Logo Ruang Menyal
Bg Block

Apa itu Self Reward? Cek Cara Hemat dan Contohnya untuk Diri Sendiri

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 18 Oktober 2021 | 1718 dilihat

Article Detail

Self reward adalah salah satu bentuk cara mencintai diri sendiri yang kini sedang banyak diperbincangkan. Istilah ini merujuk ke penghargaan yang diterima ketika seseorang telah mencapai titik tertentu atau bahkan sesederhana telah menyelesaikan sesuatu yang cukup sulit. Tak hanya anak muda, self reward juga perlu dilakukan oleh orang dewasa, apapun profesinya. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak artikel berikut!

Apa itu Self Reward?

Self reward adalah salah satu bentuk menghargai diri sendiri atas kerja keras dan semua pencapaian yang telah kamu lalui. Cara berterima kasih ini menjadi tren, karena ternyata masih banyak orang yang tidak melakukan self reward terhadap dirinya, dan berakibat pada self harm.

 

Sehingga dapat dikatakan bahwa self reward adalah cara memaknai setiap langkah yang bisa kamu lakukan dengan berbagai bentuk. Jika sering merasa terdemotivasi atau burnout, bisa jadi kamu tidak memberikan self reward yang benar.

 

Kebanyakan dari kita sering lupa, bahwa diri sendiri juga perlu perhatian, bukan terus memperhatikan orang lain. Untuk itu, self reward adalah suatu bentuk memanjakan diri, bukan dikaitkan dengan membeli barang semata, tetapi bagaimana kita “taking care of ourselves”. 

Pentingnya Self Reward

Setelah mengetahui apa itu self reward, kamu juga jadi mengerti betapa berharganya setiap achievement dalam hidup. Setidaknya, beberapa pentingnya self reward adalah sebagai berikut

1. Menjaga produktivitas

Dengan melakukan self reward, kamu bisa semakin produktif  dan mendapat suntikan daya supaya semakin semangat dalam melakukan kegiatan. Karena terus termotivasi, kamu akan selalu berusaha memberikan yang terbaik di setiap pekerjaanmu. 

2. Menambah kepercayaan diri

Dengan melakukan self reward, kamu akan merasa lebih percaya diri dengan hasil kerja keras serta pencapaian yang sudah dilakukan. 

3. Salah satu bentuk self love

Menerapkan self reward adalah sebuah langkah kecil kamu untuk mencintai diri kamu sendiri. Melalui usaha dan kerja keras dalam mewujudkan impian, lalu kamu menghadiahi diri sendiri dengan membeli barang atau melakukan liburan akan membuat pikiran dan hati menjadi tenang.  

4. Meningkatkan kualitas diri

Dengan melakukan self reward, otomatis kamu akan meningkatkan kualitas dirimu dengan terus belajar dan bekerja keras untuk mencapai target. 

Contoh Self Reward

Setelah kamu mengetahui pentingnya menghargai diri sendiri, kini saatnya untuk menentukan bentuk self reward apa yang ingin kamu lakukan. Kamu harus tahu beberapa contoh self reward agar tidak menganggapnya suatu pemborosan. Beberapa contoh self reward adalah sebagai berikut

1. Mengunjungi tempat yang tenang atau tempat wisata

Kamu bisa banget merencanakan liburan untuk self reward. Apalagi jika merasa lelah dengan kehidupan di kota, kamu bisa merencanakan kunjungan ke beberapa tempat yang tenang untuk mengistirahatkan pikiran penatmu.

2. Memanjakan diri dengan perawatan di rumah

Nah, contoh self reward satu ini cocok banget buat wanita karir yang sudah lelah bekerja dan ingin bersantai di rumah. Kamu bisa memanjakan dirimu di rumah dengan melakukan perawatan wajah, kaki, tangan, dan masih banyak lagi.  Hal itu akan membuat kamu lebih rileks, produktif serta percaya diri. Akhirnya, kinerjamu pun akan ikut meningkat. 

3. Membeli makanan enak

Buat kamu yang suka banget kulineran, contoh self reward ini pas banget buat dicoba. Pilihlah makanan yang belum pernah kamu coba sebagai tanda self reward setelah bekerja keras. 

4. Menonton film

Kamu bisa mencoba untuk menonton film dengan genre kesukaan kamu di bioskop maupun streaming online. Hal itu akan membuatmu menjadi lebih bahagia secara mental dan akan melupakan pekerjaan untuk sementara waktu.

5. Nongkrong bareng sahabat atau pasangan

Kamu pasti tidak punya banyak kesempatan untuk nongkrong bareng sahabat atau pasanganmu saat sibuk bekerja. Nah saat punya waktu bersantai, luangkanlah sedikit untuk sahabat atau pasanganmu agar komunikasi terus terjalin. Dengan begitu, kamu akan lebih bahagia dan tenang luar dalam yang membuatmu semakin produktif ketika kembali bekerja. 

Cara Self Reward Hemat

Sudah ada bayangan belum mau ngapain aja buat kamu yang lagi mau self reward? Berbagai cara kita lakukan untuk melakukan self reward, sampai kita lupa bahwa self reward adalah bentuk penghargaan pada diri kita, bukan bentuk pemborosan. Tapi, jangan sampai kebablasan ya, nanti malah over budget. Nah, agar tidak keterusan, beberapa tips hemat self reward adalah sebagai berikut.

1. Membeli barang secukupnya

Kamu bisa membeli barang secukupnya jika kamu ingin melakukan self reward tanpa menguras dompet sampai dalam.

2. Pilih satu hal yang benar-benar membuat bahagia.

Buatlah daftar barang atau aktivitas yang ingin dilakukan dan pilih salah satu yang benar-benar kamu sukai. Hal itu berguna untuk mencegah kamu boros dan impulsif buying

3. Buatlah sebuah acuan untuk menerima self reward

Kamu dapat membuat sebuah acuan atau target untuk memperoleh self reward. Dengan menentukan target, kamu akan lebih berusaha keras untuk mencapai hal tersebut. Saat berhasil mencapainya, kamu akan lebih merasa bahagia dan senang. 

4. Jangan lakukan terlalu sering

Melakukan self reward tidak harus menjadi hal rutin. Kamu dapat mengatur waktu dan target agar bisa menabung terlebih dahulu untuk menyiapkan dana khusus self reward. 

5. Lakukan budgeting dan kelola keuangan kamu

Supaya kamu tidak boros saat melakukan self reward, kamu bisa banget membuat budgeting sendiri dengan menabung khusus. Pastikan untuk mengelola keuanganmu agar cashflow kamu tidak terganggu.

Self Reward Quotes

Agar semakin termotivasi, kamu bisa membaca beberapa self reward quotes terkenal untuk memahami pentingnya mencintai diri sendiri. Beberapa kutipan soal self reward adalah sebagai berikut

1. “If you believe in yourself and have dedication and pride – and never quit, you’ll be a winner. The price of victory is high but so are the rewards.” – Bear Bryant

2. “The rewards for those who persevere far exceed the pain that must precede the victory.” – Ted Engstrom

3. “Jatuh cinta pada dirimu adalah rahasia pertama menuju kebahagiaan.” – Robert Morley

4. “Tidak ada cinta lain, betapapun tulusnya, dapat memenuhi hati seseorang lebih baik daripada mencintai diri tanpa syarat.” – Edmond Mbiaka

5. “Cintailah dirimu terlebih dahulu dan semua hal lainnya menjadi sejalan. Kamu harus mencintai diri sendiri untuk menyelesaikan apa pun di dunia ini. ” – Lucille Ball

 

Menghargai diri sendiri adalah salah satu hal yang sangat penting di hidup kita. Dengan menghadiahi diri sendiri, adalah suatu bukti bahwa kita mencintai diri kita sendiri dan sebagai bentuk hasil dari kerja keras yang kita lakukan. Kamu jangan lupa melakukan self reward ya!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya