Logo Ruang Menyal
Bg Block

Apa itu Endorse? Cek pengertian, Manfaat dan Contoh Terbaru

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 25 April 2024 | 2358 dilihat

Article Detail

Endorsement adalah sebuah cara yang kini kian banyak digunakan untuk memasarkan berbagai produk jualan. Tren ini muncul beberapa tahun terakhir dimulai oleh influencer instagram dan mulai merambah hingga tiktok. Namun, tahukah kamu kalau endorsement adalah kegiatan yang tidak hanya bertujuan mengiklankan produk saja? Sebab, ada juga yang bermaksud untuk memberi dukungan terhadap sesuatu. 

Buat kamu yang tertarik mengetahui lebih dalam mengenai apa itu endorse dan manfaatnya, yuk baca artikel di bawah sampai habis.

Apa itu endorse? 

Pengertian endorsement adalah kegiatan iklan atau promosi dengan kerja sama dengan tokoh atau selebriti terkenal. Endorse adalah istilah yang mengarah ke kegiatannya, sedangkan endorsement adalah sebutan untuk sistemnya. Namun secara umum, keduanya memiliki arti yang sama.  

Meski terlihat sederhana, tetapi endorse adalah trik pemasaran yang kini sedang digandrungi. Pasalnya, ketika sebuah produk direview oleh seorang yang cukup terkenal, maka masyarakat akan menganggap barang tersebut bagus dan berkualitas. 

Sampai sini kamu sudah semakin paham ya apa itu endorse. Singkatnya, endorsement adalah sebuah kegiatan berupa pengakuan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan dan bisa menarik orang lain untuk membeli atau menggunakan produk tersebut.

Perbedaan paid promote dan endorse 

Selain endorsement, ada satu trik pemasaran lain yang juga banyak dilakukan akhir-akhir ini. Apa itu? Yap paid promote. Tetapi, kedua hal ini punya sistem yang berbeda, loh! Beberapa perbedaan paid promote dan endorsement adalah sebagai berikut. 

1. Mekanisme promosi

Pada sistem paid promote, influencer harus mengunggah gambar, foto atau video yang sudah disediakan oleh pemilik brand dan akan dibayar sesuai tarif yang sudah disepakati. Selain itu pemilik brand juga tidak perlu mengirimkan produk untuk direview oleh influencer. 

Sementara endorsement adalah sistem dimana pemilik brand mengirimkan produk kepada influencer untuk dipakai dan di review. Kemudian influencer juga harus membuat konten yang menampilkan produk tersebut. 

2. Media iklan

Meskipun sama-sama mengiklankan suatu produk di media sosial, tetapi kebanyakan paid promote cenderung menggunakan akun publik yang mempunyai followers tinggi, seperti dagelan, indozone, folkative, dan lain-lain. 

Sedangkan media iklan endorsement adalah akun pribadi dari influencer itu sendiri, karena mereka yang akan memakai serta mereview produk secara langsung dan akan disampaikan langsung kepada pengikut mereka. 

3. Harga paid promote dan endorse

Ada perbedaan signifikan dalam masalah harga atau cara pembayaran. Sebagai contoh, untuk paid promote biasanya harga yang dibayarkan sudah disepakati. Sedangkan harga endorsement adalah sesuai tarif endorse influencer tersebut. 

Namun ada juga yang memberlakukan sistem pembayaran kombinasi antara produk dan uang tunai dengan nilai yang telah disepakati, karena pp endorse adalah iklan berupa konten sehingga harganya cenderung lebih mahal. 

4. Tingkat keberhasilan

Tingkat keberhasilan kedua trik marketing ini dapat ditentukan dari banyak hal, pertama adalah ketepatan pengiklanan dalam memilih influencer dengan segmentasi pasar yang sesuai. Nah jika kamu menggunakan paid promote, tentu kamu perlu menyediakan aset konten menarik. 

Sedangkan kalau kamu memilih endorsement adalah sistem dimana influencer bertanggung jawab atas konten sehingga akan terlihat lebih menarik, natural, dan meyakinkan.

Baca Juga: 10 Cara Mendapatkan Uang 1 Juta Dalam Sehari Tanpa Modal

Manfaat endorse 

Kalau kamu sedang merintis usaha, tak ada salahnya mengenal lebih jauh soal apa itu endorse loh! Ada banyak benefit yang bisa membuat pasar tertarik akan produkmu. Beberapa manfaat endorse adalah sebagai berikut:

1. Membangun kredibilitas

Ketika kamu memilih influencer yang tepat, masyarakat akan memandang produk kamu bagus dan cocok untuk dibeli. Secara tidak langsung akan membangun brand awareness atau kepercayaan masyarakat kepada suatu produk. 

2. Penjualan meningkat

Produk yang di endorse akan semakin banyak dikenal oleh masyarakat melalui review influencer. Artinya, manfaat endorse adalah membuat penjualan semakin meningkat karena pasar tertarik untuk membelinya. 

3. Bertambahnya pengikut di sosial media 

Di samping menaikkan trafik penjualan, manfaat endorse adalah meningkatkan pengikut suatu brand di sosial media. Bila endorse berhasil diperagakan baik, maka konsumen baru pun akan merasa tertarik. Akhirnya, produk pun semakin dikenal masyarakat luas dan memperbesar peluang terjadinya transaksi. 

4. Promosi efektif

Endorsement adalah sistem promosi yang efektif karena hanya membutuhkan waktu singkat untuk memperkenalkan produk ke masyarakat. Hal tersebut tentu tak lepas dari jumlah pengikut influencer yang begitu banyak.

Contoh Endorse 

Kamu sudah tahu bahwa endorsement adalah hal yang menguntungkan brand. Maka, bagaimana sih contoh endorse dan efeknya? Agar tidak bingung, simulasi contoh endorse adalah sebagai berikut.

Pertama, selesaikan transaksi lalu kirimkan produkmu ke artis, selebgram, atau influencer pilihan. Selanjutnya, endorser akan membuat materi yang sesuai dengan brief atau permintaanmu. Setelah itu, konten akan dipublikasikan di media sosial untuk dilihat oleh para pengikut. Sampai di tahap ini, kamu sudah bisa mulai menantikan followers baru yang penasaran dengan produkmu.

Kemudian mereka pun akan menghampiri akunmu dan mengikutinya. Jika benar-benar tertarik, transaksi pun bisa berlangsung. Bila terjadi, endorsement yang kamu lakukan dapat dikatakan berhasil.

Cara menawarkan endorse ke selebgram

Setelah mengetahui manfaat, efek, dan contoh endorse, mungkin kamu tertarik untuk segera memulainya. Namun sebaiknya pahami dulu cara menawarkan endorse ke selebgram berikut ini

1. Kenali dan tentukan influencer yang sesuai 

Kamu harus menyesuaikan kebutuhan target pasar kamu dengan seorang influencer. Lihat profil dan kenali karakternya, lihat postingan apa saja yang dipublikasikan di media sosial influencer tersebut. 

2. Memeriksa engagement

Kamu bisa mengecek engagement suatu influencer dengan memeriksa jumlah like dan comment pada media sosialnya. Tujuannya adalah untuk memprediksi apakah endorsement akan berhasil atau malah gagal.. Jika jumlah like dan comment pada media sosial influencer tersebut banyak, produk kamu akan semakin mudah dikenali oleh masyarakat.

3. Menghubungi Selebgram / influencer

Setelah kamu yakin dengan influencer atau selebgram tersebut, kamu harus mengontak mereka dengan kata-kata yang sopan dan baik. Contoh cara menawarkan endorse ke selebgram adalah

“Halo kak, saya (nama/brand kamu). Kami tertarik dengan feeds instagram kaka dan ingin mengajak untuk kerjasama mempromosikan (nama/jenis produk kamu). Apakah boleh mengetahui rate card kakak untuk kerjasama tersebut di Instagram? ( kamu bisa menyebutkan apa saja yang kamu perlukan untuk kerja sama, misalnya foto, video, IG TV atau IG Story).”

Baca Juga: Apa Itu Aset Digital? Ketahui Contoh Dan Manfaat Memilikinya

Cara mendapatkan endorse

PP endorse adalah salah satu teknik pemasaran dengan rentang harga yang bervariasi. Nah agar tidak salah langkah, cara mendapatkan endorse adalah sebagai berikut! Kamu juga bisa memanfaatkan tips di bawah bila tertarik untuk menjadi influencer favorit khalayak

1. Membangun personal branding

Salah satu cara wajib kalau pengen jadi selebgram itu adalah membangun personal branding. Sebab pp endorse adalah promosi yang bergantung pada kepribadian sang influencer. Dengan membangun personal branding, kamu bisa membangun reputasi di hadapan followers dan pihak yang mengendorse kamu. 

2. Tentukan target audiens kamu

Kamu akan lebih mudah untuk membuat konten di media sosialmu kalau sudah menentukan target audiens dengan benar. Misalnya, jika target audiensmu remaja, maka kamu dapat membuat konten seputar trend kekinian yang up to date

3. Jumlah followers

Supaya kamu bisa segera mendapatkan endorse, kamu harus mempunyai followers yang cukup banyak untuk menarik pemilik brand. Tak hanya itu, pastikan juga interaksimu dengan pengikut terjalin baik agar tingkat engagement selalu tinggi. 

4. Membuat feed menarik

Trik lain untuk mendapatkan pp endorse adalah dengan membuat feed media sosial yang menarik. Selain menjadi portofolio untuk mengundang followers baru, pemilik brand pun dapat mempertimbangkan kamu menjadi salah satu endorser mereka.

5. Aktif dalam mengunggah foto

Dengan aktif mengunggah foto di media sosial akan menggambarkan kalau media sosialmu selalu aktif. Hal ini akan mengundang banyak followers dan pemilik brand untuk berinteraksi dan menawarkan produk lewat berbagai unggahanmu.

Sederhananya, endorsement adalah inovasi terbaru untuk memasarkan produkmu agar dikenal dan dibeli masyarakat. Selain itu, pp endorse adalah cara yang juga bisa membawa loyalitas masyarakat saat suka dengan influencer tertentu atau produkmu.

Itulah penjelasan mengenai apa itu endorsement dan tips yang bisa kamu lakukan. Eits, mengatur bisnis tidak hanya pada bagaimana cara kamu memasarkannya saja. Kelola dan kenali kesehatan finansial kamu mulai sekarang!

Baca Juga: 8 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Untuk Pemula Patut Dicoba


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya