atau Libur

Biasanya, setiap perusahaan memberikan kesempatan karyawannya untuk mengambil cuti atau libur. Jika kamu sudah merasa penat dan perlu istirahat, tidak ada salahnya mengambil jatah cuti sebagai bentuk self reward agar pikiran menjadi lebih fresh.


Melihat dari penjelasan di atas, memang self reward adalah hal penting dan perlu dilakukan sesekali. Apalagi jika kamu telah mencapai sesuatu yang istimewa. Namun, jangan jadikan ini sebagai kesempatanmu untuk berperilaku boros. Pastikan mengapresiasi diri sendiri dengan bijak, ya!

0 comments

COACHTAINMENT

Konten-konten financial fitness yang bikin kamu termotivasi buat raih financially fit.

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!