13 Oktober 2021

3.MANAJEMEN HUTANG

Anti Stress, Kelola Utang Kamu Disini

Punya utang dalam keuangan  adalah salah satu hal yang kita hindari yang kerap membuat stress. Tapi, kita pasti menghasilkan utang untuk memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan berbagai masalah, meskipun banyak dari kita yang memiliki utang untuk hal yang tidak tepat seperti membeli banyak barang keinginan kita. Tapi apapun alasannya utang tetaplah utang dan kita harus tetap bertanggung jawab untuk melunasi utang tersebut. Walaupun berutang, kamu tetap harus mengelolanya dengan cara yang tepat agar tidak salah Langkah. Karena, jika kamu salah Langkah dalam mengelola utang, utang bisa merusak keuangan kamu sampai-sampai bisa bikin kamu stress. Utang harus dibayar dan dilunasi dengan baik dan tepat waktu, dengan begitu akan sangat berpengaruh dan mempermudah kamu dalam mengatur  cashflow kamu kedepannya. 

 

Namun, ketika kita ingin membayar utang, kamu pasti akan merasa sangat berat dan stress karena kamu mempunyai kebutuhan lain atau tujuan lain didalam keuangan kamu. Apalagi, ternyata utang yang kamu miliki terbilang cukup besar, sementara kalau kamu diamkan saja, bunga yang akan kamu bayarkan akan semakin membengkak dan akhirnya utang kamu semakin besar dan susah untuk dilunasi, tidak mau kan?

 

Nah, biar utang yang kamu miliki tidak menumpuk dan akan semakin susah buat dilunasi, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti buat mengelola keuangan kamu biar kamu bisa bayar utang kamu tepat waktu, dan pastinya cashflow kamu tetap terjaga.

 

1.   Dahulukan Pembayaran Tagihan yang Berbunga Tinggi

 

Kamu bisa mulai untuk membayarkan utang kamu, yang berbunga tinggi terlebih dahulu dengan membuat daftar utang yang kamu miliki dari yang berbunga besar sampai berbunga kecil.

 

 Tapi sebelum itu, kamu harus memahami dengan baik besar bunga di dalam setiap utang yang kamu miliki ditambah biaya-biaya lain yang membuat utang tersebut menjadi lebih besar. Setelah kamu mempelajari utang yang kamu miliki, kamu bisa memulai dari bunga yang lebih besar terlebih dahulu, agar beban utang kamu semakin berkurang.

 

Ketika membayar utang, kamu bisa dengan membayar langsung atau dengan cicilan yang kamu lakukan setiap bulan secara teratur. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk melunasi utang kamu secara perlahan tapi pasti. Apalagi, kalau kamu membayarkan cicilan utang kamu dengan waktu yang pendek dan dengan dana yang besar, kamu akan semakin cepat terbebas dari utang kamu.

 

2. Jangan Terlambat Membayar Cicilan Utang

 

Agar biaya yang kamu bayarkan ketika membayar utang tidak menjadi besar, kamu tidak boleh terlambat dalam membayar cicilan utang kamu. Jika terlambat dalam membayar utang, akan ada bunga yang terus menunggu kamu dan akan semakin membesar jika kamu biarkan begitu saja. 

 

Sehingga, ketika kamu ingin membayar utang tersebut, kamu jangan kaget jika biaya yang akan kamu bayarkan akan menjadi lebih besar, bisa 2x hingga 3x lipat dari biaya yang kamu bayarkan jika tidak terlambat.

 

Jadi, kamu harus menyiapkan dan menyisihkan pendapatan kamu setiap bulannya khusus untuk membayar utang kamu, agar kamu tidak terlambat ketika membayar utang, dan cashflow kamu akan semakin lancar.

 

3.  Sesuaikan Dengan Tujuan Keuangan Selama Ini

 

Membayar utang memang salah satu kewajiban yang perlu kamu prioritaskan, tapi kamu jangan sampai terlalu fokus pada masalah ini saja, dan mengabaikan berbagai tujuan lain dari keuangan kamu.

 

Utang memang harus kamu bayarkan, tapi kamu jangan sampai lupa untuk tujuan keuangan lainnya seperti investasi, dana darurat dan lainnya. Hal itu menjadi salah satu hal terpenting yang tidak bisa kamu tunda dalam keuangan kamu.

 

Agar kamu bisa menyesuaikan dengan tujuan keuangan kamu yang lainnya, kamu harus membuat rencana dan memisahkan keuangan kamu untuk pelunasan utang dan untuk tujuan lainnya, agar kondisi keuangan kamu tidak memburuk dan boncos kedepannya.

 

4. Berinvestasi sambil Mencicil Utang Sampai Lunas

 

Masih berkaitan dengan poin diatas, kamu perlu berinvestasi untuk mencapai tujuan keuangan kamu. Jangan mengalokasikan seluruh dana kamu untuk bayar utang, sedangkan investasi kamu tinggalkan.

 

Lebih baik, kamu dapat menjalankan keduanya sekaligus agar mendapatkan hasil yang baik kedepannya. Kamu perlu membuat rencana dan menyiapkan dana yang tepat, sehingga investasi dan pelunasan utang dapat kamu jalankan keduanya dengan baik dan lancar dan akan berdampak positif untuk kesehatan keuangan kamu dimasa depan.

 

5.  Hindari membayar Utang dengan Berutang

 

Pernah mendengar istilah “Gali Lubang Tutup Lubang”? itu adalah istilah yang tepat untuk point ini. Jika kamu termasuk seperti point ini, kamu sangat salah! Kamu tidak boleh  membayar utang kamu dengan berutang lagi ditempat lain.

 

Jika kamu melakukannya, maka akan semakin membuat kamu mempunyai banyak utang dan dengan jumlah yang banyak ditambah lagi dengan bunga yang besar juga. Itu adalah cara yang salah dalam mengelola utang yang baik dan harus kamu hindari.

 

Mungkin salah satu utang akan lunas dengan cara ini, tapi kamu akan menimbulkan utang lagi  dan lagi di berbagai tempat, yang akan mengakibatkan penghasilan kamu akan terkuras hanya untuk membayar utang. Padahal, selain utang masih banyak lagi tujuan keuangan yang harus kamu siapkan seperti investasi, dana darurat dan lain-lain.

 

Jika kamu masih bingung bagaimana caranya mengatur keuangan kamu, kamu jangan ragu untuk bertanya ke ahlinya dan juga mengikuti kelas-kelas keuangan yang seru dari ruang meNYALA. Catat tanggal mainnya ya, setiap hari Selasa dan Kamis malam. Kamu bisa daftar kelas disini Ruang meNYALA

 

 

0 comments

ARTIKEL
LAINNYA

COACHTAINMENT

Konten-konten financial fitness yang bikin kamu termotivasi buat raih financially fit.

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!