Logo Ruang Menyal
Bg Block

Kerja Cerdas: Pengertian, Tips, dan Cara Melakukannya

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 18 April 2024 | 5139 dilihat

Article Detail

Tahukah kamu apa perbedaan dari kerja keras dan kerja cerdas? Kerja cerdas adalah cara kerja yang lebih efektif karena mampu menyeimbangkan antara porsi serta prioritas. Jika menerapkan kerja cerdas, maka seseorang akan lebih mudah mencapai work life balance.

Lalu, manakah yang lebih baik dilakukan, kerja keras atau kerja cerdas? Nah sebenarnya, kedua strategi ini memiliki keuntungannya masing-masing lho. Nah, untuk memahami lebih lanjut, yuk simak ulasan dalam artikel berikut ini.

Apa itu Kerja Cerdas?

Pengertian kerja cerdas adalah bagaimana seorang individu atau kelompok bekerja sebaik mungkin dengan memanfaatkan teknologi dan potensi yang ada, lalu hasilnya maksimal.

Hasil yang lebih besar dengan tingkat usaha seminimal mungkin menjadi salah satu tujuan dari model kerja cerdas.

Mengimplementasikan kerja cerdas juga dapat memberikan kebebasan bagi para pekerja untuk mengatur waktu seefektif mungkin. Maka dari itu, model berikut juga bermanfaat dalam menciptakan fleksibilitas sehingga bisa bekerja dari rumah.

Perbedaan Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Selain kerja cerdas, model kerja keras juga menjadi cara seorang individu untuk menyelesaikan pekerjaannya.  

Lalu, apa perbedaan kerja keras dan kerja cerdas? Seperti yang diketahui, kerja cerdas adalah upaya penyelesaian pekerjaan dengan memanfaatkan sumber daya semaksimal mungkin sekaligus menggunakan waktu sesingkat-singkatnya.

Berkebalikan dengannya, kerja keras adalah model penyelesaian pekerjaan yang mengedepankan kegigihan hingga mengeluarkan banyak tenaga. Metode ini mengakibatkan kurang tertatanya waktu untuk bekerja.

Bekerja hingga larut malam bisa terjadi karena telah menerapkan kerja keras sehingga lupa memperhatikan waktu. Sebaliknya, kerja cerdas mencoba memanfaatkan jadwal yang telah diatur untuk seefisien mungkin menyelesaikan pekerjaan.

Alhasil, walaupun deadline menumpuk, seseorang yang menerapkan kerja cerdas cenderung dapat lebih santai dan tetap mempunyai waktu untuk beristirahat.

 

Tips dan Cara Kerja Cerdas

Bekerja secara cerdas tidak perlu diambil pusing. Praktiknya bisa lebih mudah kamu latih dengan beberapa tips dan cara berikut ini:

1. Membuat To-Do List

Tips pertama untuk kerja cerdas adalah menuliskan kegiatan yang perlu diselesaikan di dalam to-do list. Daftar ini membantu kita agar tetap fokus dan termotivasi dengan tugas-tugas pada hari, minggu, atau bahkan bulan itu.

Apabila telah membuat to-do list dengan konsisten, kamu akan terbiasa untuk memanfaatkan waktu secara efektif sehingga tidak ada jam kerja yang tersia-siakan.

2. Bekerja Sesuai Prioritas

Membuat skala prioritas dan mengerjakan tugas-tugas yang sangat penting terlebih dahulu juga dapat kamu lakukan agar bisa bekerja secara cerdas.

Kamu bisa melakukannya dengan mengevaluasi setiap tugas yang diberikan dari seberapa mendesak dan penting kegiatan itu. 

Jika penting dan mendesak, prioritaskan tugas tersebut untuk cepat selesai. Apabila ingin bekerja cerdas, beranikan diri berkata tidak pada aktivitas-aktivitas maupun kerjaan yang tidak signifikan seperti bermain sosial media di jam kerja.

3. Mengetahui Kapan Saja Kamu Produktif

Selain itu, tips selanjutnya untuk bekerja cerdas adalah mengenali waktu kamu produktif. Sebab, setiap individu memiliki momen produktivitas yang berbeda-beda. 

Ada yang merasa bersemangat mengerjakan tugas-tugas saat pagi hari. Di lain sisi, beberapa individu baru memiliki rasa itu pada waktu malam. Oleh karenanya, penting untuk mengenali diri sendiri agar bisa bekerja secara cerdas.

4. Mengingat dengan Kalender

Selain menggunakan to-do list, tips selanjut untuk bisa bekerja cerdas adalah dengan mencatat tugas maupun aktivitas penting pada kalender pribadi. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah mengingat pekerjaan-pekerjaan yang perlu diselesaikan.

5. Melakukan Persiapan yang Matang

Mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan matang juga dapat menjadi salah satu cara kerja cerdas. Hasilnya, kamu bisa bekerja lebih cepat dan efisien.

Tidak hanya itu saja, mempersiapkan segala sesuatu dengan matang diketahui juga dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu. Hal ini disebabkan oleh ketenangan yang datang dari kesiapan jiwa dan raga saat menghadapi pekerjaan.

6. Melatih Komunikasi

Tips selanjutnya untuk mempraktikkan kerja cerdas adalah melatih komunikasi. Hal ini penting mengingat pekerjaan-pekerjaan setiap harinya melibatkan manusia lain. Maka dari itu, kepiawaian dalam berinteraksi dan berkolaborasi yang baik sangatlah penting.

Kemampuan komunikasi yang diperlukan agar dapat bekerja cerdas adalah mendengarkan, bertanya, serta menyampaikan pendapat. Melatih keterampilan ini bisa membantu kamu untuk menyelesaikan pekerjaan secara lebih efisien.

7. Beristirahat dengan Cukup

Tips terakhir agar dapat kerja keras adalah memastikan agar kamu mempunyai cukup waktu untuk beristirahat. Walau pekerjaan menuntut selalu berada di depan komputer, efisiensi penyelesaiannya dapat terganggu apabila tubuh tidak diistirahatkan. 

Pasalnya, tubuh, otak, dan juga jiwa pasti akan merasa lelah apabila tidak diberi waktu rehat. Oleh karenanya, bagian penting dari kerja cerdas adalah memanfaatkan jam istirahat sebaik-baiknya.

 

Contoh Kerja Cerdas

Cara kerja cerdas adalah model produktivitas yang patut untuk dipraktikkan. Untuk memperjelas istilah ini, beberapa contoh kerja cerdas adalah sebagai berikut:

  • Memanfaatkan jam pekerjaan yang telah diberikan sebaik mungkin sehingga tersisa waktu luang untuk dihabiskan bersama keluarga maupun hobi pribadi.
  • Efektif bekerja sama dengan orang lain sebab kerja cerdas adalah model produktivitas yang sangat bergantung dari bantuan dan saran individu maupun kelompok lainnya.
  • Dapat mencari solusi alternatif yang lebih efisien dalam menghabiskan sumber daya waktu dan tenaga

Yups, itu dia penjelasan mengenai pengertian kerja cerdas dan apa yang membedakannya dengan kerja keras. Bagaimana, jadi ingin tahu lebih banyak mengenai tips bekerja cerdas? 

Jika iya, yuk ikuti Financial Fitness Classes “Be Happy, Successful, or Both?” by Ruang meNYALA bersama Tjokro Wimantara (Nyala Financial Fitness Coach) yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 2 Juli 2022 pukul 13.00 - 15.00 WIB, di Cohive 101 Kuningan.

Yuk daftar sekarang juga, kuotanya terbatas, lho. Jadi, jangan sampai kehabisan, ya. See you there!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya