Logo Ruang Menyal
Bg Block

Apakah kamu membutuhkan perencana keuangan ? Ketahui 8 alasan pentingnya memiliki perencana keuangan disini

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 22 Desember 2021 | 368 dilihat

Article Detail

Ketika kamu sudah mulai bisa menghasilkan pendapatan kamu sendiri, disitu juga kamu harus memiliki perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan sangat penting untuk kamu buat, karena perencanaan keuangan bisa menjadi prinsip atau pedoman untuk arus keuangan kamu. 

Selain itu, dengan perencanaan keuangan, bisa menjadi jalan kamu untuk mencapai tujuan keuangan dimasa depan, agar masa depan kamu bisa tercapai dan kamu dapat mencapai semua keinginan kamu tanpa susah payah karena adanya perencanaan keuangan.

Nah, biar kamu makin tergambar apa sih gunanya dan pentingnya memiliki perencanaan keuangan, langsung aja simak di bawah ini!

1.         Untuk Mengatur Anggaran atau Arus Kas Pribadi

Membuat anggaran biasanya adalah langkah pertama untuk membuat perencanaan keuangan. Membuat anggaran sangat penting, karena kamu bisa mengetahui kemana uang kamu pergi selama ini. Selain itu, kamu juga tau jadi tahu kemampuan menabung atau berinvestasi kamu per bulannya.

2.       Memiliki Dana Darurat

Tak ada yang bisa memprediksi masa depan seperti apa, ibarat sedia payung sebelum hujan. Dana darurat, sesuai dengan Namanya yang “darurat”, merupakan uang yang selalu siap sedia dalam keadaan apapun. Dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik, kamu bisa juga menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan mendesak. Dengan memiliki dana darurat, tentu tidak akan mengganggu arus keuangan kamu, dan tidak akan mengganggu perencanaan keuangan kamu pastinya.

3.       Untuk mengatur utang dengan baik

Utang tidak selamanya buruk, ada juga loh utang yang baik, yaitu utang yang diperuntukkan untuk penambah produktivitas dan juga yang bisa meningkatkan pendapatan kamu. Dengan adanya perencanaan keuangan, kamu bisa mengatur utang kamu dengan mengetahui berapa jumlah utang yang bisa kamu penuhi, sesuai dengan besaran penghasilan kita setiap bulannya. Contohnya, menggunakan kartu kredit yang bisa kamu pantau setiap bulan, untuk mengurangi belanja yang tidak perlu.

4.       Untuk Menghindari Inflasi

Inflasi adalah salah satu kondisi dimana terjadi kenaikan harga-harga scara serentak atau merata. Inflasi biasanya bisa terjadi karena tingginya permintaan pasar sementara persediaan dari barang-barang tersebut rendah. Kamu pasti tidak dapat menghindari yang namanya inflasi, kondisi pasti akan terjadi setiap tahun pada seluruh negara di dunia. Walaupun tidak bisa dihindari, kamu bisa berjaga-jaga untuk menghadapi inflasi dengan membuat perencanaan keuangan untuk masa depan. Contohnya ketika kamu menyiapkan perencanaan keuangan untuk masa depan, kamu seperti menghitung biaya untuk anak kamu sekolah nanti. Saat menghitung rincian biaya tersebut, kamu tentu memasukan unsur inflasi dalam perhitungan tersebut, agar jumlah uang yang kamu kumpulkan tersebut lebih relevan di masa depan, dan kamu tidak kaget terkena inflasi dadakan.

5.       Untuk Memenuhi Impian

Agar kamu dapat memenuhi impian kamu, kamu tentu harus mempunyai perencanaan keuangan yang matang. Dengan mempunyai perencanaan keuangan, kamu bisa mengetahui seberapa besar uang yang kamu perlu alokasikan untuk mencapainya, selain itu kamu bisa mengetahui dengan cara apa kamu mengumpulkan dana untuk meraih impianmu tersebut.

6.       Untuk Menghindari Kesalahan Investasi

Untuk bisa mencapai tujuan kamu di masa depan, tentunya kamu juga harus berinvestasi. Agar investasi kamu bisa berjalan dengan lancar dan tentunya mendapatkan hasil yang maksimal, kamu juga perlu menyusun perencanaan keuangan untuk mengetahui, seberapa besar uang kamu yang dikeluarkan untuk investasi tersebut, berapa keuntungan dari investasi tersebut, dan berapa kerugian dari investasi tersebut. Dengan begitu, kamu bisa membuat cashflow kamu semakin baik dan lancar lagi.

7.       Untuk Mencapai Berbagai Tujuan Keuangan

Membuat perencanaan keuangan juga bertujuan untuk mencapai berbagai tujuan keuangan dalam hidup seperti, dana Pendidikan, dana pensiun, dana pernikahan dan lain-lain. Berbagai macam tujuan keuangan tersebut bisa kamu capai dengan merencanakan keuangan kamu. Dengan adanya perencanaan keuangan kamu bisa mengetahui dan menghitung, untuk berapa lama kamu mencapai tujuan tersebut dan seberapa besar uang yang bisa kamu tabung untuk mencapai tujuan keuangan tersebut.

8.       Untuk Mendapatkan Kehidupan Masa Tua yang Nyaman dan Bahagia

Kamu pasti mau dong punya kehidupan di masa tua nanti yang nyaman dan juga bahagia. Dengan membuat perencanaan keuangan, hal tersebut bisa kamu capai, karena kamu sudah mengatur keuangan kamu dengan baik dan benar. Kamu bisa mengatur penghasilan kamu dengan membuat perencanaan keuangan dari sekarang untuk hari tua nanti dengan mengumpulkan dana pensiun.

Nah, itu dia delapan alasan kalau kamu harus mempunyai perencanaan keuangan, Kamu pasti tergiur dong apa yang akan kamu dapat jika kamu bisa merencanakan keuangan kamu. Yuk kamu langsung bisa menyusun perencanaan keuangan kamu, untuk masa depan lebih baik!

 

Jika kamu masih bingung bagaimana caranya mengatur keuangan kamu, kamu jangan ragu untuk bertanya ke ahlinya dan juga mengikuti kelas-kelas keuangan yang seru dari ruang meNYALA. Kamu juga bisa intip keseruan Financial Fitness Gym disini ya https://ruangmenyala.com/gym


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya