30 September 2021

2.CASH FLOW

8 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram untuk Pemula Patut Dicoba

Instagram masih menjadi media sosial favorit generasi millenial, bahkan platform ini juga telah merambah ke kalangan dewasa. Tak hanya sebagai tempat untuk membagikan momen bahagia, kamu juga bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari sini.  Berikut ini beberapa cara mendapatkan uang dari instagram untuk pemula yang bisa kamu lakukan ala komunitas meNYALA.

1. Lakukan paid promote

Kamu mungkin sudah sering melihat para artis Instagram ini melakukan yang namanya paid promote. Konsep cara mendapatkan uang dari instagram ini dapat dilakukan dengan dua cara. 

Pertama, online shop bisa memberikan produk yang dijual. Kemudian, kamu akan diminta untuk  memberikan review berupa foto atau video. 

Yang kedua, pihak online shop hanya perlu mengirimkan foto atau video yang sudah dibuat, kemudian kamu harus membagikannya pada akun instagram, baik itu berupa instastory atau postingan feed. Sistem ini cukup sederhana jika dibandingkan dengan konsep sebelumnya. 

Setelah konten diterbitkan, kamu perlu memberikan feedback berupa laporan engagement dari instastory atau posting tadi. Paid promote ini merupakan cara mendapatkan uang dari instagram yang sering kamu jumpai loh.

2. Ikuti berbagai acara giveaway

Jika kamu melihat tren di sosial media, kamu pasti tahu nih kalau banyak banget giveaway yang diadakan oleh beberapa brand. Betul sekali, kamu juga bisa meraih keuntungan dengan mengikuti berbagai macam acara giveaway.

Tetapi, jangan jadi giveaway hunter, ya! Karena biasanya ada syarat dari brand tersebut tidak memperbolehkan seorang giveaway hunter (sebutan bagi orang yang selalu mencari giveaway)  untuk mengikuti acara tersebut. Jadi, pastikan kamu memanfaatkan momen ini secara tepat ya!

3. Buka Jasa desain konten


Buat kamu yang jago nge-desain, ini saatnya menunjukkan kebolehan kamu loh. Semakin banyaknya orang yang menggunakan instagram, tentu mereka butuh orang yang mampu membuat desain konten mereka agar cantik dan sesuai dengan persona akun tersebut.

Tidak ada salahnya untuk segera mencoba cara mendapatkan uang dari instagram tanpa modal satu ini. Meskipun baru sedikit pengalaman kamu dalam membuka jasa desain konten. Tetapi, ketika kamu sudah lebih banyak pengalaman, besar kemungkinan kamu akan dicari untuk meng-handle project. 

4. Kelola akun bisnis untuk jualan

Punya skill marketing? Kamu bisa mencoba untuk mengelola akun bisnis untuk jualan. Karena, jaman sekarang jualan mulai dilakukan dari sosial media, tidak dilakukan secara tradisional.

Maka mengelola akun bisnis juga bisa mendatangkan keuntungan buat kamu loh. Bahkan ada beberapa usaha yang akhirnya meng-hire orang yang lebih jago jualan di sosial media, mereka hanya fokus pada produk atau jasa yang mereka jual. 

Karena, tidak semua orang terlahir sebagai jagoan marketing. Jika kamu merasa mampu untuk berjualan di sosial media, kamu bisa meraih kesempatan ini untuk menambah pundi-pundi pendapatan kamu.

5. Lakukan pemasaran dropship

Salah satu cara mendapatkan uang tanpa modal yang sedang tren adalah dengan bisnis dropship. Tetapi, permasalahannya, banyak sekali orang yang melakukan dropship dan membuat kita susah untuk bersaing.

Hal ini sebenarnya bisa kamu manfaatkan, kamu bisa membuka jasa pemasaran untuk dropship. Bagaimana seller-seller kecil ini bisa meraup untung yang bisa dibilang banyak dengan hanya dropship. Karena, memang pemasaran bukanlah untuk semua dan jasa kamu akan sangat dibutuhkan, terutama di era yang serba digital ini.

6. Menjadi admin akun online shop

Cara mendapatkan uang dari instagram lainnya adalah dengan menjadi admin dari akun online shop. Artinya, kamu membuka usaha online shop kamu sendiri. Kamu bisa mencari apa yang pasar butuhkan dan juga hobi yang biasa kamu lakukan.

Jika berangkat dari kebutuhan pasar, tentu akan mempermudah kamu dalam melakukan penjualan akan produk kamu dan juga kamu sudah menyasar pasar tertentu. Usaha kamu tidak perlu langsung besar, usaha kecil-kecilan pun boleh banget loh!

7. Endorse

Memiliki followers yang banyak di akun instagram kamu tidak hanya menjadi angka mencari teman saja. Kamu bisa memanfaatkan halaman instagram kamu untuk endorsement. Mengingat pasar mereka sekarang lebih banyak di sosial media dan juga lebih banyak yang tertarik jika ada orang yang menceritakan penggunaan produknya daripada dengan iklan konvensional. Endorse ini merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari instagram yang sangat populer.

8. Jual produk atau jasa

Terakhir, cara mendapatkan uang dari instagram untuk pemula adalah dengan menjual produk atau jasa melalui instagram. Meskipun e-commerce sudah banyak, tetapi masih ada juga produk yang dijual di instagram dan masih sangat laku.

Karena dengan berjualan di instagram, pengguna bisa langsung melihat produk secara real, bahkan kamu juga bisa berinteraksi dengan para pembeli. Sehingga, berjualan produk atau jasa di instagram, masih menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari instagram yang sering dilakukan.

--

Sekarang, kamu sudah tahu dong apa saja nih ide-ide untuk mendapatkan uang dari instagram. Ternyata, dengan memanfaatkan teknologi, bisa membawa keuntungan buat kita loh. Jika kamu masih bingung gimana sih caranya mengelola keuangan untuk bisnis kamu, jangan khawatir! Karena di komunitas meNYALA, kita punya kelas menarik soal mengelola keuangan. Yuk! Cek jadwal kelasnya setiap hari selasa dan kamis, jam 19.00 WIB.


0 comments

COACHTAINMENT

Konten-konten financial fitness yang bikin kamu termotivasi buat raih financially fit.

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!