Logo Ruang Menyal
Bg Block

9 Tips Liburan Hemat, Bikin Senang dan Aman di Kantong

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 22 September 2021 | 705 dilihat

Article Detail

Liburan adalah salah satu alternatif melepaskan penat bagi kebanyakan orang. Tak harus selalu dengan budget yang besar, ada tips hemat liburan yang bisa kamu terapkan agar tamasya bisa berjalan lancar tanpa harus menguras tabungan. Bagaimana caranya? Simak beberapa trik dari Ruang meNyala berikut ini!

9 Tips Liburan Hemat Aman di Kantong

1. Rencanakan budget

Tips liburan hemat yang pertama ialah merencanakan budget. Hitunglah kisaran uang yang sekiranya kamu perlukan untuk pergi berlibur, mulai dari akomodasi, kuliner ataupun berbelanja. 

Sehingga, kamu bisa mewujudkan liburan yang menyenangkan dengan budget minim serta hemat tanpa hambatan. 

Rencana keuangan yang matang tentunya akan mencegahmu mengeluarkan dana tidak perlu atau berlebihan. Ini juga bisa jadi tips liburan saat pandemi, lho. Jangan sampai kamu lupa menyiapkan dana untuk melakukan tes kesehatan yang diperlukan sebagai syarat perjalanan.

2. Siapkan jauh-jauh hari

Tips liburan hemat selanjutnya adalah menyiapkan perjalanan dari jauh-jauh hari. Tujuannya agar kamu dapat mempersiapkan segala kebutuhan tanpa tergesa, mulai dari transportasi, penginapan, maupun wisata. 

Terlebih lagi, kamu bisa memesan tiket pesawat atau paket liburan hemat yang ditawarkan dari jauh hari. Jangan sampai kamu kurang persiapan dan malah melewatkan berbagai penawaran harga spesial. 

3. Tentukan destinasi dan durasi liburan

Sebelum pergi berlibur, pastinya kamu perlu menentukan terlebih dahulu seberapa lama serta destinasi mana yang akan dituju. Tips liburan hemat satu ini bertujuan agar kamu dapat memastikan bahwa lokasi yang ingin dikunjungi itu cocok dan sesuai dengan ekspektasi maupun kantongmu. 

Untuk tips liburan saat pandemi, kamu bisa lakukan survei melalui buku wisata, internet, maupun brosur travel dan menyiapkan syarat perjalanan liburan yang diminta. Pastikan juga kalau tempat yang dituju dapat kamu kunjungi, ya.

4. Buat tabungan khusus

Membuat sebuah tabungan khusus bisa menjadi tips liburan hemat yang perlu kamu terapkan. Ini akan membantumu merencanakan dan mengelola keuangan dengan lebih baik. Di samping itu, tabungan khusus juga mencegahmu menggunakan dana campuran lain dengan nggak sengaja. 

Sebab, jika kamu tidak memisahkan antara dana kebutuhan hidup dan tabungan liburan, takutnya kamu malah tergoda berbagai tawaran menarik dan tanpa disadari menjadi boros karena merasa memiliki uang berlebih.

Baca juga : Wisata Ekstrim di Indonesia yang Wajib Kamu Coba!

5. Cari akomodasi yang tepat

Ada begitu banyak pilihan penginapan yang tersedia dengan berbagai penawaran fasilitas menarik dan menggoda. Dengan begitu, pastikan kamu memilih akomodasi yang tepat, ya. 

Nggak perlu mahal dan mewah, carilah penginapan yang sesuai kantong namun nyaman dan tidak jauh dari kota, pusat wisata, ataupun kuliner. Tips liburan hemat ini tentunya bisa menjadi salah satu cara meminimalkan pengeluaran, lho.

6. Cobalah liburan backpacker

Melakukan perjalanan ala backpacker memang sering menjadi tips liburan hemat yang paling direkomendasikan. Sebab, selain mengutamakan biaya yang serba murah, liburan backpacker juga mengandalkan travel light atau membawa barang sesedikit mungkin dan mandiri. 

Dibandingkan menggunakan jasa agen wisata, menyewa penginapan mewah atau makan di restoran enak, kamu bisa memilih tinggal di rumah kenalan ataupun akomodasi termurah, menggunakan transportasi umum, hingga ke tempat makan yang sederhana.

7. Ajak kerabat 

Melakukan solo traveling memanglah menyenangkan, karena kamu bisa dengan bebas berpetualangan sesuka hati tanpa harus menunggu ataupun mempertimbangkan keadaan orang lain. Meski demikian, berlibur seorang diri pastinya akan membuatmu mengeluarkan uang lebih banyak untuk transportasi maupun akomodasi. 

Yup, tentu akan berbeda jika kamu mengajak teman atau kerabat untuk ikut serta dalam perjalanan. Sebab, selain menjadi lebih menyenangkan, kalian bisa patungan bersama dan mengurangi biaya perjalanan. Ide bagus, kan?

8. Hindari membeli souvenir

Rasanya kurang afdol kalau nggak beli oleh-oleh saat liburan. Eits, tapi tunggu dulu, mengingat harga pernak-pernik souvenir di tempat wisata umumnya nggak wajar, cobalah sekali-sekali hindari berbelanja tidak perlu dan lihat berapa banyak uang yang bisa kamu simpan. 

Tanpa kamu sadari, membeli oleh-oleh nyatanya memang menguras dompet dengan begitu cepat. Oleh karenanya, jangan sampai kamu mengabaikan tips liburan hemat ini, ya!

9. Abadikan momen di tempat yang iconic

Kalau tips liburan hemat satu ini wajib banget kamu coba. Yup, dibanding belanja souvenir yang sia-sia, akan lebih hemat jika kamu mengabadikan momen saja dengan mengambil foto-foto indah. Ambillah gambar pada setiap momen terutama di tempat-tempat iconic yang kamu kunjungi. Dengan begitu, kamu tetap bisa memiliki kenangan liburan yang menyenangkan.


Dengan menerapkan beberapa tips liburan hemat di atas, kamu bisa mewujudkan perjalanan liburan low budget yang tetap menyenangkan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan tips liburan saat pandemi beserta protokol kesehatannya, ya. Semoga membantu!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya