Logo Ruang Menyal
Bg Block

Apa itu Cash Flow? Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 02 November 2021 | 5513 dilihat

Article Detail

Cash flow adalah sebuah istilah yang selalu identik dengan finansial. Sebagai generasi melek akan kesehatan finansial, kamu juga perlu tahu apa itu cash flow, baik untuk perusahaan maupun pribadi. Kali ini Ruang meNyala akan jelaskan secara lengkap mulai pengertian hingga contoh cash flow. Yuk simak artikel berikut!

Apa itu cash flow?

Cash flow adalah komponen penting dalam perusahaan. Cash flow biasa disebut sebagai laporan alur kas yang berisi catatan pemasukan dan pengeluaran dari seluruh kegiatan perusahaan dalam periode waktu tertentu. Dalam artian lain, cash flow adalah laporan dokumen keuangan yang dibuat sebagai analisa terperinci tentang apa yang terjadi pada kas bisnis. 

 

Terdapat 2 metode cash flow yang umum digunakan, yaitu metode langsung maupun tidak langsung. Meski begitu, keduanya tentu punya kelebihan dan kelemahan masing-masing menyesuaikan dengan situasi dan kondisi.

 

Cash flow dapat bersifat positif maupun negatif. Arus positif di dalam perusahaan menandakan pemasukan lebih besar dibanding pengeluaran. Sedangkan arus negatif menandakan perusahaan memiliki lebih besar pengeluaran dibanding pemasukan.

Jenis cash flow

Sebelum membuat cash flow, pastikan kamu sudah tahu jenis cash flow mana yang akan kamu buat, apakah operating cash flow, financing cash flow atau investing cash flow.

 

  1. Operating cash flow adalah laporan arus kas operasional perusahaan. Aktivitas tersebut dapat dilakukan dengan cara memasukan nilai transaksi pada penjualan laba bersih. Contohnya seperti penjualan produk dan jasa dari konsumen, pembelian kebutuhan perusahaan, atau perlengkapan lainnya untuk jangka waktu kurang dari setahun dan pembayaran hutang kepada Supplier atau biaya operasional lainnya. 

 

  1. Financing cash flow atau aktivitas pendanaan berasal dari tambahan modal perusahaan. Sistem perhitungannya dengan memasukan kas penambahan dan pengurangan yang berasal dari kewajiban pada jangka waktu jangka panjang.

 

  1. Investing cash flow adalah kegiatan arus kas yang berasal dari penjualan atau pembelian kepemilikan aset. Kegiatan dari pemasukan kas atau investasi memiliki waktu perkiraan lebih dari 1 tahun. 

 

Contoh investasi cash flow adalah pembelian atau penjualan aset, harta atau kekayaan yang menunjang kegiatan perusahaan. 

Cara membuat cash flow

Nah, setelah memastikan jenis cash flow apa yang hendak kamu buat, berikut adalah beberapa tahapan pembuatannya.

Cara membuat cash flow untuk perusahaan

 

  1. Menyiapkan laporan laba rugi dari periode waktu yang telah berjalan. Dari data tersebut kamu dapat memperkirakan apakah kondisi perusahaan sedang naik atau turun.

  2. Menyiapkan laporan neraca periode yang berlangsung dan periode sebelumnya. Laporan tahunan diperlukan sebagai perbandingan dan melihat data aktivitas keuangan perusahaan di periode tahun yang sedang berjalan.

  3. Menyesuaikan laporan laba rugi yang akan didapatkan dari data posisi keuangan perusahaan.

  4. Melakukan pengecekan dan perbaikan terhadap pengaruh transaksi bukan kas. Seperti pembayaran kas untuk operasi sebelum dan selanjutnya. 

Cara membuat dan contoh cash flow pribadi

Cara membuat cash flow untuk kepentingan pribadi cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Mencatat setiap pemasukan maupun pengeluaran dan membuat alokasi keuangan secara khusus agar kamu mudah memantau dan mengevaluasi keuangan secara rutin.

  2. Membuat catatan daftar aset yang kamu miliki. Contoh, seluruh instrumen investasi beserta jumlah uang yang diinvestasikan, jumlah uang di rekening bank (saldo), saham dan hingga properti.

  3. Catat berbagai hutang yang kamu miliki seperti cicilan atau kredit.

  4. Setelah mencatat semua pengeluaran, aset hingga pemasukan, maka sekarang kamu perlu menjumlahkan masing-masing kategori. 

  5. Terakhir, jumlahkan seluruh kategori yang termasuk pemasukan seperti gaji bulanan, jumlah aset, dan lain-lain. Tak lupa, jumlahkan juga seluruh pengeluaran. Lalu lihat selisihnya, apakah lebih besar pemasukan (kas positif) atau pengeluaran (kas negatif).

 

Itu tadi informasi mengenai cash flow. Cash flow adalah hal terpenting yang perlu kamu pahami dengan baik demi kepentingan pribadi maupun perusahaan. Salah satu manfaat cash flow adalah sebagai gambaran jumlah uang tunai yang dihasilkan dan digunakan dalam waktu tertentu.

 

Dengan adanya laporan cash flow, kamu dapat dengan mudah memantau perkembangan bisnis atau perusahaan sekaligus menjadi bahan evaluasi nantinya. Jadi, sudahkah kamu menerapkan cash flow selama ini?


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya