Logo Ruang Menyal
Bg Block

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula dengan Cepat

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 05 April 2024 | 1273 dilihat

Article Detail

Belakangan ini, hampir seluruh brand menggunakan digital konten dalam strategi pemasarannya, salah satunya yaitu melalui TikTok. Tak hanya sebagai wadah menyalurkan bakat, ternyata ada cara mendapatkan uang dari TikTok dengan sangat mudah yang bisa kamu tiru, lho. Sebagai generasi muda masa kini, tak ada salahnya menambah penghasilan sambil seru-seruan, bukan? Ya, TikTok bisa jadi salah satu peluang bisnis yang dapat dilakukan secara online tanpa harus keluar rumah. Oleh karena itu, yuk pelajari cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula berikut dengan seksama!

Kunci Pokok dan Syarat Mendapatkan Uang dari TikTok

TikTok adalah salah satu media sosial yang ditujukan sebagai penghibur di waktu senggang penggunanya. Namun, belakangan ini kepopuleran TikTok telah meningkat drastis sehingga mampu menawarkan berbagai manfaat menguntungkan lainnya.

Selain dapat dijadikan media komunikasi sosial dengan sajian video-video menarik yang tak kalah dengan aplikasi Instagram atau Facebook, saat ini kamu juga bisa mendapatkan uang dari hanya bermain TikTok, lho.

Eits, namun agar dapat memaksimalkan penghasilan, kamu harus memperhatikan sejumlah ketentuan dan syarat mendapatkan uang dari TikTok. Berikut di antaranya.

1. Membangun Branding

Syarat mendapatkan uang dari TikTok yang pertama adalah kamu perlu membangun branding terlebih dahulu. Maksudnya, kamu harus mempunyai jati diri kuat dan menonjolkan sesuatu yang berbeda dari content creator lainnya.

Tentukanlah tema video apa yang akan diunggah dengan rutin dan konsisten pada tema tersebut. Selain itu, kemaslah video semenarik mungkin. Untuk membangun branding, kamu sebaiknya berfokus pada satu bidang kesukaanmu saja, ya!

Baca juga: 10 Cara Dapatkan Passive Income Mahasiswa, Cuan Minim Modal!

2. Meningkatkan Jumlah Follower

Salah satu syarat dan cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula adalah memiliki jumlah followers tinggi atau di atas rata-rata. Hal ini dipercaya dapat berpengaruh pada popularitasmu sehingga berpotensi mendatangkan Ads dari pihak tertentu di kemudian hari.

3. Rajin Mengunggah Konten dengan Demand Tinggi

Kunci pokok sekaligus syarat mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya adalah rajin mengunggah konten, terutama yang sedang viral dan mempunyai demand tinggi di masyarakat.

Dengan menjadi seorang content creator di sebuah media sosial, kamu sangat dituntut untuk sadar akan tren-tren terkini yang sekiranya mampu menarik banyak pengikut baru. Oleh karena itu, poin satu ini tidak boleh disepelekan, ya!

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Setelah mengetahui syarat-syaratnya secara umum, kamu juga perlu mengetahui cara mendapatkan uang dari TikTok. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba.

1. Menjual Produk Tertentu

Salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula yang wajib kamu coba adalah berjualan. Yup, sama halnya dengan platform media sosial lain, TikTok juga mampu meningkatkan pendapatan bisnismu dengan pesat, terlebih jika mengingat jumlah pengguna TikTok yang kian hari kian melejit.

Donny Eryastha, seorang Head of Public Policy TikTok Indonesia, menyatakan bahwa pengguna TikTok telah didominasi oleh masyarakat dengan kisaran umur 14-24 tahun. Nah, hal ini tentunya menjadi kesempatan emas bagimu untuk menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Menggunakan TikTok Ads

Selain berjualan, kamu juga bisa menggunakan fitur Ads sebagai cara mendapatkan uang dari TikTok. Nah, jika kamu terbilang masih asing dengan istilah TikTok Ads, berikut penjelasannya.

