06 September 2022

5.KEUANGAN KELUARGA

8 Jenis Passion yang Menghasilkan Uang dan Cara Melakukannya

Memiliki pekerjaan yang sesuai passion menjadi dambaan setiap orang. Passion yang menghasilkan uang ini secara tidak langsung akan membuat lingkungan kerja yang baik serta terasa nyaman untuk kamu. 

Sobat MeNYALA yang ingin bekerja sesuai dengan passion tidak perlu khawatir, kini passion yang bisa diubah menjadi uang ada banyak dan beragam. Apa saja? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

8 Jenis Passion yang Menghasilkan Uang

Mungkin beberapa Sobat MeNYALA di sini hanya mengenal hobi sebagai hiburan semata. Nyatanya, beberapa hobi dan passion tersebut bisa dijadikan sebagai mata pencaharian yang menguntungkan juga, lho! Ketahui hobi yang menghasilkan uang pada ulasan berikut.

1. Menulis

Di era digital ini, kamu yang memiliki hobi menulis juga bisa mendapatkan pundi-pundi uang dengan mudah. Tidak hanya menjadi penulis buku, Sobat MeNYALA juga bisa menjadi freelance writer dengan menawarkan hasil tulisan kamu ke situs web tertentu.

Mau bekerja di kantor dengan bakat menulis kamu? Bisa juga kok! Beberapa perusahaan di masa serba digital ini juga membuka posisi pekerjaan yang berhubungan dengan tulis menulis, seperti content writer, copywriter, dan masih banyak lagi.

2. Bermusik

Bagi penggemar musik, menjadi penyanyi dan musisi adalah passion yang menghasilkan uang. Oleh karena itu, kamu yang menggemari musik bisa menekuni hal tersebut agar dapat berkarier di industri hiburan satu ini.

Apa hal kecil yang dapat dilakukan penggemar musik untuk menghasilkan uang? Kamu bisa membuka kursus musik kecil-kecilan jika sudah mahir memainkan suatu alat musik. Atau, kamu dapat membuat lagu sendiri lalu memasukkannya ke dalam situs streaming musik berbayar.

3. Gambar dan Desain Visual

Adakah di antara Sobat MeNYALA yang hobi menggambar? Jika iya, kamu bisa mulai membuka jasa gambar dan ilustrasi visual untuk mendapatkan uang. Passion yang menghasilkan uang satu ini dapat kamu awali dengan mempromosikannya ke kerabat dekat.

Baca Juga: 10 Bisnis Ibu Rumah Tangga Modal Kecil yang Menjanjikan

4. Membuat Konten Media Sosial

Promosi melalui media sosial merupakan salah satu trik yang dilakukan oleh banyak perusahaan di masa kini. Bagaimana tidak, target pasar kini dapat dicapai dengan mudah melalui media sosial.

Maka dari itu, content creator bisa menjadi pilihan pekerjaan bagi kamu yang memiliki passion dalam membuat konten media sosial. 

5. Membuat Situs Web

Membuat situs web adalah jenis passion yang menghasilkan uang lainnya. Umumnya, anak muda yang sudah ‘melek’ dengan teknologi akan memiliki minat terhadap bidang satu ini. Apakah kamu tertarik untuk merintis karier di bidang tersebut?

6. Bermain Video Game

Bermain video game biasanya dilakukan oleh sebagian besar orang untuk hiburan dan menyegarkan pikiran. Ternyata, aktivitas satu ini juga bisa termasuk ke dalam passion yang menghasilkan uang lho, Sobat MeNYALA!

Kamu bisa memasuki dunia game ini secara profesional lalu mengikuti berbagai macam turnamen atau kejuaraan yang ada. Jika menjuarai turnamen tersebut, kamu akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dengan nominal yang cukup besar.

7. Fotografi

Hobi yang menghasilkan uang selanjutnya yaitu fotografi. Kamu bisa menjadi fotografer profesional jika menekuni passion ini dengan baik. Selain itu, fotografer juga bisa mendapatkan uang tambahan dengan menjual footage fotonya ke layanan stok foto. 

8. Traveling

Passion yang menghasilkan uang terakhir yaitu traveling. Kamu yang hobi jalan-jalan dan berkeliling kota bisa menjadikannya sebagai ladang uang dengan menjadi tour guide. Membuat konten vlog jalan-jalan juga bisa menjadi alternatif menghasilkan uang dari hobi traveling ini.  

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Passion?

Setelah mengetahui bidangnya, Sobat MeNYALA mungkin akan bertanya-tanya bagaimana cara menghasilkan uang dari passion tersebut. Ruang MeNYALA akan memberikan tips dan cara menghasilkan uang dari passion berikut. 

Baca Juga: Tips Jadi Freelancer Tetap Tenang di Masa Tidak Menentu

1. Tingkatkan Skill Kamu Sebaik Mungkin

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu tingkatkan skill kamu di bidang tersebut sebaik mungkin. Apabila kemampuan kamu telah maksimal, pekerjaan atau bisnis yang didasarkan dengan passion ini akan semakin terasa mudah.

2. Melakukan Perencanaan Bisnis dan Riset Pasar

Selanjutnya, kamu dapat menentukan hobi dan passion tersebut agar dapat dijadikan sebagai suatu produk, baik barang maupun jasa. 

Kemudian, perencanaan bisnis dapat dilakukan dengan riset peluang pasar, menentukan strategi pemasaran, mencari pendanaan, dan lain-lain.

3. Promosikan Bisnis melalui Media Sosial

Di era serba digital ini, promosi bisnis kini dapat dilakukan dengan mudah. Kamu dapat mempromosikannya melalui media sosial secara efisien. 

Media sosial memiliki beberapa keunggulan sebagai sarana promosi, seperti cost yang dikeluarkan lebih murah serta mampu menjangkau target pasar lebih banyak.

Seperti itulah ulasan passion yang menghasilkan uang dari Ruang MeNYALA. Menjadikan passion sebagai mata pencaharian mungkin saja jadi tantangan bagi sebagian orang. 

Jika tertarik dengan bahasan passion sebagai pekerjaan dan ingin mengetahui plus minus serta cara bekerja sesuai passion lebih lengkap, kamu bisa mengikuti kelas Ruang MeNYALA Passion, Money, or Both? dengan MINYO sebagai narasumbernya 

Kelas ini akan dilaksanakan pada hari Kamis, 15 September 2022 pukul 19.00 - 20.00 WIB secara online melalui Zoom Meeting. So, jangan sampai terlewat kelasnya ya, Sobat MeNYALA!

0 comments

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!