Logo Ruang Menyal
Bg Block

Apa Itu Work Life Balance? Manfaat dan Cara Mencapainya

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 28 Juni 2022 | 472 dilihat

Article Detail

Kondisi work life balance adalah impian bagi semua orang untuk mencapai situasi optimal baik dalam hal pekerjaan maupun kehidupan pribadi. Namun, faktanya tidak semua orang dapat menerapkannya dengan mudah.

Padatnya aktivitas pekerjaan sering kali menyebabkan hilangnya waktu istirahat bagi seorang karyawan. Hal tersebut mengarah pada munculnya stress atau masalah kesehatan lainnya bahkan menjadi pemicu munculnya quarter life crisis.

Oleh karena itu, pentingnya work life balance perlu lebih dikenalkan untuk kenyamanan bersama. Lantas, bagaimana cara mencapai work life balance dan apa saja manfaatnya? Simak informasinya pada ulasan di bawah ini, yuk!

Apa Itu Work Life Balance?

Secara istilah, work life balance adalah keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, work life balance artinya kondisi dimana seseorang dapat mengatur dan membagi waktunya secara seimbang untuk pekerjaan dan hal lainnya.

Tuntutan pekerjaan seharusnya tidak membuat seseorang hanya menghabiskan waktu untuk bekerja dan lupa akan kehidupan lainnya. Hal tersebut tidak hanya mempengaruhi hubungan seseorang dengan keluarga dan kesehatan pribadi namun juga kualitas pekerjaannya.

Oleh karena itu, pentingnya work life balance tidak hanya bermanfaat untuk kebaikan diri sendiri namun juga hasil pekerjaan yang dilakukan. Dengan demikian, konflik antara pekerjaan dan kehidupan pribadi juga dapat dihindari.

Secara sederhana, kondisi work life balance adalah ketika seseorang menetapkan waktu untuk bekerja, beristirahat, dan kehidupan bersama keluarga. Apabila waktu yang dialokasikan terpenuhi dan diterapkan dengan baik maka work life balance juga akan tercapai.

Selain itu, pentingnya work life balance juga dapat dilihat dari naiknya tingkat kepuasan dan kebahagian dalam hidup. Seseorang dapat bekerja secara lebih produktif dan mendapatkan kepuasan dengan kehidupannya. 

Kreativitas juga dinilai lebih meningkat dengan tercapainya work life balance karena seseorang memiliki cukup energi dan waktu luang untuk mengeksplorasi kehidupannya.

Dengan kata lain, work life balance adalah salah satu cara untuk mencapai kepuasan dan kebahagiaan di banyak hal dalam kehidupan. Tanpa work life balance, baik pekerjaan maupun kehidupan lainnya juga cenderung tidak berjalan baik.

Cara Mencapai Work Life Balance

Bagi sejumlah orang, mencapai work life balance adalah tantangan tersendiri yang cukup sulit untuk diterapkan. Tingginya tuntutan pekerjaan menjadi alasan paling umum yang menyebabkan seseorang kehilangan waktu selain melakukan pekerjaan.

Namun, Anda bisa memulainya secara perlahan dan bertahap sebelum akhirnya terbiasa untuk memisahkan waktu pekerjaan dan kehidupan pribadi. Berikut cara mencapai work life balance yang bisa Anda terapkan.

Mengurangi Sifat Perfeksionis

Bagi beberapa orang mencapai hasil terbaik adalah tujuan paling penting dalam mengerjakan sesuatu. Akan tetapi, sikap tersebut juga cenderung memaksa kita kehilangan kesempatan lainnya, termasuk waktu untuk mengerjakan hal lain.

Tidak jarang ketika sikap perfeksionis menimbulkan stress saat berkerja. Oleh karena itu, salah satu cara mencapai work life balance adalah mengurangi sikap terlalu menuntut hasil sempurna.

Pada dasarnya, bersikap perfeksionis bukanlah sebuah kesalahan karena dinilai mampu memberikan hasil maksimal. Namun, Anda perlu memastikan bahwa hal tersebut tidak menghambat produktivitas kerja dan menimbulkan stress. 

Menciptakan Suasana Bekerja yang Nyaman

Cara mencapai work life balance berikutnya adalah membuat tempat bekerja yang nyaman. Hal tersebut dapat dilakuan melalui hal paling sederhana, yaitu merapikan meja kerja. 

Hal tersebut bermanfaat untuk mengurangi tumpukan dan ketidakteraturan di meja kerja. Faktanya, aktivitas merapikan membantu Anda untuk berpikir lebih jernih. Hal tersebut juga biasa dikenal dengan istilah decluttering yaitu merapikan suasana sekitar.

Dengan demikian, saat pikiran sedang jenuh, Anda tidak akan merasa lebih bosan dengan kondisi meja yang sudah dirapikan.

Olahraga

Rutin melakukan olahraga merupakan cara mencapai work life balance yang bisa Anda lakukan. Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan jasmani tapi juga kesehatan mental. Rutin berolahraga juga dinilai efektif untuk meredakan stress. 

Selain itu, aktivitas olahraga akan meningkatkan kadar endorfin yang bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati. Hal tersebut tentu akan membantu menghilangkan rasa jenuh karena pekerjaan. Jadi, selalu usahakan untuk berolahraga rutin.

Kerja Cerdas dan Produktif

Teknik lain yang bisa dilakukan sebagai cara mencapai work life balance adalah menerapkan kerja cerdas dan produktif. Pada dasarnya, bekerja akan berjalan lebih efektif dan efisien apabila Anda mengetahui strategi kerja cerdas. 

Dengan demikian, Anda tidak terlalu banyak menghabiskan banyak waktu dan meningkatkan aktivitas kehidupan pribadi yang terlupakan. Mengetahui kelebihan dan kelemahan diri sendiri merupakan salah satu cara berkerja dengan cerdas.

Hal tersebut mendorong Anda untuk mengidentifikasi dan mengurutkan jenis pekerjaan. Selain itu, meningkatkan relasi dalam bekerja juga membantu untuk mengatasi kelemahan diri sendiri sehingga pekerjaan tetap berjalan efektif.

Menjaga Relasi dengan Orang Terdekat

Meningkatkan hubungan dengan teman atau keluarga juga dinilai efektif untuk mencapai work life balance. Terciptanya interaksi yang positif dapat memperbaiki mood dan mengurangi kejenuhan Anda. 

Oleh karena itu, mengalokasikan waktu untuk berinteraksi dengan keluarga dapat meningkatkan efektivitas dalam bekerja sekaligus kepuasaan Anda.

Manfaat Work Life Balance

Ada banyak manfaat work life balance yang bisa Anda dapatkan apabila diterapkan dengan baik. Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi tentu akan membawa pada hasil optimal untuk keduanya. Berikut beberapa manfaat work life balance adalah:

Menjaga Kesehatan Fisik

Manfaat pertama dari work life balance adalah terjaganya kesehatan fisik dan terhindar dari penyakit berbahaya. Terlalu banyak waktu untuk bekerja cenderung tidak baik untuk pola hidup. Badan kurang bergerak dan konsumsi nutrisi juga berkurang.

Adanya work life balance akan membantu Anda mencapai kebahagiaan yang menjadi pengaruh penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Tubuh yang bahagia dan optimis juga akan meningkatkan kondisi imun dalam mencegah penyakit.

Terhindar dari Stress

Work life balance adalah kondisi yang tidak hanya berpengaruh baik untuk kesehatan fisik tapi juga mental. Pembagian waktu membantu Anda terhindar dari rasa jenuh bahkan stress terhadap pekerjaan.

Mengalihkan perhatian untuk hal-hal diluar pekerjaan akan menambah energi positif sehingga membuat Anda merasa lebih semangat dan bahagia.

Meningkatkan Produktivitas

Kondisi optimal baik secara fisik maupun mental tentu juga berpengaruh pada produktivitas bekerja. Pentingnya work life balance adalah ketika Anda mampu meningkatkan performa sekaligus menikmati waktu di luar urusan pekerjaan.

Terlebih lagi, Anda dapat berpikir lebih kreatif untuk menemukan inovasi-inovasi baru yang membantu kinerja pekerjaan.

Faktor Tercapainya Work Life Balance

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi work life balance dalam diri seseorang. Berikut beberapa faktor tercapainya work life balance adalah:

Kepribadian

Sifat dan karakteristik seorang individu adalah faktor yang mempengaruhi work life balance secara signifikan. Kepribadian seseorang yang lebih stabil cenderung lebih mudah dalam membagi waktu pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Selain itu, sikap ketika seseorang menyikapi suatu masalah juga dinilai mempengaruhi bagaimana kehidupan seseorang.

Karakteristik Keluarga

Work life balance adalah kondisi yang bisa dipengaruhi oleh kondisi orang-orang terdekat. Keberadaan konflik dalam lingkungan keluarga juga secara langsung dapat mempengaruhi keseimbangan pekerjaan dan waktu pribadi.

Kondisi Pekerjaan

Beban kerja, pola kerja, dan durasi bekerja juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi work life balance. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kemungkinan konflik apabila seseorang melakukan lebih dari kapasitas kemampuannya.

Nah, itu dia pembahasan mengenai apa itu work life balance dan informasi terkait lainnya. Pada dasarnya, work life balance adalah sebuah kondisi yang perlu diterapkan semua orang untuk menjaga kondisi kesehatan, baik fisik maupun mental. Selain itu, pekerjaan juga dapat dilakukan dengan lebih efektif dan optimal.

Nah, bagi kamu yang ingin mendapat pengarahan langsung tentang strategi work life balance, yuk ikuti Financial Fitness Class "Be Happy, Successful, or Both?" dari Ruang meNYALA bersama Tjokro Wimantara selaku founder Asah Pola Pikir. 

Acara ini menandai kembalinya kegiatan offline di Ruang meNYALA pada 2 Juli 2022 pukul 13.00  - 15.00 WIB, di Cohive 101 Kuningan. Kuota terbatas! Jangan sampai ketinggalan, ya!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya