26 September 2021

2.CASH FLOW

8 Ide Bisnis Digital Menjanjikan untuk Anak Muda, Cek Daftarnya!

Bisnis digital adalah salah satu jenis usaha yang banyak digemari masyarakat, baik anak muda hingga dewasa. Bahkan kini siapapun bisa berbisnis meskipun tanpa memiliki toko atau outlet. Kamu tertarik untuk berbisnis digital secara online? Yuk simak penjelasan mengenai pengertian hingga ide bisnis digital dari Ruang meNyala berikut ini!

Pengertian bisnis digital 

Bisnis digital adalah salah satu jenis usaha yang menggunakan teknologi untuk untuk menciptakan atau membuat produknya sendiri yang berupa barang atau jasa. Bisnis digital sendiri biasanya menggunakan sistem online untuk melakukan penjualan produknya, bisa melalui website, aplikasi dan platform online lainnya. 

8 Ide bisnis digital

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya kemajuan digital, membuat kita juga harus mengikuti zaman serba canggih ini. Buat kamu yang mau memulai bisnis dengan modal yang terbatas dan secara online, kamu bisa intip 8 ide bisnis digital di bawah ini.

1. Afiliasi

Afiliasi adalah salah satu peluang bisnis digital yang menguntungkan dan populer akhir-akhir ini. Berdasarkan artinya, afiliasi atau affiliate marketing adalah salah satu metode penjualan yang mana kamu akan dibayar ketika ada orang membeli produk dari link yang kamu promosikan. 

2. Dropship 

Dropship adalah sistem penjualan yang hanya memerlukan pemasaran tanpa harus menyetok barang tersebut terlebih dahulu. Sistem dropship ini adalah salah satu ide bisnis digital yang banyak digemari oleh anak muda, karena sistem yang sangat mudah dilakukan, dan  cuan  yang cukup signifikan. 

3. Pembuatan website

Jika kamu bisa membuat website dengan menarik, ini adalah salah satu ide bisnis online yang cocok buat kamu. Saat ini banyak sekali kebutuhan untuk pembuatan website baik untuk bisnis, instansi, maupun untuk individu. Umumnya mereka akan mencari programmer yang membuka jasa pembuatan website, atau bisa juga dengan mencari template yang ada di internet. 

Keduanya sama-sama menguntungkan loh, dan jika kamu berhasil membuat template yang banyak dipakai, itu bisa menjadi salah satu passive income yang cukup menjanjikan.

4. Menulis konten

Salah satu ide bisnis digital ini cocok banget buat kamu yang punya hobi nulis. Saat ini banyak sekali website atau platform online yang siap membayar dan menyediakan tempat untuk memamerkan tulisan kamu agar dibaca semua orang. Selain itu, kamu juga dapat membangun blog khusus untuk menerbitkan tulisan kamu dan menarik banyak pembaca. Tentunya kamu dapat mendapatkan uang dari iklan yang akan mampir di blog kamu. 

5. Online shop

Sekarang ini potensi untuk membangun toko online sedang sangat baik di Indonesia. Kamu dapat menjual barang apa saja di toko online tersebut, mulai pakaian, skincare, alat olahraga, makanan, dan lain-lain. 

Penghasilan yang didapatkan dari membuka toko online pun tidaklah sedikit. Asalkan kamu tahu bagaimana cara mengelola toko online tersebut dengan baik dan benar untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

6. Jasa foto produk 

Kamu punya hobi foto dan mau “menjual”-nya? Salah satu ide bisnis online ini bisa menjadi referensi kamu untuk mendapatkan uang melalui hobi foto. Saat ini banyak sekali toko online yang memerlukan promosi untuk penjualan barang mereka, tentunya mereka juga harus menampilkan gambar yang menarik untuk mendapatkan pelanggan. Nah, ini adalah kesempatan kamu untuk unjuk gigi dengan membuka jasa foto produk.

Atau, kamu juga bisa mengunggah hasil jepretan kamu ke platform gambar dan video yang membuka peluang untuk menjualnya. Pada sistem ini, biasanya kamu akan mendapatkan cuan ketika ada orang yang mengunduh dan memakai hasil fotomu. 

7. Desain grafis 

Selain melalui website, kini sudah cukup banyak toko online kecil hingga perusahaan besar yang bermain sosial media. Momen ini tentu cukup menguntungkan bagi graphic designer seperti kamu. Dengan skill yang kamu punyai, kamu bisa membuat konten promosi, desain packaging hingga logo dan branding toko. Ide bisnis digital ini sangat cocok untuk kamu yang mau menambah portfolio dan juga menambah penghasilan.  

8. Mentor bimbingan online

Bagi kamu yang memiliki keahlian dalam pendidikan atau ilmu pengetahuan tertentu, kamu dapat memanfaatkan situasi yang serba online ini untuk menjadi mentor bimbingan online. Kamu dapat membuat kelas online pribadi untuk mengajarkan pengetahuan kamu kepada semua orang melakukan kelas online secara berbayar. Selain membuat kelas online berbayar, kamu juga dapat menawarkan jasa mengajar kamu ke platform mengajar lainnya. 

Tips melakukan bisnis digital

Setelah kamu tahu apa saja ide bisnis online yang bisa kamu terapkan, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal ketika akan memulai bisnis. Untuk itu, kamu bisa cek tips bisnis digital di bawah ini.

1. Lakukan riset pasar

Hal pertama yang wajib dilakukan sebagai cara memulai bisnis adalah meriset pasar terlebih dahulu. Riset pasar adalah sebuah kegiatan meneliti, mengevaluasi, dan menganalisis data yang berguna untuk mengetahui target pasar serta konsumen. 

Dengan riset ini, kamu dapat mengetahui kebutuhan mayoritas dan perilaku konsumen yang akan menjadi target dari bisnis kamu, dengan begitu kamu akan lebih mudah menyesuaikan kebutuhan konsumen dengan produk yang kamu jual di bisnis digital kamu. 

2. Promosikan 

Promosi adalah hal yang penting ketika ingin mulai menekuni bisnis digital, karena promosi merupakan salah satu strategi untuk membangun serta meningkatkan minat pembeli untuk membeli produk yang kamu jual. 

Pemasaran dan promosi dilakukan untuk membangun brand awareness dari bisnis kamu sehingga banyak masyarakat yang mengenal brand atau bisnis kamu.  

3. Up-to-date dengan trend 

Up-to-date dengan trend sangat penting untuk pertumbuhan bisnis kamu, karena pada umumnya para konsumen akan selalu tertarik dengan trend yang fresh atau baru. Oleh karena itu, dengan up-to-date secara tidak langsung kamu mengetahui minat mayoritas para konsumen dan dapat meningkatkan penjualan serta bisnis kamu. 

4. Ikuti kelas bisnis 

Dengan kamu mengikuti kelas bisnis, kamu akan mendapat pengetahuan lebih tentang dunia bisnis seperti informasi terupdate seputar bisnis, mendapatkan ilmu serta inovasi baru, semakin memiliki visi dan misi yang jelas untuk membuat bisnis serta kamu dapat menambah networking dengan sesama pebisnis. Dengan begitu, kamu tidak perlu ragu lagi jika ingin memulai bisnis versi kamu sendiri dan kamu dapat memperkecil kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika membuat suatu bisnis. 

Banyak ide-ide yang dapat kita dapatkan untuk memulai dan membangun sebuah bisnis digital. Namun, kemauan serta kemampuan harus berbanding lurus agar bisnis yang sudah kita bangun terus bertahan dan tidak mudah goyah seakan perkembangan zaman. Untuk informasi bisnis dan finansial lain, intip tips dari #TAYTBFest​ Ruang meNyala berikut!


1 comments

COACHTAINMENT

Konten-konten financial fitness yang bikin kamu termotivasi buat raih financially fit.

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!