Secara singkat, TikTok Ads merupakan sebuah sistem periklanan Hyper Targeting yang ditanam di dalam video guna menjadikan penonton sebagai potential buyer atas produk-produk tertentu. Cukup sederhana, bukan? Sekarang kamu tak perlu khawatir akan kesulitan untuk menggunakannya, ya.

3. Promosi Musik

Sebagai salah satu aplikasi hiburan berbasis video dan musik, TikTok tentu saja menjadi wadah tepat bagi kamu yang merupakan pecinta musik.

Cara mendapatkan uang dari TikTok ini bisa dilakukan dengan menyebarluaskan promosi musik-musik rilisan baru kepada para pengikutmu. Selain mudah, cara ini sudah terbukti efektif, lho. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya, ya!

4. Menjadi TikTok influencer

Tahukah kamu apa itu influencer? Istilah satu ini memang bisa dibilang cukup menggema di tanah air belakangan ini. Singkatnya, influencer adalah pihak dengan jumlah pengikut tinggi yang dipercaya mampu memberi dampak positif bagi kegiatan promosi.

Oleh karena itu, menjadi TikTok influencer adalah salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok yang wajib kamu coba. Dengan menjadi influencer, kamu akan mendapatkan tawaran endorse untuk mempromosikan barang dengan komisi yang sudah dijanjikan. Terdengar menarik, bukan?

Baca juga: 7 Cara Memulai Bisnis Hewan Kurban yang Dapat Dilakukan

5. Membangun Agensi untuk TikTok Influencer

Jika kamu tak pandai membuat konten atau semacamnya, maka cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula yang bisa dicoba adalah membangun agensi para influencer. Dengan menjadi pengurus agensi, kamu bertugas menjembatani segala aktifitas influencer dengan pihak luar yang menyewa mereka.

Beberapa urusan yang mungkin akan menjadi tugasmu adalah perjanjian endorse, mengatur konsep video endorse, menjadi perantara perjanjian endorse, dan mengelola kepercayaan dalam bekerja sama dengan klien.

6. Menjadi TikTok Manajer

Pernahkah kamu mendengar istilah TikTok manager? Sama seperti manajer pada umumnya, menjadi seorang TikTok manajer juga berfokus pada pengelolaan akun, konten dan kerjasama suatu pihak (bisa berupa influencer, brand atau artis).

Beberapa tugas yang diemban pun tak jauh beda, di antaranya mengatur strategi pemasaran konten, mengembangkan ide-ide segar nan kreatif, membangun branding untuk meningkatkan jumlah pengikut, like dan engagement video, serta mengurus tawaran kerja sama. Bagaimana, tertarik melakukannya?

7. Jual Beli Akun TikTok

Tahukah kamu, bahwa cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula dapat dilakukan dengan jual beli akun, lho!

Yup, cara satu ini dianggap sebagai langkah termudah karena kamu hanya perlu mempelajari bagaimana teknik menambah followers dengan cepat dan signifikan. Setelah berhasil, kamu bisa menjual akun tiktok tersebut kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

8. Memanfaatkan Payout Coins

Cara mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur Payout Coin (donasi). Hal ini dapat dilakukan dengan menggelar acara live streaming menarik hingga mengundang donasi dari para penontonmu.

Nantinya, kamu bisa menukarkan stiker atau gift pemberian penonton sewaktu siaran langsung dengan mata uang yang diinginkan. Cara klaim uang dari TikTok pun sudah tertera jelas pada aplikasinya sehingga kamu tak perlu bingung saat melakukannya.

Namun, perlu diingat bahwa tak mudah untuk membuat penonton memberi hadiah secara sukarela. Jadi, buatlah konten semenarik mungkin, ya!

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula yang bisa dijadikan tambahan pendapatan. Meski begitu, semua cara di atas memerlukan ketelatenan yang tinggi dan stabil, ya. Oleh karena itu, penting bagimu untuk menyiapkan segalanya secara matang sebelum terjun menjadi content creator TikTok. Semoga berhasil!

Baca juga: 12 Ide Usaha Sampingan Karyawan, Untung Meski Minim Modal!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya